Sponsors Link

Sendi Pelana : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Kelainan

Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan. Kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang senantiasa selalu memberikan ulasan –  ulasan yang menarik buat sobat semua yang bisa mengisi waktu luang anda dengan lebih produktif ya sobat, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, mengisi waktu luang dengan hal positf tentunya akan membuat wawasan kita lebih luas serta informasi juga ya sobat.

Tidak jauh berbeda dengan artikel yang sebelumnya mengenai sendi peluru, sendi mati, atau pun sendi putar, pada kesempatan kali ini penulis masih akan membahas mengenai sendi. Tentunya sobat semua sudah mengerti apa itu sendi serta fungsinya yang sangat amat vital tersebut bagi tubuh kita secara keseluruhan.

Namun jika diantara sobat semua ada yang kurang akrab atau kurang paham dengan sendi tersebut, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini agar pengertian dan pemahaman anda akan sendi tersebut menjadi bertambah. Selain itu, kita juga akan membahas mengenai sendi pelana ya sobat, yang memang menjadi tema atau materi pembahasan kita pada artikel kali ini. Yuk sobat, semua mari kita simak ulasan beriktu ini dengan seksama. Check It Out !

Adapun yang dimaksud dengan persendian pada manusia adalah komponen dalam tubuh manusia yang merupakan penghubung antar tulang sehingga tulang anda bisa digerakkan. Selain itu, sendi juga menjadi perantara antara tulang yang satu denagn tulang yang lainnya sehingga tulang tersebut dapat menyatu.

Adapun hubungan antar tulang tersebtu biasanya disebut dengan artikulasi. Nah sobat semua, agar terjadinya prises artikulasi tersebut, maka dibutuhkanlah sendi ini sebagi medianya. Sendi pada umumnya diapit oleh tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan pada sendi tersebut.

Setelah membaca ulasan diatas, jadi bisa kita simpulkan bahwasannya fungsi sendi secara umum sebagai media atau komponen tubuh manusia yang digunakan untuk melakukan suatu gerakan atau yang menggerakkan otot. Setuju ya sobat. Nah sobat semua, kini saatnya kita mengulas tentang sendi pelana

Pengertian Sendi Pelana

Sendi pelana disebut juga dengan sendi interselular, dinamakan sedni interselular karena pada permukaan depan diujung setiap berbentuk seperti sadel, dengan pertemuan antara pelana yang berbentuk X.  Sendi pelana ini memiliki permukaan yang cekung dan cembung yang saling melengkung satu sama lain.

Struktur Sendi Pelana

Setiap sendi pasti mempunyai komponen pembentuk sendi atau pun struktur pembentuknya masing – masing. Adapun struktur yang membentuk sendi pelana itu sendiri adalah sebagai berikut :

  • Ligamen, yaitu pengikat bagian luar pengikat tulang sendi.
  • Kapsul sendi, yaitu pelapis sel.
  • Cairan sinovula, yaitu cairan pelumas yang ada pada ujung – ujung tulang pada kapsul.

Fungsi Sendi Pelana

Adapun sendi pelana ini adalah sendi yang berfungsi untuk memungkinkan terjadinya gerakan pada dua arah. Sebagai contohnya adalah ruas telapak tangan. Pada bagian ruas telapak tangan tersebut, terdapt juga sendi yang mendukung sistem pergerakan sendi pelana tersebut, sehingga kita dengan mudah bisa melakukan aktivitas apapun.

Kelainan Sendi Pelana

Pentingnya bagian dari sendi yang tersusun di dalam tubuh kita, bukan hal yang tidak mungkin jika suatu waktu akan terjadi kelainan seiring dengan bekerjanya sendi tersebut secara terus menerus. Adapun kelainan yang terjadi pada sendi pelana pada umumnya adalah seperti :

  • arthritis.
  • arthralgia.
  • gangguan sendi akibat terserang virus atau kuman tertentu yang menyerang sendi.
  • sindroma sjogren.
  • dan yang lain sebagainya.

Oke sobat terkasih semua, sekian informasi yang penulis share pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membacanya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya sobat tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik dari artikel sebelumnya yang penulis sajikan untuk anda. Terima kasih sudah berkunjung di artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors