Sponsors Link

Tulang Spons : Penjelasan dan Fungsinya

susunan tulang manusia merupakan salah satu  piranti yang tergolong saangat penting dan sanagt vital fungsinya didalam tubuh kita. Tanpa adanya tulang ini maka kemungkinan besar kita tidak akan bisa melakukan berbagai aktivitas kita, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, tulang penyusun rangka manusia ini mempunyai fungsi untuk memberikan bentuk tubuh, sebagai alat yang berfungsi untuk menyokong tubuh kita secara keseluruhan selain itu tanpa adanya tulang ini amka tubuh kita tidak akan bisa bergerak dan tidak dan kita tidka akan bisa melakukan semua aktivitas kita.

Jangankan beraktivitas ya sobat, bahkan untuk duduk atau berdiripun kita tidak akan sanggup jika tulang ini tidak ada dalam tubuh kita. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, tulang ini sendiri memiliki banyak jenis, ukuran, bentuk serta fungsi yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya. Pada umumnya, nama tulang disesuakan dengan posisi tulang tersebut berada, misalnya saja seperti tukang betis, adanya di area betis, tulang panggul adanya di area panggul atau berbagi jenis tulang yang lainnya yang terdapat dalam tubuh kita.

Oke sobat semua, adapun jenis tulang yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini adalah tulang spons. Apakah sobat semua sudah pernah jenis tulangyang satu ini sobat, jika belom ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini dengan seksama, karena pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskannya secara detai buat sobat semua. Yuk sobat, mari langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang dimaksud dengan tulang spons adalah salah satu jenis tulang keras ( osteon ) atau tulang sejati yang memiliki matriks berpori atau berongga yang diisi oleh jaringan sumsum tulang yaitu sumsum tulang merah yang memproduksi sel darah merah dan sumsum tulang kuning yang berfungsi untuk menyimpan lemak.

Karena memiliki struktur berpori, maka luas permukaan tulang ini lebih luas dan bermassa jenis lebih kecil dari pada tulang kompak. Tulang spons ini tersusun atas trabeculae atau lempengan yang membentuk anyaman pipih yang menyerupai bentuk pecahan genting dan memiliki kandungan serat kolagen. Berikut ini adalah beberapa fungsi tulamg spons, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk meredam gelombang – gelombang kejut yang muncul karena berbagai aktivitas manusia seperti melompat, berlari, dan berjalan.
  • Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk menyebarkan vitamin dan nutrisi ke bagian tulang dan bagian tubuh yang lain melalui jaringan serta pembuluh darah kaliper yang dimilikinya.
  • Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk metabolisme kalsium dan produksi fungsi sel darah merah yang juga terjadi pada tulang ini karena didukung oleh luasnya permukaan kandungan jaringan sumsum tulang merah di dalamnya.
  • Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk memberikan dukungan struktural dan juga memfasilitasi gerakan pergerakan sendi dan anggota badan.

Adapun tulang spons tersebut ditemukan diseluruh tubuh dan disetiap tulang, baik itu tulang pendek, sesamoid atau  tulang melingkar. Pada setiap langkah dan lompatan yang ada gelombang kejutannya, maka tulang spon ni akan membantu menyerap dampak –  dampak yang pada gilirannya akan mencegah tulang pecah dan ikut serta dalam mencegah kerusakan rangka yang halus.

Melihat begitu banyak fungsi yang dilakukan oleh tulang spons, sudah menjadi kewajiban anda untuk merawatnya dengan mengikuti gaya hidup sehat ya sobat. Tanpa adanya bagian tulang spons ini di dalam tubuh anda, aktivitas tubuh anda tidak akan berjalan lancar dan juga baik.


Oke sobat semua, sekian informasi yang bisa penulis sajikan mengenai tulang spons pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat buat sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia