Sponsors Link

Tekanan Darah : Cara Kerja dan Fungsinya

Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang selalu setia menemani waktu luang anda bersama keluarga tercinta ya sobat. Pada kesempatan kali ini, pembahasan kita  agak berbeda dari artikel yang sebelumnya ya sobat, dimana pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar dunia biologi dan peranannya dalam tubuh manusia.

Nah sobat semua, seperti yang kita kethui bersama, ilmu biologi ini tentunya erat kaitannya dengan organ yang ada dalam tubuh kita. Untuk itu sobat, agar anda lebih paham dan lebih berwawasan luas, yuk sobat langsung saja merapat dengan penulis dan langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun materi atau pembahasan yang akan kita kaji pada postingan kali ini yakni mengenai tekanan darah. Jika berbicara mengenai tekanan darah, tentunya hal ini bukanlah suatu hal yang baru bagi anda ya sobat karena sering kali ketika memeriksa kesehatan ke dokter tentunya tekanan darah pasti diperiksa terlebih dahulu.

Adapun yang dimaksud dengan tekanan darah adalah tekanan yang ditimbulkan pada dinding arteri. Atau dengan kata lain, tekanan darah merupakan suatu kekuatan yang dihasilkan darah terhadap setiap satuan luas dinding pembuluh darah. Tekanan darah maksmal ( systole ) adalah tekanan pada dinding arteri saat ventrikel memompa darah melalui katub artoa. Pada saat vertikel rileks, darah yang tetap dalam arteri menimbulkan tekanan minimum ( diastolic ). Tekanan diastolic ini merupakan tekanna minimal yang mendesak dinding arteri setiap waktu.

Cara Kerja Tekanan Darah

Tekanan darah pada setiap orang memiliki tekanan yang berbeda –  beda. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, misalnya seperti usia, perasaan stress, medikasi, variasi diurdial ataupun berbagai macam faktor  yang lainnya. Pada umumna tekanan darah ini akan bekerja secara maksimal pada saat seseorang melakukan aktivitas atau pada saat seseorang sedang dalam keadaaan emosi.

Pada umumnya tekanan darah yang meningkat tersebut akan berpengaruh terhadap jantung anda, karena seperti yang kita ketahui bersama jantung tersebut adalah organ yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Oleh karena hal tersebut, apabila seseorang mempunyai riwayat penyakit jantung, cenderung memiliki tekanan darah yang tinggi dan hal ini sering menimbulkan efek yang tidak bagus bagi sipenderitanya.

Fungsi Tekanan Darah

Adapun beberapa fungsi dari tekanan darah antara lain adalah sebagai brerikut :

  • Sebagai patokan dasar bagi para tenaga medis untuk melakukan berbagai tindakan medis pada seseorang. Hal ini bisa kita lihat pada saat kita memeriksa kesehatan ke dokter atau tenaga medis yang lainnya ya sobat.
  • Sebagai patokan seseorang dalam mengetahui kondisi kesehatannya. Hal ini bisa kita lihat pada seseorang yang sedang mengalami kesehatan yang menurun pastinya juga tekanan darah ya akan menurun.
  • Sebagai patokan yang dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan darah dalam tubuh seseorang. Hal ini bisa kita pada saat memeriksa kesehatan darah pada tubuh kita, yang pertama di cek terlebih dahulu adalah kondisi tekana darah anda.

Oke sobat semua, sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan membawa banyak manfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel baru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia