Sponsors Link

5 Contoh Tumbuhan Paku yang Merugikan Beserta Penjelasannya

Kingdom Plantae terbagi menjadi beberapa kategori tumbuhan yang salah satunya tumbuhan paku termasuk ke dalamnya. Beberapa tumbuhan paku banyak yang telah teman-teman ketahui sebagai tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia. Kali ini dosen biologi akan menyampaikan beberapa contoh tumbuhan paku yang merugikan. Contoh tumbuhan paku yang merugikan sebenarnya seringkali kita jumpai. Yuk mari simak penjelasan beberapa contoh tumbuhan paku yang merugikan.

1. Pteridium Aquilnium (Paku Garuda)

Ciri-Ciri :

Ciri-ciri tumbuhan Pteridium Aquilinium (Paku Garuda) termasuk dalam famili dennstaedtjaceae. Tumbuhan ini termasuk dalam tumbuhan herba yang memiliki ketinggian mencapai 1-3 meter dan bisa memiliki diameter lebih dari 1 cm. Daun berbentuk majemuk menyirip dengan ujung daun runcing, pangkal daun membulat, bangun daun delta, daun akhir berukuran kecil dan sempit ditutupi oleh ramenta berwarna cokelat dengan percabangan bebas.

Manfaat Merugikan :

Manfaat merugikan dari tumbuhan paku Pteridium Aquilinium (Paku Garuda) adalah dapat bersifat racun karena mengandung ptaquiloside. Dampak berbahaya dari mengkonsumsi tumbuhan paku jenis ini adalah meningkatkan kanker perut. Beberapa racun yang mengandung ptaquiloside dapat berkontribusi terhadap kanker lambung pada kasus keracunan di Venezuela.

2. Equisetum (Paku Ekor Kuda)

Ciri-Ciri :

Equisetum (Paku Ekor Kuda) merupakan tumbuhan yang memiliki stem berwarna hijau dengan batang berlapis silika. Equisetum (Paku Ekor Kuda) dapat tumbuh melekat ke tanah dengan bantuan rumpang yang kuat sehingga bisa menimbulkan bagian-bagian batang baru. Tumbuhan Equisetum (Paku Ekor Kuda0 tidak mudah terkena infeksi virus dan bakteri sehingga dapat mentolerir kandungan dosis pestisida tinggi. Tinggi tumbuhan Equisetum (Paku Ekor Kuda) bisa mencapai 1-2 meter ke atas.

Manfaat Merugikan :

Manfaat merugikan dari tumbuhan Equisetum (Paku Ekor Kuda) adalah tumbuhan invasif. Tumbuhan invasif sangat merugikan karena pertumbuhan yang penyebarannya luas dan cepat dapat menyebabkan tumbuhan asli kalah. Dengan demikian apabila ingin menanam tumbuhan, pastikan tidak ditanam bersamaan dengan tumbuhan Equisetum (Paku Ekor Kuda) karena dapat merugikan tanaman utamanya.


3. Paku Cakar Elang

Ciri-Ciri :

Tumbuhan paku cakar elang merupakan tumbuhan yang termasuk famili Anisophylleaceae dengan habitat perdu. Ciri-ciri tumbuhan paku cakar elang mudah ditemukan diwilayah tropis yaitu Afrika, India, Srilangka, Daratan Asia Tenggara, dan Indonesia pada ketinggian 1.100 meter di dataran rendah dan bukit.

Manfaat Merugikan :

Manfaat merugikan dari tumbuhan paku cakar elang adalah mengandung ptaquiloside karena beresiko menyebabkan kanker kerongkongan dan kanker pencernaan. Selain itu ptaquiloside merupakan jenis racun yang terdapat pada tumbuhan paku cakar elang.

4. Culcita Macrocarpa (Paku Berbulu)

Ciri-Ciri :

Tumbuhan Culcita Macrocarpa (Paku Berbulu) merupakan tumbuhan endemik dari Portugal dan Spanyol. Tumbuha paku jenis ini termasuk ke dalam famili Culcaceaceae. Keberadaan tumbuhan paku berbulu bisa dibilang terancam karena mengalami beberapa penurunan akibat adanya kebakaran yang menjadi dampak pencemaran udara, hutan tanaman dan pembangkit listrik hidrologi. Culcita Macrocarpa (Paku Berbulu) dapat ditemukan pada lereng berbatu mengandung silika terutama di lembah dalam di bawah hutan hijau dan dekat dengan pantai memiliki ketinggian 1.100 meter dibawah permukaan laut.

Manfaat Merugikan :

Culcita Macrocarpa (Pakis Berbulu) memiliki manfaat merugikan bagi kehidupan yaitu mengandung racun dan apabila dikonsumsi maka akan sulit dicerna. Oleh karena itu apabila teman-teman ingin mengkonsumsi paku jenis ini perlu hati-hati dalam proses pengolahannya.

5. Gleichenia linearis (Paku Resam)

Ciri-Ciri :

Tumbuhan paku resam merupakan jenis paku yang memiliki famili Gleicheniaceae. Tumbuhan paku memiliki panjang pelepah 10-20 cm tergantung kondisi habitatnya. Daun Gleichenia linearis (Paku Resam) berbentuk bujur dan memiliki ketinggian 20 kaki dengan merambat pada tumbuhan lain.

Manfaat Merugikan :

Gleichenia lineari (Paku Resam) memiliki manfaat merugikan bagi tumbuhan lain karena memiliki pertumbuh cepat dan penyebaran yang luas. Pertumbuhan yang demikian menjadikan tumbuhan Gleichenia linearis (Paku Resam) sebagai tumbuhan invasif. Dengan demikian dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan lain. Oleh karena itu, penanaman yang dibarengi dengan jenis paku Gleichenia linearis (Paku Resam) tidak disarankan karena akan menganggu tanaman utama yang akan anda tanami.


Contoh tumbuhan paku yang merugikan telah teman-teman ketahui. Dengan demikian teman-teman bisa menghindari manfaat yang merugikan tersebut. Belajar biologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi. Sampai jumpa dipertemuan selanjutnya.

, , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan