Sponsors Link

Proses Pertumbuhan Tanaman Pisang Mulai Dari Tunas

Buah pisang merupakan salah satu buah yang sangat enak dan lezat dan juga tentunya sangat kaya akan vitamin. Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup sering kita jumpai dan kita nikmati tentunya. 

Dan bukan hanya itu, selain buahnya maka anda juga bisa memanfaatkan jantung pisang tersebut sebagai lauk yang bisa anda gunakan sebagia sayur. Dan yang paling menariknya lagi sobat, batang pohon pisang tersebut juga bisa anda manfatkan untuk berbagai hal yang lainnya. Untuk itulah sobat, pohon Pisang ini sangat banyak manfaatnya.

Lantas bagaimana proses pertumbuhan tanaman pisang mulai dari tunas hingga ia berbuah? Berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

1.Mengenal Lebih Dekat Pohon Pisang

Pohon pisang merupakan salah satu istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan sebuah tanaman raksasa, dengan daun yang memanjang dari suku musacae. Tanaman ini menghasilkan buah yang dimakan yang sama dengan pohonnya dan tentunya bisa dikonsumsi oleh manusia.

Buah pisang pada umumnya, terususn secara rapi dan bertingkat yang disebut dengan tandan, dan selain itu tersusun rapid an menjajar rapi sehingga sering disebut dengan sisir. 

Umumnya buah pisang memiliki warna hijau pada saat ia masih mentah dan menjadi warna kuning pada saat ia akan matang. Namun disamping itu, ada pula warna lainnya yakni seperti merah, jingga, ungu, dan juga hitam sesusai dengan jenis tanaman pisang tersebut.

Pada umumnya, pisang tersebut merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggaran dan salah satunya adalah Indonesia. Tanaman Pisang ini sering kita jumpai di daerah yang beriklim tropis seperti iklim negara kita Indonesia tercinta ini.

Di Indonesia sendiri, tanaman pisang tersebut sudah banyak di budidayakan sehingga Indonesia merupakan salah satu penghasil pisang terbesar di Asia Tenggara. perbedaan perkecambahan epigeal dan hipogeal juga bisa anda pelajari.

2. Bagaimana Proses Pertumbuhan Tanaman Pisang Mulai dari Tunas Hingga Berbuah?

Pisang tersebut merupakan salah satu tanaman yang yang berkembangbiak dengan cara menghasilkan anak pisang atau yang sering kita sebut dengan tunas. Umumnya, tunas tersebut tidak akan jauh tumbuh dari pohon induknya.

Tunas pisang yang masih baru tersebut dinamakana dengan individu yang baru, yang mana nantinya tunas tersebut akan tumbuh  menjadi pohon pisang yang dewasa. Umumnya, tunas ini berasal dari tunas ketiak yang ada di dalam tanah yang tak jauh asalnya dari akar pohon pisang yang dewasa. bagian bagian akar monokotil dan dikotil bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Setelah tumbuh dewasa, maka pisang ini akan mengeluarkan jantung pisang yang mana dari jantung tersebut akan muncul sisir sisir buah pisang satu per satu, yang kemudian membentuk menjadi tandan. Kemudian tandan tersebuat akan bertambah besar begitu juga dengan buah pisang yang ada pada setiap sisirnya.

Setelah itu, barulah buah tersebut akan menguning dan inilah yang disebut dengan pisang yang matang. Setelah itu, barulah muncul tunas yang baru untuk menggantikan tanaman pohon pisang yang sudah tua tersebut.

2. Klasifikasi Pohon Pisang

Berikut ini adalah klasifikasi pohon pisang.

  • Kingdom : tumbuhan (plantae)
  • Super divisi : tumbuhan menghasilkan biji
  • Kelas : monokotil
  • Spesies : musa parqadisialcal

Sekian ulasan mengenai proses pertumbuhan tanaman pisang mulai dari tunas hingga berbuah yang bisa anda jadikan sebagia referensi. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Sampai jumpa di ulasan selanjuntya. Salam

, , ,




Oleh :
Kategori : Biologi Dasar