Sponsors Link

Cara Setek Pohon Kelengkeng Paling Lengkap

Siapa yang tidak kenal akan kelezatan buah Kelengkeng? Tentunya sobat semua mengenal dan sering konsumi buah yang satu ini ya sobat. buahnya yang kenyal dan rasanya yang manis membuat orang menyukai buah yang satu ini.

Nah sobat, selan membayangkan akan kelezatan dari buah yang satu ini, apakah anda pernah juga membayangkan bagaimana cara mengembangbiakkan pohon  Kelengkeng tersebut secara cepat tanpa mengandalakan hsil perkembangbiakan secara alammi. Untuk ulasan selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot!

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengembangbiakkna pohon Kelengkeng tersebut adalah dengan menggunakan cara setek. Setek ini merupakan salah satu cara teknik pengembangbiakan vegetative buatan yang menggunakna beberapa bagian dari tumbuhan seperti bagian bagian akar, batang, daun, dan juga tunas dengan maksud agar organ organ tersebut menumbuhkan akar yang selantutnya dapat menjadi sebuah tanaman yang baru dan juga tentuya sempurna.

Setek itu sendiri bertujuan untuk mendaptkan suatu tanaman yang lebih sempurna yang memiliki akar, bagian bagian batang, dan juga daun dalam kurun waktu yang relative singkat dan tentunya memiliki karakteristik yang sama dengan tumbuhan atau pohon induknya. Oleh karena itulah pada umumnya pohon Kelengkeng yang di setek adalah pohon yang unggul agar hasilnya unggul.

Lantas, bagaimana cara setek pohon kelengkeng tersebut? Yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Adapun cara atau langkah langkah setek tanaman Kelengkeng yang bisa anda jadikan sebagai refrensi antara lain adalah sebagia berikut :

  • Bagian tumbuhan yang berasal dari pucuk silahkan anda ambil dengan menggunakna gunting pangkas sepanjang 15 cm, dan untuk pucuk tanaman yang digunakan adalah pucuk tanaman Lengkeng masih mudah.
  • Daun yang terdapat pada tumbuhan setek tersebut silahkan anda potong setengah bagian dengan menggunakan gunting pangkas tersebut. Adapun tujuan dari langkah ini adalah untuk mengurangi transpirasi dan juga beban tanaman.
  • Pada bagian calon tempat tumbuhnya si akar tanaman atau yang kita sebut dengan pangkal setek, sebaikanya anda mengolesinya dengan menggunakan cairan growtone yang bertujuan untuk merangsang keluarnya akan tanaman yang lebih cepat.
  • Peliharalah dan perhatikan proses setek tersebut selama lebih kurang satu bulan. Karena pada umumnya, proses setek tersebut bisa diperoleh setelah melewati proses sebulan lamanya agar hasil seteknya maksimal.
  • Setelah itu, setek yang tadi silahkan anda masukkan kedalam polybag yang telah anda persiapkan sebelumnya.
  • Polybag yang sudah beririkan tanaman yang selanjutnya, silahkan anda masukkan ke dalam sungkup.
  • Peliharalah tanaman hasil setek tersebut dengan melakukan penyiraman rutin dua kali sehari agar tanaman tersebut lebih cepat berkembang dan juga tentunya menghasilkan buah yang banyak dan unggul sama seperti buah pada induknya yang sebelumnya.

Itulah sobat langkah langkah atau cara setek pohon Klengkeng yang bisa anda jadikan sebagai refrensi apabila anda ingin melakukan proses setek tersebut. Namun sebagai tambahan informasi untuk anda sobat, gunting atau cutter yang anda gunakan pada saat akan menyetek pohon Klengekeng tersebut, gunakanlah pisau atau cutter yang steril.


Selain itu, pastikan anda menggunakan pohon induk yang memiliki buah ynag unggul, karena hasil setek anda juga akan sama dengan buah induknnya. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca ulasan tersebut. Sampai jumpa, salam hangat.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan