Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Contoh Simbiosis Kompetisi Pada Hewan

Sponsors Link

Dalam sebuah ekosistem alam tentu terdapat suatu interaksi antara komponen biotik dengan abiotik. Meski demikian, terdapat interaksi antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya dalam lingkup tersebut. Interaksi dalam ekosistem antar makhluk hidup yang berada dalam satu lingkup sangatlah beragam, ada yang saling menguntungkan, ada yang dirugikan atau bahkan sebuah kompetisi. Kompetisi yang terjadi juga beragam, kompetisi wilayah, kompetisi makanan atau kompetisi yang lainnya. Nah, pola interaksi tersebut biasa disebut sebagai simbiosis kompetisi. ( baca : Interaksi Antar Organisme dalam Ekosistem )

ads

Kompetisi sendiri terbagi atas 2 macam, yaitu kompetisi intraspesifik dan kompetisi interspesifik. Kompetisi intraspesifik merupakan sebuah kompetisi dalam ruang ekologi yang terjadi antara individu yang sama spesiesnya. Kompetisi interspesifik adalah sebuah kompetisi dalam ruang ekologi antara individu yang berbeda spesiesnya. Lalu apa saja contoh simbiosis kompetisi ? Berikut penjelasannya.

Artikel terkait : Manfaat Ekologi

1. Kambing dalam Satu Populasi

Dalam mempertahankan hidupnya, setiap makhluk hidup di dunia ini pasti berlomba lomba untuk mencari makanan, air ataupun tempat berlindung. Dalam simbiosis kompetisi ini biasanya yang paling banyak diperebutkan adalah tentang wilayah dan makanan. Nah, untuk itu interaksi yang pertama datang dari sekumpulan kambing yang berada dalam satu populasi yang sama.

Dimana pada kasus ini kambing yang sama spesiesnya akan berebut makanan yang berupa rumput yang terdapat pada satu wilayah tersebut demi kelangsungan hidupnya. Mereka akan berlomba lomba satu sama lain untuk mencukupi kebutuhannya. ( baca : Kebutuhan Makhluk Hidup )

Hal inilah yang mengakibatkan terjadinya kompetisi dalam wilayah tersebut. Terlebih lagi, apabila musim panas datang, tidak banyak rumput segar yang tumbuh, sehingga kopetisi diantara masing masing individu menjadi ketat. Tidak mengherankan apabila kambing yang berada dalam satu wilayah sama akan tetapi berat atau volume tubuhnya antara satu kambing dengan yang lainnya terlihat berbeda.

Artikel terkait : Homeostasis dalam Ekosistem

2. Kambing dengan Kerbau

Jika sebelumnya adalah kompetisi antar seekor kambing satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan makanan, maka kali ini adalah hubungan antara kambing dan kerbau yang sama sama berkompetisi mendapatkan makanan pula. Interaksi yang terjadi diantara keduanya dapat kita saksikan di sebuah peternakan yang memang mengembangbiakkan kambing dan kerbau. ( baca : Manfaat Biologi di Bidang Peternakan )

Dalam kompetisi kali ini biasanya terjadi dalam 2 kondisi yang berbeda. Kondisi pertama adalah apabila keduanya berada dalam satu kandang kecil yang tempat makanannya saling berhadapan. Dalam kondisi demikian, kerbau yang membutuhkan banyak tenaga tentunya akan membutuhkan banyak makanan, akan tetapi di sisi lain kambing juga membutuhkan makanan demi kelangsungan hidupnya.

Kondisi kedua adalah apabila keduanya berada dalam satu wilayah yang luas. Dalam kondisi demikian, pada mulanya mereka akan bebas memakan rumput yang ada di sekitar mereka, akan tetapi apabila rumput tersebut sudah mulai sulit tumbuh dan menyisakan sedikit saja, maka mereka akan berlomba untuk mendapatkannya.

Artikel terkait : Manfaat Hewan bagi Manusia

3. Harimau dengan Singa

Contoh simbiosis kompetisi selanjutnya adalah hubungan antara harimau dengan singa yang berada dalam satu ekosistem. Dalam ekositem sendiri akan ada hubungan antara komponen biotik dengan abiotik agar terciptanya keseimbangan ekosistem. Pada interaksi kali ini, harimau dan singa sama sama berkompetisi untuk mendapatkan makanannya. Yang dimaksud disini adalah rusa yang biasanya diburu oleh harimau dan singa.

Sponsors Link

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa di negara Eropa ataupun Afrika banyak harimau dan singa yang berkeliaran dalam satu ekosistem. Nah, pada interaksi kali ini mereka akan berkelompok untuk mendapatkan makanannya. Jika ada seekor rusa yang masuk dalam wilayah perburuan harimau dan singa mereka akan beradu cepat mendapatkan rusa tersebut dengan kelompok mereka.

Hal ini dikarenakan dalam wilayah tersebut biasanya sangat jarang mangsa mereka menampakkan diri, sehingga muncullah kompetisi antara harimau dengan singa. Selain berkompetisi memperebutkan makanan, mereka juga berkompetisi dalam wilayah kekuasaannya. Hukum alam menyatakan ‘yang kuat adalah Raja’, itulah yang menjadi dasar atas perebutan wilayah kekuasaan.

Artikel terkait : Aliran Energi dalam Ekosistem

4. Tanaman dalam Satu Bidang

Pernahkah kalian melihat dalam satu bidang tanah atau didekat pekarangan rumah terdapat berbagai macam jenis tanaman ? Nah, itulah salah satu dari simbiosis kompetisi. Mengapa disebut demikian ? Hal tersebut dapat dikatakan sebagai simbiosis kompetisi karena lahan yang seharusnya ditanami 1-3 jenis tanaman malah ditanaman 3-6 jenis tanaman.

Hal ini mengakibatkan kompetisi antar tanaman tersebut dalam memperoleh cahaya matahari, air, mineral, unsur hara serta komponen lain yang mereka butuhkan untuk fotosintesis ataupun untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Sehingga tidak mengherankan apabila dalam satu lahan yang terdapat berbagai jenis tanaman, beberapa tanaman tidak tumbuh dengan pesat atau bahkan ada yang sampai layu.

Artikel terkait : Pengertian Fotosintesis – Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

Pada kasus kali ini memang sering terjadi di lingkungan sekitar kita. Beberapa orang mungkin berfikir untuk menghemat lahan, akan tetapi bagi tumbuhan hal tersebut sangatlah merugikan, karena mereka akan berkompetisi. Maka alangkah lebih baik apabila satu jenis tanaman ditanam dalam 1 pot saja atau jika terdapat lahan yang luas setidaknya tanamlah 2-4 jenis tanaman saja agar kompetisi antar tanaman tidak begitu ketat dan tentunya akan menguntungkan kita karena dapat menghasilkan oksigen. ( baca : Akibat Kurang Air bagi Tumbuhan )

5. Kompetisi antar Ikan Hiu Jantan

Di laut yang luas tentu ada tingkat organisasi kehidupan. Dalam kasus kali ini, ikan hiu yang menempati puncak akan berkompetisi dengan sesamanya untuk memperebutkan daerah kekuasaannya. Adapun maksud kompetisi daerah kekuasaan tidak lain adalah untuk mendapatkan makanan demi kelangsungan hidupnya, dimana apabila seekor ikan atau mangsanya masuk di wilayahnya maka itu menjadi hak bagi ikan hiu yang menguasai wilayah tersebut. Akan tetapi, terkadang apabila mereka kesulitan mendapatkan makanan maka tidak heran apabila keduanya bertarung demi mendapatkan makanan. ( baca : Binatang Paling Buas di Dunia )

Selain itu, para ikan hiu jantan juga berkompetisi dalam mendapatkan ikan hiu betina untuk terus bergenerasi. Generasi ikan hiu sangatlah penting dalam siklus kehidupannya agar masing masing dari mereka tidak punah. Meski demikian, hingga saat ini sudah banyak jenis spesies hiu yang ada di perairan seluruh dunia. Hal ini dikarenakan ikan hiu tersebut beberapa diantaranya mengalami seleksi alam.

6. Ikan dalam Kolam

Dalam suatu kolam yang sedang biasanya terdapat 2-3 jenis ikan di dalamnya. Meskipun demikian, makanan yang mereka makan biasanya sama. Nah, ikan ikan yang ada di kolam tersebut nantinya akan berkompetisi mendapatkan makanan yang diberikan oleh manusia. Biasanya manusia akan memberikan makanan pada ikan yang ada di kolam dalam jumlah yang sedikit, hal inilah yang menjadikan ikan yang berada di dalam kolam tersebut menjadi berebut makanan dikarenakan masing masing dari ikan volume makananya sangatlah berbeda. Artikel terkait : Sistem Pernafasan pada Ikan

Sponsors Link

Pada kasus ini katakanlah terdapat ikan lele dengan ikan mujair dalam satu kolam tersebut. Dilihat dari volume ikannya, tentunya ikan lele membutuhkan makanan yang lebih banyak untuk mempertahankan hidupnya, selain itu ikan mujair juga membutuhkan makanan akan tetapi dalam volume yang lebih sedikit dibandingkan dengan ikan lele.

7. Ikan Kecil dengan Udang

Di laut tentu terdapat interaksi antar organisme satu dengan yang lain. Bahkan, di laut yang luas terdapat berbagai jenis ikan dan tanaman yang hidup sehingga tercipta sebuah keseimbangan ekosistem. Pada contoh kali ini terdapat ikan ikan kecil dan udang yang saling berkompetisi untuk mendapatkan makanannya, yaitu plankton.

Plankton merupakan organisme yang menjadi buruan bagi kedua makhluk hidup tersebut. Dalam kasus kali ini, plankton tidak selamanya ada dalam satu wilayah tersebut, bisa jadi mereka hanya tersisa sedikit. Kejadian inilah yang membuat kompetisi diantara ikan ikan kecil dengan udang tersebut, mereka akan berusaha mencari makanannya tersebut dengan berkompetisi.

Artikel terkait : Jenis Jenis Plankton

Nah, itulah contoh simbiosis kompetisi yang terjadi di darat ataupun di laut antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya yang dapat kita temukan di daerah sekitar kita ataupun di belahan dunia yang lainnya. Semoga bermanfaat !

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 17th, July 2017 / 09:45 Oleh :
Kategori : Makhluk Hidup

Our Sponsors