Sponsors Link

Contoh Interaksi Antar Hewan Terlengkap Beserta Penjelasannya

Ekosistem menyimpan sekali beragam interaksi baik itu dari komponen biotik dan abiotik. Namun dalam beberapa ekosistem seperti contoh ekosistem alami darat dan perairan tentunya interaksi yang terlibat antar komponen pastinya berbeda. Kali ini dosen biologi akan membahas mengenai contoh interaksi antar hewan. Berikut ini contoh interaksi antar hewan yang perlu anda ketahui.

1. Badak Dengan Singa

Persaingan wilayah teritori sebenarnya bisa terjadi antara 1 spesies yang sama atau 2 spesies yang berbeda. contoh interaksi antar hewan yang memperebutkan wilayah teritori adalah badak dengan singa. Kedua hewan ini dapat bertahan hidup karena ada wilayah teritori yang mereka miliki. Walaupun singa sebagai predator, namun tidak menutup kemungkinan adanya interaksi antara keduanya.

Biasanya teritori dari badak dapat dengan mudah ditandai dengan munculnya bau yang khas dari kotoran yang ditinggalkan oleh badak dan jejak kaki badak pada wilayah tertentu. Pada singa, ciri wilayah teritori ditandai adanya sekawanan singa jantan dan betina pada satu kawasan yang sama. Interaksi antara badak dengan singa adalah interaksi interspesifik.

2. Sapi dan Kerbau

Sapi dan kerbau adalah 2 hewan yang termasuk dalam contoh hewan herbivora. Ciri – ciri hewan herbivora sangat terlihat jelas dari jenis makanan yang dikonsumsi berupa tumbuh – tumbuhan yaitu rumput. Pada perternakan di alam bebas, sapi dan kerbau sering dijadikan menjadi satu tempat yang sama. Namun persaingan antara keduanya terhadap sumber makanan dan lahan bisa saja terjadi apabila salah satu diantaranya merasa terganggu. Biasanya persaingan akan tampak apabila sudah ada kontak fisik diantara keduanya yaitu terjadi perkelahian.

3. Ikan Lele dan Ikan Gabus

Tidak hanya di daratan, di perairan ada interaksi antar makhluk hidup yang melibatkan beberapa spesies ikan. Contoh interaksi antara hewan di perairan adalah persaingan makanan antara ikan lele dan ikan gabus. Oleh karena itu sangat tidak disarankan apabila kedua jenis ikan ini dibudidayakan dalam 1 kolam yang sama.

Justru nantinya anda yang akan mengalami kerugian akibat ada beberapa ikan yang mati kelaparan. Adapun ikan gabus akan memakan ikan lele yang masih kecil jika anda membudidayakannya dalam kolam yang sama. Cara paling mudah adalah anda harus mengatur sistem pengairan kolam ikan gabus dan ikan lele secara terpisah, supaya ikan gabus tidak memakan ikan lele yang masih kecil.

4. Persaingan Lokasi Antar Kelompok Monyet Ekor Panjang

Beberapa hewan memiliki yang namanya daerah kekuasaan. Salah satu hewan yang hidup dengan kondisi demikian adalah monyet ekor panjang. Penggunaan daerah kekuasaan pada kelompok monyet ekor panjang dapat mempermudah aktivitas dari monyet ekor panjang. Biasanya wilayah kekuasaan dijadikan sebagai tempat mencari makanan, kawin dan istirahat. Perkelahian diantara monyet ekor panjang ada kalanya terjadi.

Hal ini bisa dilihat dari sikap ketua kelompok dari monyet ekor panjang bersama kawanannya akan lebih agresif apabila ada kelompok monyet ekor panjang lain yang menganggu wilayah kekuasaannya. Kejadian ini merupakan salah satu contoh interaksi antar hewan yang sifatnya intraspesifik. Interaksi intraspesifik adalah adanya interaksi dalam 1 jens spesies. Baca : contoh simbiosis kompetisi.


5. Kodok dengan Benih Lele

Selain terjadi persaingan antara ikan gabus, kodok bisa menjadi predator bagi ikan lele. Kodok akan memakan ikan lele yang ukurannya masih kecil. Interaksi yang terjadi antar keduanya adalah predasi. Tips supaya kodok tidak memakan benih ikan lele anda dengan membuat perangkap dan membuang telur kodok apabila kodok sudah mulai berkembang biah. Adapun menutup kolam ikan lele dengan jaring terbukti bisa mengurangi jumlah kodok yang masuk ke dalam kolam ikan lele.

6. Laba – Laba Dengan Ulat

Pada beberapa tanaman tertentu seringkali yang namanya mengalami terserang oleh ulat. Dampak dari kerusakan ulat pada tanaman adalah beberapa daun ada yang berlubang dan muncul daun yang berbenjol. Penggunaan musuh alam sebagai predator dari ulat perlu dilakukan salah satunya laba – laba. Jika dilihat dari interaksi laba – laba dengan ulat dapat disebut sebagai interaksi predasi. Interaksi ini melibatkan laba – laba sebagai predator dan ulat sebagai mangsanya.

Dengan anda mengetahui contoh interaksi antar hewan, anda dengan mudah mempelajari yang namanya simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, simbiosis komensalisme dan beberapa interaksi antar hewan lain.

, , ,




Oleh :
Kategori : Ekosistem
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!