Sponsors Link

Proses Pertumbuhan Tanaman Bambu Paling Lengkap

Ada begitu banyak barang atau benda yang  bahan utama dalam pembuatanya adalah bambu. Sobat semua tentunya sudah serig melihat benda atau barang di sekitar anda yang terbuat dari bambun tersebut ya sobat.  

Sebut saja seperti kipas tangan, kursi, meja, atau beberapa bahan atau perlengkapan dapur yang secara tradisional. Selain itu sobat, beberapa bangunan restoran juga biasanya menyertakan pohon bambu tersebut sebagai bagian dari bangunan atau hiasan yang menggunakan bambu tersebut.

Nah sobat semua, pohon bambu itu sendiri sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita yang hidupnya tentunya serumpun antara bambu yang satu dengan yang lainnya. Untuk mengenal lebih dekat dengan pohon bambu tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

1.Mengenal Lebih Dekat Pohon Bambu

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, bambu merupakan tanaman atau pohon yang dengan sangat mudah bisa kita temukan di Indonesia. Hal ini dikarenakn pertumbuhan bambu ini cukup subuh di daerah Indonesia sendiri.

Yang menariknya nih sobat, bambu ini bisa dijadikan sebagai makanan pada saat bambu tersebut masih muda dan masih menjadi tunas. Pada umumnya, bambu ini hidup dalma rumpun yang mana sebuah bambu akan berkembang biak yang berasal dari biji atau tunas.

Tangkai bambu tersebut menghasilkan rimpang dan akar di bawah tanah. Tanah di bawah tumbuhan bambu tersebut menjadi penuh dengan akar dan rimpang dan tidak mungkin untuk menggalinya tanpa bantuan dari sebuah alat.

Bambu tersebut sangat dekat dengan tumbuhan rumput, dan memiliki cara perkembangbiakan yang sangat cepat dalam  keadaan yang normal, dimana dalam kondisi yang optimal, ia bisa tumbuh sepanjang empat kaki dalam satu hari. Oleh karena itulah tumbuhan ini disebut sebagai tanaman yang cepat dalam proses perkembangannya. pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan bisa anda pelajari lebih lanjut.

2. Bagaimana Proses Pertumbuhan Tanaman Bambu

Adapun cara atau proses petumbuahan atau perkembangbiakan dari tanaman bambu tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Tanaman bambu dapat bereproduksi secara seksual dengan menghasilkan bunga. Ada begitu banyak species bambu yang berbunga hanya pada saat perubahan lingkungan dan iklim mengancam pertumbuhan mereka.

Seluruh bambu dalam serumpun tersebut akan berhenti tumbuh dan memproduksi daun ( semua energi akan dibuat menjadi bunga dan menghasilkan biji ). Benih yang matang tersebut akan jatuh ke tanah dan akan berkecambah dalam waktu tga sampai dengan lima hari. proses pertumbuhan tanaman pisang bisa anda jadikan informasi tambahan.

Jadi dengan kata lain, pada saat bambu tersebut sudah mulai berbunga itu artinya bamboo tersebut akan berhenti untuk tumbuh atau akan mati. Namun ini hanya untuk beberapa species bunga saja, karena bambu tersebut memiliki banyak species.

Selain dengan cara seksual, bambu juga lebuh sering berkembang biak dengan cara aseksual yakni dengan menghasilkan tunas, yang mana cara ini sering disebur dengan cara perkembangbiakan vegetative secara alami. Bambu ini sering kali memperluas daerah mereka melalui rimpang.

Rimpang tersebut akan tumbuh dari rimpang yang lainnya dan menghasilkan tunas yang sampai ke permukaan namun akan berada di dalam tanah.  Beriktunya, tunas tersebut akan menjadi batang baru yang akan bertumbuh dari sistem akar yang tumbuh dibawah rimpang tersebut.


Demikain ulasan yang bisa penulis sajikan untuk anda mengenai proses pertumbuhan tanaman bambu yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan ini. Semoga bisa bermanfaat. Salam hangat dari penulis.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan