Sponsors Link

Bunga yang bisa Dimakan dan Bermanfaat Bagi Manusia

Dari sekian banyak bunga yang ada di dunia, ternyata ada beberapa bunga yang bisa dimakan dan juga bermanfaat bagi manusia. Bunga merupakan bagian dari tanaman. Selain cantik, bunga juga kaya akan hormon tanaman. Karena adanya berbagai senyawa, bunga digunakan di seluruh dunia dalam pengobatan populer dan tradisional.

Kekuatan bunga dapat digunakan sebagai sebagai infus atau penambah cairan (biasanya teh bunga atau buah). Bunga juga dapat digunakan sebagai tapal untuk masalah kulit dan sebagai aroma terapi untuk berbagai penyakit. Nah, kira – kira bunga apa sajakah itu? yuk simak beberapa contohnya dibawah ini.

1.Mawar

Rose atau mawar merupakan bunga yang sangat populer sebagai obat alami. Mawar sering digunakan dalam bentuk minuman untuk menyembuhkan hati dan usus, terutama dalam hal buang air besar, kandung empedu dan hati.

Hal ini seharusnya sangat baik dalam masalah empedu. Aroma satu buket bunga mawar juga dapat meningkatkan suasana hati. proses pertumbuhan tanaman bunga mawar bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Marigold

Kelopak bunga Marigold digunakan untuk membuat obat cuci mata yang sangat baik. Marigold juga digunakan dalam pengobatan homeopati dan konvensional sebagai salep untuk penyembuhan luka. Marigold memiliki antiseptik, stimulan dan sifat anti-jamur.

3. Dandelion

Cairan dandelion dapat membantu mengobati anemia, penyakit kuning dan gugup. Ini juga dapat memurnikan darah. Dandelion pun dipercaya bisa berkontribusi banyak untuk masalah diet serta asupan gizi karena mengandung vitamin a dan kalium, bahkan dikatakan dandelion lebih bergizi dari brokoli atau bayam.

4. Krisan

Minuman yang terbuat dari bunga krisan dapat membantu mengobati flu, demam, sakit kepala dan hipertensi. Jus krisan yang dioleskan ke atas kelopak mata juga dapat mengobati pembengkakan dan kemerahan mata yang terjadi karena polusi.

5. Bunga matahari

Cairan bunga matahari dapat mengurangi nyeri haid dan bisul. Berkumur dengan cairan bunga matahari juga dipercaya dapat mengurangi sakit tenggorokan dan tonsilit.

Dikutip dari Healthmad, bagian lain dari tanaman bunga matahari yang juga bermanfaat adalah daunnya. Bagian ini mampu meredakan asma dan batuk rejan karena bronkitis, bahkan bisa menyembuhkan luka dan infeksi.

6. Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam dikenal bisa memperbaiki ketenangan pikiran seseorang. Bunga ini bisa membuka chakra mahkota, sehingga memperbaiki kekuatan fisik seseorang.

Sedap malam juga memperkuat inspirasi artistik dalam diri seseorang karena kemampuannya menstimulasi sisi kanan otak yang mengurusi bagian kreativitas. Dari stimulasi di otak kanan itu sedap malam memberi ketenangan di pikiran dan hati.

7. Lavender

Lavender sudah tidak asing lagi jika dipakai sebagai bahan makanan. Banyak olahan yang bisa Teman Traveler temukan salah satunya adalah es krim yang bisa dijumpai di Tasmania. Kelopak bunga lavender ini biasa dibuat menjadi manisan atau sebagai bahan dasar kue.

Lavender ini memiliki khasiat untuk mengatasi insomnia, merelaksasikan otot, anti virus, anti jamu, dan juga anti bakteri. Bunga ini memiliki rasa yang manis, pedas, dan juga wangi.

8. Elderflower

Elderflower merupakan salah satu bunga yang bisa dikonsumsi. Di wilayah Eropa, terdapat softdrink atau minuman bersoda dan sirup dari bunga Elder ini. Tak hanya minuman, elderflower juga hadir dalam berbagai olahan seperti jeli dan cuka.

Bunga ini memiliki aroma khas yang manis seperti madu. Ketika Teman Traveling sedang berlibur ke luar negeri dan sedang sakit, elderflower bisa dikonsumsi karena daat mengobati batuk pilek, sinus, mengatasi alergi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan sebagainya.

9. Saffron

Bunga selanjutnya yang bisa dikonsumsi adalah bunga saffron. Bunga saffron biasanya dibuat menjadi campuran puding. Bunga ini memiliki khasiat sebagai zat anti kanker, anemia, menghilangkan jerawat, melancarkan haid, dan masih banyak lagi. Tumbuh di daerah yang tropis, bunga saffron memiliki kandungan potassium, kalsium, zat besi, dan lain-lain.

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai bunga yang bisa dimakan dan bermanfaat bagi manusia. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!