Sponsors Link

Tulang Bagian Kepala : Penjelasan dan Fungsinya

Setiap manusia tentu memiliki kepala sebagai pusat kehidupannya. Kepala merupakan organ paling vital yang melindungi otak.  Manusia tidak mungkin dapat berkembang dan hidup tanpa adanya kepala dan segala organ pendukung di dalamnya. Setiap orang mungkin memahami hal tersebut, memahami bahwa kepala penting bagi kehidupannya. Tetapi hanya sebagian kecil yang memahami tentang tulang penyusun rangka manusia bagian kepala yang berfungsi sebagai rangka kepala setiap manusia.

Tulang bagian kepala ialah bagian dalam dari kepala yang terdiri dari berbagai macam dengan fungsi dan peranannya masing masing. Tulang bagian kepala yang bertugas untuk mepertahankan bentuk dan kekuatan agar kepala dan segala organ di dalamnya mampu bekerja dengan semestinya. Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas lengkap mengenai tulang bagian kepala beserta penjelasan dan fungsinya. Yuk simak uraiannya.

Tulang Bagian Kepala, Penjelasan dan Fungsinya

Tulang bagian kepala secara umum terdiri dari 6 tulang penyusun, bagian tersebut merupakan tulang tulang yang membentuk kepala dan bersama sama melindungi otak yang berhubungan langsung dengan semua organ di seluruh tubuh, penjelasan dan fungsi tulang bagian kepala ialah sebagai berikut :

1. Tulang Dahi

Tulang dahi yaitu tulang bagian wajah yang terletak di bagian depan daerah kepala dan melebar hingga bagian tengah kepala, di atas tulang pelipis. Jumlahnya 1 buah dan membentuk tengkorak bagian depan kepala. Fungsi dari tulang dahi ialah untuk melindungi otak yang ada di bagian depan. Tulang dahi dapat diraba dan diperhatikan melalui kepala bagian luar. Tulang dahi memiliki ukuran yang beraneka ragam tergantung dari bentuk wajah seseorang.

2. Tulang Baji

Tulang baji adalah tulang yang berada antara tulang pelipis dan tulang dahi serta berukuran cukup kecil. Cirinya ialah berbentuk pipih dan cekung ke dalam. Fungsinya untuk melindungi otak pada bagian sudut atau dari sisi samping bagian wajah dimana otak merupakan bagian terpenting dari tubuh yang harus dilindungi dari berbagai sudut.

3. Tulang Pelipis

Tulang pelipis berlokasi tepat di samping dahi dan mata, posisinya di sisi atas dari tulang pipi yang membentuk lengkungan dan di depan telinga. Cirinya ialah berbentuk pipih dan berukuran lebar. Berjumlah 2 buah masing masing terletak pada sisi kepala. Fungsinya juga untuk melindungi syaraf bagian bagian otak manusia. Secara khusus, tulang pelipis merupakan tempat melekatnya otot otot yang mendukung kinerja otak.

4. Tulang Tapis

Tulang tapis yaitu tulang bagian kepala yang terletak di depan tulang baji dan diantara tulang mata. Ukurannya kecil, berbentuk pipih, dan berjumlah 2 buah. Fungsinya ialah membentuk dinding belakang lekuk mata dan berperan penting dalam membantu proses penglihatan manusia serta menjaga kesehatan rongga nasal.

5. Tulang Kepala Belakang

Tulang kepala belakang merupakan tulang yang berbentuk seperti cawan yang berfungsi sebagai tempurung kepala, berbentuk melengkung dan memiliki rongga. Fungsinya ialah melindungi otak dari sisi belakang dan bagian bagian telinga dalam. Tulang kepala belakang berperan penting dalam menjaga keselamatan manusia ketika terjadi benturan atau trauma pada kepala.

6. Tulang Ubun Ubun

Terletak pada bagian tengah atas dan melebar hingga setengah bagian dari kepala, berfungsi sebagai penopang badan atau pelindung organ organ dalam. Tulang ubun ubun pada bayi baru lahir merupakan bagian rawan yang berpengaruh pada tumbuh kembangnya, sebab sejak lahir memiliki peran untuk menjaga otak tengah midbrain dan otak belakang seseorang.


Demikian artikel mengenai tulang bagian kepala, tulang bagian kepala memang memiliki banyak manfaat untuk keberlangsungan g hidup setiap orang. semoga menjadi wawasan yang bermanfaat untuk anda. jangan lupa selalu lindungi kepala anda dengan cara menggunakan pengaman ketika bepergian agar mencegah dari berbagai trauma dan rangsangan dari luar. terima kasih sudah membaca. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors