Sponsors Link

Tulang Pendek : Penjelasan dan Fungsinya

Kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat terkasih tentunya dengan ulasan – ulasan yang menarik yang selalu penulis sajikan buat sobat semua melalui artikel demi artikel ya sobat. Tidak jauh berbeda dari artikel ayng sebelumnya, pada kesempatan kali ini kita masih aan membahas mengenai tulang yang ada dalam tubuh kita. Adapun tulang penyusun rangka manusia tersebut terdiri atas berbagai macam bentuk, ukuran, posisi serta tentunya fungsi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Setuju ya sobat.

Adapun yang dimaksud dengan susunan tulang manusia adalah jaringan yang kuat dan tangguh yang memberi bentuk pada tubuh kita. Tanpa adanya tulang ini, maka dapat dipastikan kita tidak akan bisa berdiri, duduk ataupun bergerak untuk melakukan aktivitas kita sehari – hari. Karena selain berguna untuk memberi bentuk tubuh, tulang ini juga mempunyai fungsi untuk menopang tubuh kita ketika kita berdiri dan ketika kita akan melakukan gerakan. Oleh karena itulah keberadaan tulang ini sangat penting untuk tubuh kita.

Adapun salah satu jenis tulang yang akan kita bahas pada kesempatan ini adalah mengenai tulang pendek. Sobat semua tentunya sudah pernah mendengar kata tulang pendek ini ya sobat. Adapun yang dimaksud dengan tulang pendek adalah salah satu jenis tulang yang ada dalam tubuh manusia yang memiliki bentuk mirip dengan kubus, pendek dan tak beratuan, dan juga berbentuk bulat.

Dengan adanya tulang ini memungkinkan goncangan yang terjadi yang keras sekalipun dapat diredam dan  gerakan tulang yang bebaspun dapat dilakukan. Pada umumnya tulang pendek ini hanya ditemukan pada pangkal kaki, pangkal lengan, dan ruas –  ruas tulang belakang. Adapun yang termasuk kedalam tulang pendek ini antara laian sebagai berikut :

Sedangkan fungsi dari tulang pendek ini adalah sebagai berikut :

  • Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk menahan goncangan yang keras serta meredamnya.
  • Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk mengatur gerakan secara bebas.
  • Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk membentuk bagian dari kerangka apendikular.
  • Sebagia tulang yang mempunyai fungsi untuk menciptakan titik penyisipan otot serta sebagai tempat menyimpan berbagai mineral, kalsium, fosfor yang dibutuhkan oleh otot atau tulang pendek tersebut.
  • Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk mendukung semua gerakan yang terjadi dalam tubuh manusia.

Adapun tulang pendek ini sebagiaan besar terbat atau tersusun dari dari jaringan tulang, karena diperlukan sifat yang ringan dan kuat. Oleh karena tulang pendek tersebut bersifat kuat, maka tulang pendek ini mampu mendukung beberapa bagian tubuh seperti terdapat pada tulang pergelangan tangan. Tulang pendek ini juga memiliki inti tulang spongiosa yang dikelilingi oleh tulang kompakta.

Karena keberadaan tulnag pendek ini sangatlah begitu penting dengan berbagai fungsi seperti yang sudah dijelaskan di atas, oleh karena itu kita harus menjaga kesehatannya dengan baik serta merawatnya agar tulang pendek ini tetap berfungsi baik. Melihat begitu banyak fungsi yang dilakukan oleh jaringan tulang pendek, sudah menjadi kewajiban anda untuk merawatnya dengan mengikuti gaya hidup sehat ya sobat. Tanpa adanya bagian jaringan tulang pendek ini di dalam tubuh anda, aktivitas tubuh anda tidak akan berjalan lancar dan juga baik.


Nah sobat semua itulah penjelasan singkat mengenai tulang pendek yang bisa penulis utarakan pada kesempatan kali ini. Terima kasih bagi sobat smeua yang sudah meluangkan waktu untuk berkunjung ke artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat semua yang membacanya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya ya sobat, tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik tentunya. Salam hangat sobat, salam tulang sehat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia