Sponsors Link

Cara Setek Pohon Alpukat Paling Lengkap

Jika kita berbicara mengenai perkembangbiakan tanaman, tentunya salah satu diantaranya adalah perkembang biakan yang dilakuakn secara tidak alami yakni seperti setek. Cara perkembangbiakan yang satu ini dinilai sangat memberi manfaat yang positif terhadap hasil pohon yang ingin dibudiayakan tersebut.

Salah satu tanaman atau pohon yang bisa dikembangbiakkan dengan cara menggunakna setek tersebut adalah pohon alpukat. Nah sobat, lantas apa itu setek dan bagaimana cara setek pohon alpukat tersebut? Berikut  ulasan selengkapnya untuk anda.

1.Apa Itu Setek?

Adapun yang dimaksud dengan cara menyetek tanaman tersebut merupakan cara memperbanyak tanaman secara vegetative buatan dengan menggunakan sebagian batang, akar, atau daun tanaman untuk ditumbuhkan menjadi tanaman baru.

Sebagai salah satu alternative pembudidayaan atau perbanyakan vegetative buatan, cara setek ini dirasa lebih mudah, ekonomis, dan tidak perlu memiliki keterampilan khusus untuk melakukannya, selain itu hasil dari setek ini lebih cepat dibandingkan dengan cara perbanyakan vegetative buatan yang lainnya.

Cara perbanyakan dengan menggunakan metode setek tersebut akan lebih menguntungkan jika anda menggunakan tanaman yang sukar berakar, dan akar yang baru yang terbentuk tidak akan stress dengan lingkungan barunya karena adanya sifat plagiotrop tanaman lama yang masih bertahan dalam tanaman baru hasil setekan tersebut. cara setek pohon kelengkeng juga bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Bagaimana Cara Setek Pohon Alpukat?

Adapun cara atau proses dalam setek pohon alpukat tersebut antara lain adalah sebagai berikut  :

  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan proses setek tanaman pohon alpukat tersebut. Siapkan peralatan yang bersih dan steril sebelum melakukan proses setek tersebut. Adapun peralatan yang dibutuhkan antara lain :
  • Pisau yang tajam ( disarankan yang masih baru )
  • Tali okulasi ( grafting tape ) dan jika tidak ada anda boleh menggunakan tali Ravia
  • Plastik
  • Tak lupa siapkan pucuk pohon alpukat yang akan di setek
  • Cara setek pohon alpukat

Adapun cara menyetek pohon alpukat tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Silahkan anda memilih dan menentukan jenis pohon alpukat yang akan anda ambil pucuknya. Baiknya anda memilih jenis pohon alpukat yang unggul agar hasil setek anda juga unggul
  • Setelah anda menentukan pucuk alpukat tersebut, silahkan anda memotong atau menyayatnya tepat pada bagian kanan dan kirinya mengunakan pisau yang tajam dan steril.
  • Tentukan pohon utama yang akan anda sambung
  • Setelah bagian pucuknya sudah anda potong, maka kini masukkan pucuk pohon alpukat yang pertama pada pokok pohon alpukat yang tadi anda sudah potong.
  • Ikat menggunakna tali yang tadi anda sudah sediakan, iakt hingga kuat sehingga seluruh bekas sayatan pada pucuk alpukat tersebut tertutupi.
  • Setelah sambungan tersebut diikat, maka segera bungkus hasil setek tersebut dengan mengunakan plastik yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tujuan dari pembungkusan ini adalah agar hasil setek yang tadi anda lakuka tidak terkena hujan , karena jika terkena hujan atau percikan air, maka hasil setek tersebut bisa gagal.
  • Pantau perkembangnnya hingga sebulan, karena normalnya hasil setek tersebtu akan terlihat setelah satu bulan.

Tidak ada yang susah jika kita mau berusaha dan belajar ya sobat, karena semkain banyak yang kita ketahui maka akan semakin banyak pula yang tidak kita ketahui. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda. Salam hangat.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!