Sponsors Link

Sendi Peluru : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Kelainan

Sendi peluru. Jika mendengar nama sendi yang satu ini, kira –  kira apa yang terlintas dalam benak anda sobat? Apakah langsung berpikir bahwasanya sendi ini bentuknya seperti peluru atau fungsinya sebagai peluru. Nah sobat semua, agar anda lebih akrab dan pebih paham dengan sendi yang satu ini ada baiknya sobat semua ikut menyimak ulasan berikut ini.

Karena pada kesempatan kali ini penulis akan menjelasakan secara gamblang apa itu sendi peluru, fungsi sendi peluru, struktur yang membentuknya, serta kelaian yang ada pada sendi peluru tersebut. Nah sobat, sudah tidak sabar ya, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Tidak jauh berbeda dari artikel sebelumnya, sebelum membahas mengenai apa itu sendi peluru, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa itu sendi dan fungsinya. Setuju ya sobat. Adapun yang dimaksud dengan persendian pada manusia adalah bagian dari tubuh dimana dua atau lebih dari tulang akan bertemu untuk memungkinkan terjadinya gerakan.

Adapun bentuk dari sendi itu sendiri tergantung dari fungsinya, secara umum semakin banyak gerakan yang dimungkinkan melalui sendi, semakin pula resiko cedera yanga akan terjadi. Hal ini diakibatkan oleh karena rentang yang lebih besar dari gerakan mengurangi kekuatan sendiri. Adapun fungsi sendi secara umum dari sendi adalah untuk memberi akses dan gerakan pada tempatnya, juga sebagai poros anggota pada gerak tubuh yang terjadi pada tubuh anda.

Nah sobat semua, begitu pentingya peranan sendi tersebut dalam tubuh kita ya, untuk itu sebaiknya kita menjaga kesehatan sendi, dan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Setelah membahas sendi, kini kita beralih ke sendi peluru. Yuk sobat, berikut ini ulasannya untuk anda. Check It Out !

Pengertian Sendi Peluru

Adapun yang dimaksud dengan sendi peluru adalah bagian dari persendian diartrosis. Adapun sendi peluru ini menghubungkan antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya yang memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah. Nah sobat, jadi apabila anda bebas melakukan gerakan dari satu arah ke arah yang lainnya, itu artinya sendi peluru anda masih mempunyai fungsi secara optimal ya sobat.

Sebagai contoh sendi peluru ini adalah hubuhagan antar tulang penyusun rangka manusia seperti halnya hubungan antara bagian tulang lengan atas dengan bagian tulang belikat. Selain itu, persendian antara bagian tulang paha dan juga bagian tulang gelang panggul serta antara bagian persendian pangkal lengan atas dan juga bagian persendian gelang bahu.

Struktur Sendi Peluru

Adapun struktur penyusun atau pun komponen pembentuk sendi dari sendi peluru ini adalah sebagai berikut ya sobat, bisa anda simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

  • Kapsula sendi, yaitu lapisan berserabut yang melapisi sendi peluru tersebut.
  • Rongga ligamen ( ligamenutm ), yaitu merupakan jaringan pengikat yang mengikat luar ujung tulang  yang saling membentuk persendian.

Fungsi Sendi Peluru

Selain pengertian dan struktur yang membentuknya kita juga akan membahas apa saja fungsi dari sendi peluru tersebut ya sobat. Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, bahwasanya sendi peluru ini merupan sendi yang berfungsi untuk memungkinkan terjadinya gerakan ke segala arah.


Kelainan Pada Sendi Peluru

Setelah membahas mengenai pengertian, struktur dan fungsi dari sendi peluru di atas, sekarang saatnya membahas mengenai kelainan pada sendi peluru itu sendiri. Kelainan yang dimaksud adalah sebagai berikut, bisa anda simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

  • urai sendi.
  • ankikolis.
  • dislokasi.
  • arthritis.
  • dan lain sebagainya.

Sekian informasi mengenai sendi peluru yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini buat anda semua ya sobat. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membacanya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya. Salam hangat, salam sendi sehat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia