Sponsors Link

Vitamin A : Cara Kerja dan Fungsinya

Jika mendengar kata vitamin tentunya kata ini bukanlah suatu kata yang baru atau yang aneh buat anda ya sobat, karena seperti ayng kita ketahui bersama ada beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sering kali kita mendegar banyak makan buah dan sayur agar kebutuhna vitamin dalam tubuh anda tercukupi.

Tentunya ungkapan tersebut sering kita dengan ya sobat. Vitamin terdiri atas beberapa jenis dalam tubuh kita yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya dalam tubuh kita. Namun salah satu jenis vitamin yang akan kita bahas dalam postingan kali ini yakni mengenai vitamn A. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out.

Adapun vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Vitakmin A ini merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang tentunya sangat diperlukan oleh tubuh.  Vitamin A ini juga disebut sebagai retinol, karena senyawa retinol inilah yang paling berfungsi bagi tubuh manusia. Selain retinol tersebut ada beberapa senyawa yang lain yang dapat digolongkan dalam jensi senaywa vitamin A ini. Adapun senyawa lain yang dimaskud tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Retinil asesat
  • Retinil pelmitat

Fungsi Vitamin A

Sedangkan fungsi dari vitamin A ini tergolong sangat penting bagi tubuh manusia sobat. Adapun fungsi yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :

1. Untuk Mata / Indra Penglihatan

Manfaat yang pertama adalah untuk mata atau indra penglihatan. Retinol yang terdapat pada vitamin A sangat berperan aktif dalam pembentukan indra peglihatan. Retinol bersama redopsil membentuk pigmen yang sensiitf terhadap cahaya yang nantinya akan diterima oleh retina mata.

2. Untuk Antioksidan

Manfaat yang kedua adalah sebagai antioksidan dalam tubuh. Salah satu bentuk dari vitamin A adalah betakaroten yang berfungsi untuk menagkal radikal bebas baik yang berasal dari hasil oksidasi internal tubuh, maupun radikal bebas yang terdapat di lingkungan sekitar kita yang masuk kedalam tubuh.

3. Untuk Imunitas Tubuh

Manfaat yang ketiga adalah sebagai imunitas tubuh. Vitamin A juga berperan penting dalam menjaga dan mempertahankan kekuatan dalam tubuh yang bisa melindungi kita dari berbagai mikroorganisme patogen penyebab penyakit dengan cara merangsang dan meningkatkan antibody dalam tubuh kita.

4. Memperkuat Janin

Manfaat yang keempat nih sobat, adalah sebagai penguat janin pada ibu hamil. Karena berhubungan dan berfungsi untuk membentuk indra penglihatan, tentunya vitamin A ini juga berperan aktif dalam memperkuat dan menyehatkan struktur mata pada janin yamg sednag dikandung oleh ibu hamil.

Cara Kerja Vitamin A

Sementara itu sobat, berikut ini adalah cara kerja dari vitamin A dalam tubuh kita, antara lain :

Vitamin yang larut dalam  lemak dalam tubuh ini sobat,  dapat disimpan dalam tubuh untuk jangka waktu yang lama. Pada umumnya vitamin A ini disimpan dalam hati. Setelah itu akan bisa bertahan laam sebelum nantinya akan di proses kemabli oleh liver. Untuk itu sobat, sebaiknya vitamin A ini jangan dikonsumsi terlalu banyak karena akan membuat kinerja liver akan berat.


Demikianlah ulasan mengenai vitamin A yang bisa penulis sajikan  buat sobat semua. Semoga artikel ini bisa membantu dan membawa banyak manfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel baru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors