Sponsors Link

6 Contoh Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem

Ekosistem adalah kesatuan antara faktor abiotik dengan biotik yang tidak dapat terlepas. Beberapa diantara anggota ekosistem yaitu organisme pasti akan memiliki yang namanya interaksi. Biasanya interaksi antar organisme dalam ekosistem akan mengalami yang namanya perpindahan materi dan energi. Begitulah cara ekosistem tetap bertahan karena ada interaksi pada setiap anggotannya. Kali ini dosen biologi akan menyampaikan interaksi antar organisme dalam ekosistem apa saja yang terjadi. Berikut ini interaksi antar organisme dalam ekosistem yang perlu anda ketahui.

1. Tanaman Padi Dengan Bekicot

Padi adalah tanaman pertanian yang paling sering ditanam karena sebagai sumber makanan pokok orang Indonesia. Namun pada musim pertengahan kemarau, beberapa tanaman padi yang tumbuh tidak baik biasanya diserang oleh hama bekicot. Interaksi yang dapat dilihat adalah tanaman padi memiliki bulir yang sedikit dan kematian. Sedangkan bekicot mendapatkan nutrisi dari tanaman padi yang ditanam oleh petani. Baca : contoh rantai makanan di sawah.

2. Pohon Inang Dengan Tanaman Tali Putri

Tanaman tali putri merupakan tanaman yang tidak bisa hidup apabila tidak ada pohon inang. Pohon inang dari tanaman tali putri adalah pohon beluntas. Interaksi antar organisme tersebut sangat terasa ketika tanaman tali putri mulai mendominasi pohon beluntas. Akibat yang ditimbulkan adalah pohon beluntas mengalami kematikan secara perlahan akibat terlalu lama dililit oleh tanaman tali putri. Cara supaya tanaman tali putri tidak menganggu pohon beluntas adalah dengan cara memotong tanaman tali putri apabila sudah terlalu mendominasi tanaman tali putri.

3. Kerbau Dengan Burung Jalak

Kerbau dengan burung jalak memiliki interaksi antara organisme dalam ekosistem. Hal ini menjadi tidak asing karena pada beberapa buku biologi sering memberikan contoh interaksi antar organisme menggunakan kerbau dengan burung jalak. Interaksi keduanya terlihat ketika kerbau dipenuhi oleh kutu yang menyebabkan luka-luka pada tubuhnya. Kemudian dengan adanya burung jalak yang ikut memakan kutu dari tubuh kerbau memberikan keuntungan yaitu jumlah kutu berkurang dan burung jalak mendapatkan sumber makanannya. Peranan mamalia bagi kehidupan salah satunya kerbau yang dibiasa digunakan dalam beberapa upacara adat.

4. Sapi Dengan Tanaman Kehutanan/Pertanian

Dalam pola penanaman, ada teknik terbaru yang bisa dilakukan oleh petani untuk membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman, dengan menanam tanaman kehutanan atau pertanian yang dibarengi dengan pengembalaan sapi. Interaksi antara keduanya adalah sapi memperoleh bahan makanan dari tanaman yang ditanam. Lalu tanaman yang ditanam terpenuhi nutrisi tambahan dari pupuk kandang yang dihasilkan. Trik supaya sapi tidak menganggu tanaman yang anda tanam dengan cara  menanam tanaman pelindung supaya tanaman pokok tidak dimakan oleh sapi.

5. Singa Dengan Rusa

Pada tayangan discovery channel, tentunya anda sering melihat tayangan singa memburu rusa. Antara singa dan rusa maka akan mengalami interaksi yaitu predasi. Predasi adalah interaksi yang dilakukan predator dengan mangsanya. Namun ada kejadian unik dimana rusa tidak selalu menjadi mangsa yang empuk bagi singa terutama saat rusa berada dalam kawanannya. Ketika rusa berada dalam kawanan, jika ada singa yang mencoba memangsanya tentunya kawanan rusa akan mencoba melawan singa supaya tidak menyerang kawanan rusa. Baca : contoh simbiosis predasi beserta penjelasannya.


6. Pohon Kaliandra Dengan Pohon Kopi

Bagi anda yang mengenal istilah pola penanaman agroforestry tentunya akan mengetahui bahwa penanaman pohon kaliandra dengan pohon kopi adalah salah satu contoh interaksi antar organisme dalam ekosistem. Penanaman pohon kaliandra dengan pohon kopi secara bersamaan dapat memberikan manfaat. Salah satu manfaat yang terasa adalah pohon kopi yang anda tanam akan diberikan nutrisi tambahan dari pohon kaliandra. Lalu dengan pemberian nutrisi dari pohon kaliandra tidak menyebabkan pohon kaliandra akan kekurangan unsur hara karena kaliandra banyak mengandung bahan organik sehingga dengan mudah mengambil nutrisi dari tanah.

, ,




Oleh :
Kategori : Ekosistem
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!