Sponsors Link

5 Hewan yang Merugikan Terlengkap Beserta Penjelasannya

Hewan yang merugikan seringkali membuat makhluk hidup lain kesulitan, tidak hanya manusia, tetapi tumbuhan dan hewan lainnya memiliki kesulitan karena hewan yang merugikan tersebut. Kali ini dosen biologi akan membahasa mengenai hewan apa saja yang merugikan. Berikut ini informasi mengenai hewan yang merugikan selengkapnya hanya di dosen biologi.

1. Kutu

Ciri-Ciri :

Ciri-ciri hewan kutu termasuk ke dalam ciri-ciri hewan arthropoda yang berukuran kecil. Hewan ini merupakan jenis parasit dimana ciri-ciri hewan parasit adalah membutuhkan makhluk hidup lain sehingga memberikan manfaat negatif bagi makhluk hidup yang menjadi inangnya. Hewan merugikan ini memiliki perkembangbiakan dengan cara bertelur. Beberapa jenis kutu yang merugikan adalah Pulex irritans, Trichodectes canis, Felicola subrostatus, Trombicula auntumnalis dan Otodectes cynotis.

Manfaat Hewan yang Merugikan :

Manfaat hewan yang merugikan dari kutu adalah membuat gatal dan ruam pada bagian tubuh penderitanya. Kutu sendiri biasa menyerang hewan dan manusia. Penularan kutu tergantung pada kondisi hewan dan manusia. Biasanya penyebaran kutu bisa terjadi karena ada kontak langsung dan kontak tidak langsung. Cara mencegah supaya kutu tidak menetap lama pada penderitanya adalah dengan menjaga kebersihan rambut dan mengambil secara manual.

2. Cacing Pita

Ciri-Ciri :

Cacing pita (Taenia) merupakan ciri-ciri hewan animalia yang termasuk ke dalam famili Taeniidae. Cara hidup hewan cacing pita (Taenia) dengan parasit pada hewan vertebrata. Contoh hewan vertebrata yang diserang cacing pita diantaranya, manusia, babi, sapi dan kerbau. Cacing pita memiliki ciri-ciri perkembangbiakan secara bertelur. Beberapa wilayah tropis sangat mudah ditemukan cacing pita karena memiliki curah hujan tinggi sehingga meningkatkan perkembangbiakan hewan yang merugikan ini.

Manfaat Hewan yang Merugikan :

Manfaat merugikan dari cacing pita adalah dapat menganggu sistem pencernaan hewan dan manusia. Cara penularan penderita yang terkena infeksi cacing pita melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Selain itu cacing pita dapat dengan mudah ditemukan apabila mengkonsumsi daging yang tidak matang. Gejala yang ditimbulkan apabila terkena infeksi cacing pita adalah nyeri perut, gangguan nafsu makan, dan penurunan berat badan.

3. Tomcat

Ciri-Ciri :

Tomcat (Paederus littoralis) bisa disebut sebagai semut semai yang merupakan jenis kumbang rove. Tomcat merupakan hewan animalia yang termasuk ke dalam filum arthropoda. Berikut contoh hewan arthropoda yang bisa anda ketahui. Bentuk tubuh tomcat bekisar 1-35 mm namun sebagian besar berukuran 2-8 mm. Badan tomcat berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala. Bentuk sistem pertahanan diri tomcat dengan cara mengeluarkan cairan hemolimf yang disebut aederin.


Manfaat Hewan yang Merugikan :

Manfaat merugikan dari tomcat adalah dapat menyebabkan masalah penyakit kulit karena mengeluarkan cairan dalam tubuhnya apabila terusik. Dengan demikian untuk mengatasi dan mencegah serangan tomcat dapat dilakukan dengan mencuci bagian kulit yang terkena gigitan tomcat dan beri salep atau antibiotik untuk meredakan nyeri dan infeksi yang ditimbulkan.

4. Ulat

Ciri-Ciri :

Ulat merupakan hewan animalia yang termasuk ke dalam kelas Insecta dengan ordo Lepidoptera. Ulat memiliki tubuh yang kecil sampai besar dengan bentuk membulat. Hewan ini memiliki sistem perkembangbiakan dengan cara hewan bertelur.  Berikut ciri-ciri hewan bertelur yang bisa anda ketahui. Tahapan perkembangan ulat dimulai dari telur yang akan berkembang menjadi larva. Beberapa jenis ulat yang mudah di temukan di Indonesia adalah Noctuidae, Arciidae, Lasiocampidae, Lymantriidae dan Limacodidae.

Manfaat Hewan yang Merugikan :

Ulat sering kali memiliki manfaat hewan yang menguntungkan. Namun dilain pihak hewan ini bisa merugikan tumbuhan, hewan dan manusia apabila jumlahnya tidak terkendali. Bagi tumbuhan, ulat yang ada dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kematikan karena sebagai sumber makanan ulat. Di lain pihak apabila tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan komersial bisa berdampak merugikan secara ekonomi bagi manusia. Adapun bagian tubuh ulat yang berbulu bisa menyebabkan gatal sehingga ada ruam dibeberapa tubuh yang terkena bulu ulat. Beberapa ulat ada yang memiliki racun sehingga termasuk ke dalam hewan yang merugikan.

5. Ular

Ciri-Ciri :

Ular termasuk ke dalam kategori hewan kelas reptilia dimana ciri-ciri hewan reptil perlu anda ketahui lebih lanjut agar dapat memahami materi mengenai ular selanjutnya. Ular memiliki tubuh yang dilapisi sisik sehingga ada masanya ular akan berganti kulit dengan kulit baru. Ular memiliki tubuh yang panjang dan tidak berkaki. Beberapa jenis ular akan dengan mudah ditemukan di belahan dunia.

Manfaat Hewan yang Merugikan :

Beberapa manfaat merugikan dari ular bisa dirasakan oleh hewan lain dan manusia. Adanya bentuk pertahanan ular dengan cara melilit dan mengeluarkan bisa pada musuh maupun korbannya menyebabkan hewan lain dan manusia bisa menyebabkan kematian akibat kesulitan bernafas saat terlilit dan racun dari bisa ular. Oleh karena itu teman-teman perlu mengetahui perbedaan dari masing-masing ular apakah termasuk ke dalam ular yang sistem pertahanannya dengan cara melili dan/atau mengeluarkan bisa.

Demikian penjelasan dosen biologi mengenai hewan yang merugikan. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan teman-teman sekalian. Jangan lupa ikuti terus dosen biologi dengan beragam informasi mengenai biologi. Belajar biologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi.

, , ,




Oleh :
Kategori : Hewan