Sponsors Link

Tumbuhan yang Menguntungkan dan Merugikan Terlengkap

Kembali sobat dosen biologi, kali ini kami akan membahas mengenai kingdom plantae atau yang anda kenal sebagai tumbuh-tumbuhan. Beberapa tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan dapat ditemukan dalam kehidupan anda sehari-hari. Namun apakah anda memahami bahwa setiap tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan bisa terdapat dalam 1 (satu) tumbuhan yang sama. Melihat hal tersebut dosen biologi akan menjawab rasa penasaran anda. Mari kita simak informasi selengkapnya mengenai tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan berikut ini.

1. Dieffenbachia (Daun Bahagia)

Penyebaran :

Dieffenbachia (Daun Bahagia) dapat dengan mudah ditemukan di wilayah Mexico dan Hindia Barat Selatan ke wilayah Argentina.

Ciri-Ciri :

Dieffenbachia (Daun Bahagia) merupakan famili Araceae (talas-talasan) dan tumbuhan herba yang memiliki daun oval dengan pola indah. Tumbuhan ini memiliki tinggi sekitar 120-150 cm. Daun dan batang Dieffenbachia (Daun Bahagia) mengandug racun sehingga merupakan tumbuhan beracun paling mematikan. Perbanyakan Dieffenbachia (Daun Bahagia) melalui anakan.

Manfaat Tumbuhan yang Menguntungkan dan Merugikan :

Manfaat Dieffenbachia (Daun Bahagia) sebagai tumbuhan yang menguntungkan sebagai tanaman hias karena memiliki pola daun yang indah. Tumbuhan Dieffenbachia (Daun Bahagia) memiliki manfaat yang merugikan karena daun dan batang yang mengandung getah yang dapat menyebabkan kulit sakit dan bengkak.

2. Ageratina Altissima (White Snakeroot)

Penyebaran :

Ageratina Altissima (White Snakeroot) memiliki penyebaran di wilayah Amerika Utara.

Ciri-Ciri :

Ciri-ciri yang mudah ditemukan pada Ageratina Altissima (Whte Snakeroot) adalah termasuk dalam famili Asteraceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian mencapai 1.5 meter. Bunga Ageratina Altissima (White Snakeroot) berwarna putih yang dapat tumbuh pada akhir musim panas ke musim gugur.

Manfaat Tumbuhan yang Menguntungkan dan Merugikan :

Manfaat tumbuhan Ageratina Altissima (White Snakeroot) yang menguntungkan adalah sering digunakan sebagai tanaman hias. Manfaat yang menguntungkan dari tanaman ini menurut Wikipedia adalah dapat mengobati diare, batu ginjal, demam dengan menggunakan teh akar. Bagian tapal akar pada tumbuhan ini bisa mengobati gigitan ular. Adapun manfaat merugikan dari tumbuhan ini adalah memiliki kandungan racun tremetol dan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat meyebabkan keracunan dan kematian.


3. Datura Stramonium (Bunga Terompet Setan)

Penyebaran :

Datura Stramonium (Bunga Terompet Setan) mudah ditemukan di beberapa wilayah Asia Tenggara tetapi tumbuhan ini berasal dari wilayah Benua Amerika.

Ciri-Ciri :

Di Indonesia Tumbuhan Datura Stramonium (Bunga Terompet Setan) biasa disebut kecubung. Tumbuhan ini termasuk famili Solanaceae. Datura Stramonium (Bunga Terompet Setan) memiliki bunga berwana putih, atau ungu. Berikut ini bagian-bagian bunga perlu anda ketahui.

Manfaat Tumbuhan yang Menguntungkan dan Merugikan :

Manfaat Datura Stramonium (Bunga Terompet Setan) yang menguntungkan adalah memiliki kandungan analgesik yang bisa digunakan dalam proses pembedahan. Selain itu dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional meredakan gejala asma. Penggunaan tumbuhan Datura Stramonium (Bunga Terompet Setan) yang merugikan dapat menyebabkan kematian karena pada Datura Stramonium (Bunga Terompet Setan terdapat alkaloid tropane yang bersifat obat dan halusinogen sehingga dalam jumlah sedikit bisa menyebabkan pengaruh yang berbahaya.

4. Manchineel (Hippomane Mancinella)

Penyebaran :

Manchineel (Hippomane Mancinella) memiliki penyebaran di wilayah Amerika Utara dan Tengah serta Karibia.

Ciri-Ciri :

Tumbuhan Manchineel (Hippomane Mancinella) termasuk ke dalam famili Euphorbiaceae yang memiliki pohon dengan tinggi bisa mencapai 15 meter. Bagian-bagian daun pada tumbuhan Manchineel (Hippomane Mancinella) oval dengan warna hijau cerah. Buah pada Manchineel (Hippomane Mancinella) mirip dengan apel baunya dan berbentuk kecil.

Manfaat Tumbuhan yang Menguntungkan dan Merugikan :

Manfaat tumbuhan Manchineel (Hippomane Mancinella) yang menguntungkan adalah batang kayu pohon ini dapat digunakan untuk furniture dan mencegah erosi. Adapun kandungan getah beracun pada pohon ini bisa menyebabkan kematian sehingga untuk mengolah menjadi furnitur perlu dinetralisir. Manfaat tumbuhan yang merugikan dari tumbuhan ini adalah dapat menyebabkan panas terbakar, gangguan pernafasaan dan kematian karena kandungan racun pada bagian batang, kulit dan buahnya.

5. Abrus Precatorius (Rosary Pea)

Penyebaran :

Tumbuhan Abrus Precatorius (Rosary Pea0 merupakan tanaman asli India yang penyebarannya ke wilayah beriklim tropis dan subtropis.

Ciri-Ciri :

Abrus Precatorius (Rosary Pea) memiliki kemiripan dengan pohon saga (Adenanthera pavonina) perbedaan bisa nampak pada bijinya. Biji Abrus Precatorius (Rosary Pea) memiliki warna hitam pada ujung biji sedangkan biji pohon saga (Adenanthera pavonina) tidak memilikinya). Abrus Precatorius (Rosary Pea) termasuk ke dalam famili fabaceae yang bisa disebut sebagai saga rambat. Daun saga rambat majemuk berbentuk bulat telur berukuran kecil.


Manfaat Tumbuhan yang Menguntungkan dan Merugikan :

Daun tumbuhan Abrus Precatorius (Rosary Pea) dapat digunakan untuk meredakan batuk dan sariawan sebagai manfaat tumbuhan yang menguntungkan. Manfaat menguntungkan lain yaitu bijinya bisa digunakan untuk perhiasan sedangkan manfaat merugikan dari tumbuhan ini adalah bijinya mengandung racun ricin.

Setelah teman-teman mengetahui beberapa tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan. Tentunya teman-teman tidak akan menilai sebelah mata pada setiap tumbuhan karena setiap tumbuhan pasti memiliki tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan sehingga tergantung bagaimana kita ingin memanfaatkannya. Semoga bermanfaat. Belajar bologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan