Sponsors Link

Ruas Tulang Belakang : Penjelasan dan Fungsinya

Tulang belakang pada susunan tulang manusia ialah struktur tulang yang tersusun pada bagian belakang tubuh manusia secara memanjang mulai dari bagian panggul sampai leher (bawah tengkorak). Setiap manusia tentu memiliki ruas tulang belakang untuk menopang postur tubuh dan melindungi berbagai organ di dalamnya. Banyak orang memahami bahwa tulang punggung berperan dalam mendukung berbagai aktifitas manusia seperti menahan badan ketika tidur bersandar, atau ketika duduk dan berdiri.

Tetapi masih sangat sedikit yang memahami apa saja yang menjadi bagian penyusunnya hingga dapat menjalankan berbagai fungsinya tersebut. Sebab itu, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai ruas tulang belakang pada manusia secara lengkap uraian dan fungsinya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Ruas Tulang Belakang

Ruas tulang belakang pada manusia terdiri dari 33 tulang yang bersusun sejajar dan menyambung satu sama lain dan ditopan oleh otot dan ligamen. Diantara ruas ruasnya terdapat sendi kecil yang mempunyai fungsi sebagai penghubung dan penyeimbang, juga bantalan tulang rawan yang meredam kejutan dari luar. Ruas tulang belakang manusia berbentuk kuat dan keras namun lentur sehingga manusia dapat melakukan gerak bebas tanpa kesulitan.

Susunan Ruas Tulang Belakang

proses pembentukan tulang belakang pada manusia tersusun dari dua bagain yaitu anterior (atas) dan posterior (bawah). Ruas tulang belakang juga didukung oleh penonjolan yang saling terhubung ke pangkalnya dan membentuk seperti saluran lubang terowongan panjang sebagai tempat sumsum tulang belakang. Diantara dua susunan tersebut terdapat celah yang dilewati serabut syaraf.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ruas tulang belakang terdiri dari 33 tulang penyusun dengan berbagai fungsi dan ukuran, tulang tulang tersebut terbagi menjadi 5 jenis, berikut uraian lengkapnya. Perlu diperhatikan jika anda mempunyai gaya hidup yang tidak sehat, kelainan tulang belakang pun tidak bisa dihindari sobat. Jadi jagalah kesehatan yang sekarang sedang anda punyai.

1. Tulang leher

Tulang leher memiliki dua ruas, yaitu bagian atlas dan juga bagian tulang pemutar. Terdiri atas 7 buah tulang yang mempunyai fungsi menopang bagian kepala, leher, dan menggerakkan kepala seperti menunduk dan juga menoleh ke arah kiri serta ke arah kanan.

2. Tulang punggung

Tulang punggung yaitu tulang yang mempunyai sifat agak kaku dan semuanya dipersatukan oleh tulang rusuk. Jumlah penyusunnya terdiri dari 12 tulang. Bagian ini merupakan bagian yang plaing tegap strukturnya dan mennagung beban lebih berat dari lainnya. Tulang punggung yang membantu gerakan dan ekstensi tubuh serta beberapa gerakan berputar dengan rotasi derajat yang kecil.

3. Tulang Pinggang

Tulang pinggang merupakan penyusun dari bagian pinggang manusia dan terdiri dari 5 buah tulang. Bagian ini ialah yang sering terasa tidak nyaman ketika kekurangan nutrisi atau pun kelelahan sehingga mudah timbul rasa nyeri atau terasa pegal dan juga linu. Masalah seperti ini biasanya muncul pada orang – orang yang usianya sudah tidak muda lagi.

4. Tulang Sakral

Tulang sakral ialah tulang kelangkang yang berjumlah 5 buah. Tulang ini membentuk sebagain tulang pinggul. Pada usia dewasa setelah 26 tahun akan membentuk seperti bangunan segitiga  yang membentuk sakrum dan juga tidak memiliki celah antara bagian satu dengan bagian lainnya.


5. Tulang Ekor

Tulang ekor terdiri dari 4 buah tulang yang juga mempunyai fungsi untuk membentuk sebagian tulang pinggul. Tulang penyusunnya tersebut saling bergabung antara bagian satu dengan bagian yang lainnya dan tidak memiliki celah sedikitpun. Tulang ekor sangat rawan jika terjadi benturan.

Fungsi Ruas Tulang Belakang

Beberapa fungsi ruas tulang belakang yang menyokong aktifitas dalam tubuh manusia yaitu :

  • Menopang sekitar 2/3 dari total berat badan manusia sehingga manusia dapat seimbang dan beraktifitas dengan baik.
  • Menegakkan struktur tubuh bagain atas mulai dari dada, bahu, dan bagian kepala serta membentuk tubuh atau postur yang sempurna.
  • Penghubung antara organ tubuh manusia bagian atas dan bagian bawah.
  • Melindungi syaraf penting yang tersambung ke otak seperti saraf sensorik dan saraf motorik sehingga sinyal – sinyal dapat tersampaikan ke otak.
  • Sebagai letak persendian dan membantu meredam getaran ketika manusia bergerak agar tidak mengganggu sistem kerjaan organ organ tubuh di dalamnya.

Demikian penjelasan mengenai ruas tulang belakang, semoga dapat dipahami dengan baik dan membawa manfaat. Sampai jumpa di lain kesempatan ya sobat. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Manusia