Sponsors Link

5 Manfaat Hewan bagi Manusia

Manusia tidak dapat bertahan hidup seorang diri. Dalam upayanya memenuhi kehidupan sehari-hari manusia akan memanfaatkan makhluk lain, seperti tumbuhan dan hewan. Baik tumbuhan maupun hewan, keduanya sangat dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti untuk bahan pangan, bahan sandang, bahan obat-obatan, dan lain-lain. (baca : ciri ciri makhluk hidup)

Lalu apa saja manfaat hewan bagi manusia? Berikut penjelasannya.

1. Sebagai Penghasil Bahan Pangan

Salah satu manfaat hewan bagi manusia adalah sebagai salah satu penghasil bahan pangan. Manusia harus makan untuk bertahan hidup. Salah satu bahan pangan tersebut diperoleh dari hewan. Beberapa bagian bagian tubuh hewan yang sering digunakan sebagai sumber bahan pangan adalah daging dan telur. Sebut saja daging sapi, daging kambing, telur ayam, telur puyuh, telur itik, dan lain sebagainya.

2. Sebagai Penghasil Bahan Sandang

Pakaian atau sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Sebagian bahan sandang yang dipakai oleh manusia berasal dari hewan. Bahkan, kebanyakan pakaian yang berasal dari bahan baku hewan akan memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan dengan bahan baku pakaian yang berasal dari tumbuhan. Adapun beberapa jenis bahan baku sandang yang berasal dari beberapa jenis pengelompokan hewan adalah:

  • Pakaian dari bahan wol berasal dari bulu biri-biri
  • Bahan pakaian sutera berasal dari ulat sutera
  • Bulu alpaka dipakai untuk membuat pakaian
  • Kulit hewan seperti kulit sapi, kulit kerbau, dan kulit kambing sering dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat jaket

3. Sebagai Bahan untuk Obat-obatan

Penyakit seringkali menjadi salah satu bagin dari kehidupan manusia. Manusia akan mengupayakan berbagai hal untuk menyembuhkan penyakitnya. Salah satunya adalah mengkonsumsi obat agar penyakitnya bisa sembuh. Salah satu bahan baku yang digunakan untuk membuat obat-obatan tersebut adalah hewan. Manusia sering mengkonsumsi hewan atau bagian tertentu dari hewan untuk menyembuhkan penyakit. Adapun bagian-bagian dari hewan yang sering dipakai untuk bahan pengobatan adalah:

  • Beberapa jenis ular sering diambil bisanya untuk bahan pengobatan. (baca : ular terbesar di dunia)
  • Cacing tanah sering digunakan untuk obat penyakit tipus.
  • Daging codot sering diamnfaatkan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti asma, gatal-gatal, dan alergi.
  • Siput laut atau timun laut sering diambil ekstraknya untuk pengobatan penyakit diabetes.
  • Minyak hati ikan hiu sering digunakan untuk mengobati penyakit kanker. Namun, saat ini spesies hiu merupakan jenis hewan yang dilindungi karena keberadaannya yang hampir punah.
  • Minyak ikan juga sering digunakan untuk bahan tambahan nutrisi untuk meningkatkan perkembangan otak anak.

4. Untuk Diambil Tenaganya

Manusia sering memanfaatkan hewan untuk diambil tenaganya. Dalam hal ini, hewan sering dianggap sebagai hewan pekerja. Tenaga hewan sering dimanfaatkan untuk meringankan kerja yang dilakukan oleh manusia. Berikut ini beberapa hewan yang sering dimanfaatkan untuk meringankan kerja yang dilakukan manusia.

  • Di wilayah pedesaan, hewan-hewan seperti sapi, kerbau dan kuda sering dimanfaatkan menjadi penarik gerobak.
  • Dalam sistem transportasi, kuda sering digunakan untuk menarik andong.
  • Petani yang mengolah sawahnya dengan cara tradisional sering memanfaatkan sapi dan kerbau untuk membajak sawah.
  • Di daerah tertentu seperti wilayah gurun, unta dan keledai sering dimanfaatkan untuk mengangkut barang-barang yang berat.
  • Di beberapa wilayah seperti wilayah pedalaman, gajah sering digunakan sebagai pengangkut kayu.

5. Digunakan sebagai Bahan Kerajinan

Dalam bidang estetika, hewan juga sering digunakan untuk bahan kerajinan. Beberapa bagian tubuh hewan digunakan untuk bahan kerajinan dan diperjualbelikan. Berikut ini beberapa jenis hewan beserta bagian tubuhnya yang sering digunakan untuk bahan kerajinan.

  • Beberapa jenis wayang kulit dan beberapa jenis kerajinan sering dibuat dari kulit hewan, seperti kulit sapi, kulit kambing, atau kulit kerbau.
  • Beberapa jenis hiasan dinding sering dibuat dari tanduk kerbau dan tanduk rusa.
  • Beberapa jenis tas, sepatu, ikat pinggang, dan lain sebagainya sering dibuat dari kulit ular dan kulit buaya.
  • Cangkang kerang laut sering dimanfaatkan untuk bahan baku hiasan.

Itulah beberapa manfaat hewan bagi manusia. Sayangnya, karena hewan-hewan tersebut dapat menghasilkan banyak manfaat bagi manusia, manusia sering memanfaatkan hewan secara berlebihan hingga keberadaan hewan lambat laun semakin terancam. Manusia seharusnya memanfaatkan hewan secara lebih terkontrol karena keberadaan hewan sangat penting untuk keberlangsungan hidup generasi yang akan datang. Karena itulah, mulai saat ini manusia seharusnya berupaya melakukan berbagai kegiatan yang dapat mempertahankan kelestarian hewan-hewan yang mulai langka. Adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan hewan adalah:

  • Melakukan penangkaran hewan-hewan langka sehingga hewan-hewan tersebut dapat dicegah dari kepunahan.
  • Mendirikan tempat khusus untuk melindungi keberadaan hewan langka, seperti suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, taman nasional, dan kebun raya.

Pada dasarnya manusia memang membutuhkan hewan untuk bertahan hidup. Namun, pemanfaatan hewan harus tetap terkontrol agar keberadaannya juga tidak terancam pada kepunahan, selain itu, keberadaan hewan juga harus tetap terjaga karena kita harus peduli pada kehidupan generasi di masa yang akan datang.

 

, , ,




Oleh :
Kategori : Hewan
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!