Sponsors Link

8 Ciri-Ciri Tumbuhan Biji Beserta Penjelasannya Terlengkap

Tumbuhan dibedakan menjadi tumbuhan berbiji dan tumbuhan tidak berbiji. Pembahasan menarik kali ini akan membahas salah satunya yaitu tumbuhan berbiji. Tumbuhan berbiji dan tidak berbiji dapat dibedakan berdasarkan ciri-cirinya. Berikut ini ciri-ciri tumbuhan berbiji yang perlu anda ketahui selengkapnya.

  1. Dapat Dibedakan Menjadi 2 (Dua) Kelompok

Ciri-ciri tumbuhan berbiji adalah dapat dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu tumbuhan biji terbuka dan tumbuhan biji tertutup. Ciri-Ciri tumbuhan biji terbuka adalah memiliki biji yang tidak terlindung bakal buah sedangkan ciri-ciri tumbuhan biji tertutup adalah memiliki biji yang ditutupi oleh bakal buah.

  1. Punya Dinding Sel dan Klorofil

Dinding sel pada tumbuhan terletak pada bagian luar membran sel. Fungsi dinding sel pada tumbuhan sebagai pelindung dan membentuk tubuh tumbuhan secara struktural. Dinding sel tumbuhan terisi oleh selulosa. Tumbuhan berbiji memiliki kandungan klorofil dalam tubuhnya yang berfungsi sebagai bahan fotosintesis.

  1. Dapat Menghasilkan Makanan

Bedanya tumbuhan berbiji adalah dapat menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis. Proses fotosintesis pada tumbuhan dimulai dengan tersedianya karbondioksida, air dimana prosesnya dibantu oleh sinar matahari sehingga menghasilkan energi. Adapun proses fotosintesis pada tumbuhan berbiji tergantung pada reaksi terang (reaksi menggunakan cahaya) dan reaksi gelap (reaksi yang menggunakan sedikit cahaya).

  1. Punya Jaringan Pembuluh

Setiap tumbuhan memiliki jaringan pembuluh dan ada yang tidak memiliki jaringan pembuluh. Tumbuhan berbiji merupakan salah satu tumbuhan berpembuluh selain dari ciri ciri tumbuhan paku. Fungsi jaringan pembuluh adalah menyalurkan air dan hara dari tanah oleh akar sehingga membantu tumbuhan dalam proses metabolisme dan fungsi fotosintesis. Jaringan pembuluh yang ada pada tumbuhan biji adalah jaringan xylem dan jaringan floem. Jaringan xylem berfungsi mengalirkan air dan mineral serta zat hara dari akar ke batang dan daun sedangkan jaringan floem adalah jaringan yang berfungsi menghantarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh.

  1. Bagian Akar, Batang dan Daun Sejati

Bagian akar, batang dan daun sejati yang dimaksud adalah fungsi dari bagian tubuh tumbuhan biji sudah berfungsi dengan baik. Kondisi ini hanya dimiliki tumbuhan tingkat tinggi seperi tumbuhan biji. Perlu teman-teman ketahui bahwa akar, batang dan daun memiliki fungsi berbeda. Akar berfungsi untuk menyokong tubuh tanaman agar tetap berdiri kokoh dan berfungsi mengalirkan air, mineral dan nutrisi dari dalam tanah ke bagian-bagian tubuh tumbuhan biji lainnya. Batang memiliki fungsi untuk mengangkut air dan mineral dari akar menuju daun. Terakhir adalah fungsi daun untuk melakukan proses dan pengolahan makanan dan mengalirkannya ke seluruh bagian tumbuhan.


  1. Sel Eukariotik

Sel pada tumbuhan berbiji termasuk ke dalam sel eukariotik. Sel eukariotik adalah sel yang mempunyai membran pada inti selnya. Membran inti memiliki fungsi untuk melindungi cairan di dalam fungsi inti sel dari kontaminasi bahan-bahan yang ada diluarnya. Pada membran inti terdapat DNA yang terdapat nukleus sebagai materi genetik pada tumbuhan.

  1. Berkembangbiak Dengan Biji

Sistem perkembangbiakan tumbuhan biji adalah dengan menghasilkan biji. Proses menghasilkan biji pada tumbuhan biji dilakukan secara generatif. Tumbuhan generatif dapat berkembang dengan cara menanam biji ditanah atau melalui perkawinan dengan proses terjadinya penyerbukan pada bunga melalui serbuk sari dengan kepala putik.


  1. Sering disebut Tumbuhan Berbunga

Sebagian besar tumbuhan biji memiliki bunga sehingga tumbuhan berbiji sering disebut tumbuhan berbunga. Bagian-bagian bunga terdiri dari tangkai bunga, dasar bunga, kelopak bunga, benang sari, mahkota bunga, daun pelindung, kepala putih, tangkai putik, bakal buah dan bakal biji. Apabila dibedakan bunga berdasarkan bagian bunga, bunga dapat dibedaan menjadi bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

Tentunya teman-teman semua jadi lebih mudah membedakan tumbuhan berbiji dan tumbuhan tidak berbiji setelah mengetahui ciri-ciri tumbuhan berbiji. Demikian penjelasan dosen biologi kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan teman-teman sekalian. Belajar biologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi.

, , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan