Sponsors Link

Cara Setek Pohon Mangga Paling Lengkap

Disekitar rumah kita tentunya ada pohon mangga yang ikut menghiasi pekarangan atau depan rumah kita ya sobat. Pohon mangga yang berbuah di dean rumah sendiri tentunya akan sangat berbeda rasanya jika kita bandingkan dengan buah mangga yang kita beli di pasar atau supermarket.

Ada rasa puas tersendiri jika kita bisa menghasilkan buah mangga sendiri. Nah sobat, hal tersebut tentunya bukanlah salah satu hal yang sulit, karena sekarang ini budidaya pohon mangga tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara dan tentunya waktu yang dibutuhkan akan relative singkat jika kita bandingkan dengan menanam pohon secara manual. Cara yang dimaksud tersebut adalah dengan cara setek.

Lantas apa itu setek dan cara setek pohon Mangga tersebut? Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Itu Setek?

Adapun yang dimaksud dengan setek tersebut adalah salah satu teknik memperbanyak tanaman dengan menggunakan potongan tubuh tanaman, bisa saja itu bagian bagian akar, daun dan juga bagian bagian daun. Setek ini juga bertujuan untuk mendapatkan variasi yang lain dari pohon yang berbeda namun masih dalam satu jenis.

Sebut saja seperti menyambung tanaman Mangga jenis Apel dengan arum manis, kedua jenis mangga tersebut akan digabungkan dengan cara setek tersebut. Nah dengan cara setek pohon Mangga ini, hasil yang didapatkan akan lebih baik dan akan menghasilkan pohon yang lebih unggul dari yang sebelumnya.

Untuk itulah sobat, apabila anda ingin melkaukan proses setek tersebut, maka baiknya anda ketika anda memilih jenis pohon yang unggul agar hasil setek tersebut juga akan unggul. Proses setek ini cenderung sangat efektif untuk mendapatkan yang terbaik dan juga dalam waktu yang singkat.

2. Bagaimana Cara Setek Pohon Mangga Tersebut?

Adapun cara atau proses cara setek pohon Mangga tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Tentukan jenis pohon Mangga yang akan anda ambil pucuknya, dan pastikan pohon yang anda pilih tersebut sudah pernah berbuah dan memiliki buah yang unggul sehingga hasil setek tersebut juga menghasilkan buah yang unggul.
  • Setelah dapat pucuk Mangganya silahkan anda sayat pada bagian pangkal potongan pucuk dan tepatnya di bagian kanan dan kirinya menggunakan pisau yang tajam dan masih baru.
  • Tentukan pohon utama yang akan disambung, dan potong juga bagian pucuknya.
  • Setelah bagian pucuknya sudah terpotong, selanjutnya belah dua menjadi dua bagian kira kira 2 cm, atau anda bisa sesuaikan dengan bagian pucuk yang tadi anda sudah potong.
  • Setelah itu, masukkan pucuk pohon mangga yang pertama tadi pada pokok mangga utama yang sudah ada bagian belahan pucuknya.
  • Ikat juga menggunakan tali okulasi atau tali raffia dengan erat dan kuat sehingga tidak aka nada celah yang terdapat pada setek tersebut.
  • Setelah sambungannya sudah diikat, bungkus atau tutupi bagian tersebut dengan menggunakan plastik yang sudah anda siapkan sebelumnya. Tujuan pembungkusan ini agar hasil setek tersebut tidak terkena air hujan, karena jika terkena air hasilnya akan gagal.
  • Cek dan periksa hasil setek tersebut selama satu bulan, dan hasil setek sudah bisa anda peroleh.

Itulah sobat ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang sudah membacanya. Salam

, , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan