Sponsors Link

Tulang Dada : Penjelasan dan Fungsinya

Bagi anda yang memperhatikan susunan tubuh manusia khususnya tulang penyusun rangka manusia , tentu mengetahui bagain dada manusia yaitu bagian depan dari tubuh manusia yang membentuk postur dan memberikan tampilan indah bagi pemiliknya jika mampu dirawat dan dijaga kesehatannya. Tulang dada membuat setiap manusia baik laki laki maupun perempuan terlindung dari berbagai trauma, tulang dada berperan dalam membentuk posisi manusia dan melindungi organ tubuh di dalamnya.

Selama ini sebagian dari kita hanya memahami bagian tersebut dari sisi luarnya, tahukah anda bagian tersebut di dalamnya terdapat tulang tulang penyusun sehingga bisa tetap berada pada posisinya dan berfungsi dengan sempurna. Apa saja bagian bagian dan fungsinya masing masing? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dalam artikel berikut, pembahasan mengenai tulang dada, penjelasan dan fungsinya.

Pengertian Tulang Dada

Tulang dada yaitu tulang pipih yang terletak pada bagian tengah dada. Pada sisi kanan terdapat lekat tempat menempelnya rusuk, tulang dada bersama sama dengan tulang rusuk memberikan perlindungan pada jantung, paru paru, dan pembuluh darah besar dari berbagai trauma dan kerusakan.

Susunan Tulang Dada

Tulang dada pada manusia berjumlah 1 buah dengan susunan yang sama sejak lahir, kecuali jika terdapat kelainan karena cacat lahir atau penyakit tertentu. Semuanya saling menyambung dan bersama sama membentuk melindungi organ dalam dari dada manusia, susunannya terdiri atas 3 bagian yaitu :

  • Tulang Hulu (Kepala)

Terletak pada bagian atas dari tulang dada dan terdapat persendian di dalamnya, merupakan tempat melekatnya rusuk yang pertama dan yang kedua. disebut juga sebagai tulang kepala karena secara anatomi terletak pada bagian paling atas (kepala) dari tulang dada, bersifat kokoh sehingga mampu melindungi bagian lain di bawahnya dan organ di dalamnya.

  • Tulang Badan

Yaitu bagian tengah, tempat melekatnya tulang rusuk ketiga hingga ke tujuh, dan gabungan tulang rusuk ke delapan hingga ke sepuluh. Memiliki bagian yang lebar dan pipih, merupakan tulang yang berstruktur kuat dan mampu menyangga tulang rusuk dengan baik.

  • Tulang Taju Pedang

Ialah tulang yang terletak di bagian bawah dari tulang dada, terbentuk dari tulang rawan. Tulang ini rawan akan trauma sebab disusun dari tulang rawan yang tidak berkembang menjadi keras ketika dewasa, sehingga sama seperti halnya tulang pada bayi yang baru lahir.

Fungsi Tulang Dada

Tulang dada dalam sistem kerjanya tidak melakukan tugasnya sendirian namun bekerja sama dengan tulang rusuk, berbagai fungsi tulang dada yaitu sebagai berikut :

  • Menjaga Organ yang Ada Pada Bagian Dada seperti Jantung dan Paru Paru

Dua organ tersebut sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup mansia, tulang dada melindungi organ tersebut dari berbagai benturan, dari trauma, juga dari gerak tubuh manusia itu sendiri sehingga tetap mampu bertahan pada posisinya dan menjalankan fungsinya dengan baik.


  • Menjaga Organ Tubuh Sekitarnya seperti Lambung, Ginjal, dan Limpa

Sebab tulang dada bersama tulang rusuk memiliki bentuk yang sangat keras dan juga padat, sangat baik untuk melindungi organ – organ dalam dari berbagai benturan seperti halnya alat ekskresi ginjal dan sistem ekskresi paru paru. Seperti halnya saat terjadi kecelakaan, benturan keras pun biasanya tidak bisa dihindari ya sobat. Karena terkadang banyak orang yang terburu – buru dan melaju dengan kecepatan sangat tinggi.

  • Membantu Proses Pernafasan

Tanpa tulang dada, kita tidak akan bisa bernafas dengan lancar sebab tidak ada pelindung untuk paru paru yang merupakan alat alat pernafasan pada manusia dari berbagai guncangan dan juga rangsangan dari luar tubuh. Jika organ penafasan bisa bekerja dan terlindungi dengan sangat baik, dengan demikian sistem pernafasan pun tidak akan terganggu, kecuali memang sedang terjadi masalah pada alat pernafasannya.

  • Sebagai Kerangka

Sebagai kerangka dimana tulang dada menyediakan kerangka kerja untuk otot otot dada, punggung, perut, serta bahu atas dapat menempel. Di dalamnya di batas bawah tulang rusuk juga berfungsi sebagai tempat melekatnya diafragma.Tanpa adanya tulang dada, tubuh manusia tidak akan terbentuk dengan sempurna karena tidak memiliki penyokong, tulang dada membuat tampilan tubuh menjadi kuat dan memperindah postur tubuh.


Demikian artikel mengenai tulang dada beserta penjelasan dan fungsinya, semoga dapat dipahami oleh anda dan menjadi wawasan yang bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia