Sponsors Link

Dampak Air Kotor terhadap Pertumbuhan Tumbuhan

Tidak usah ditanyakan lagi ya sobat, air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam tubuh kita. Selain itu, 80 % dari tubuh kita ini mengandung air. Oleh karena hal tersebutlah penting bagi kita untuk mengonsumsi air sesuai dengan kebutuhan kita setiap harinya agar kesehatan kita dapat terjaga ya sobat.

Nah sobat semua, berbicara mengenai air, bukan hanya dibutuhkan oleh tubuh manusia saja untuk menjalankan fungsi setiap organ tubuhnya, namun air terseut juga dibuthkan oleh tumbuhan yang digunakan sebagai mineral untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan hidupnya untuk mencegah akibat kurang air pada tumbuhan.

Hal ini tentunya tidak asing bagi kita ya sobat, karena seyogianya apabila sedang musim penghujan, maka tumbuhan pastinya akan semakin subur, itu artinya tumbuhan juga sangat memerlukan air ini untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Nah sobat semua, berbicara mengenai air tersebut,

tentunya tidak semua jenis air cocok atau sesuai dengan kebutuhan tanaman atau semua tumbuhan. Sebut saja seperti air kotor, air kotor ini tentunya memiliki dampak buruk terhadap pertumbuhan tumbuhan itu sendiri yang tidak jarang membuatnya bisa tidak berkembang, hingga bisa juga menyebabkan tumbuhan tersebut mati.

Pada umumnya, dampak yang ditimbulkan dari pencemaran air tersebut cukup menghawatirkan apalagi intensitas jumlah polutan dalam air sudah sangat banyak , apalagi sudah di luar batas. Nah sobat untuk mengetahui apa saja Dampak Air Kotor terhadap Pertumbuhan Tumbuhan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Mengganggu Perkembangan Tumbuhan

Damak yang pertama adalah munculnya pertumbuhan gangga dan juga tumbuhan air dan parasite air yang lainnya yang sangat pesat dalam air tersbeut. Hal ini tentunya akan berdampak buruk terhadap pertumbuhan tumbuahn itu sendiri ya sobat, karena bisa menggangu sistem metabolisme tumbuhan tersbeut, sehingga proses pertumbuhannya akan terlambata atau bahkan tidak berkembang sama sekali.

2. Perubahan Hasil Pertanian

Dampak yang kedua adalah pada hasil pertanian. Sebut saja tumbuhan yang kita maksud dalma hal ini adalah tumbuhan yang berhubungan dengan pertanian. Pada waktu tumbuhan pertanian kiat mendapatkan asupan air yang tidak tepat, sebut saja air kotor atau terkontaminasi, maka secara otomatis perkembangan pertumbuhan tumbuahn tersebut akan mengalami perlambatan atau ketidak sempurnaan.

Pada saat hal ini terjadi, maka tentunya akan berakibat pada hasil pertanian itu sendiri. Hal ini jelas terjadi ya sobat, mengingat pertumbuhan tanaman tersebut tidak sempurna sebagai mana biasanya, itu artinya hal tersebtu juga akan berdampak pada hasil dari pertanian itu sendiri.

2. Perubahan Pada Rasa Hasil Pertanian

Dampak yang ketiga adalah pada rasa hasil tumbuhan itu sendiri. Masih berbicara mengenai tumbuhan yang berkaitan dengan pertanian ya sobat. Jika memang asupan air pada tumbuhan tidak sesuai, maka bisa mngakibatkan hasil rasa pada tumbuhan tersebut tidak seperti yang seharusnya.


Sebut saja karena pada air tersebut terlalu banyak kandungan nitrogen, zat yang menunda kematangan buah, atau bisa juga zat –  zat logam yang diserap oleh tumbuhan tersebut bisa mengubah rasa tumbuhan tersebut. Pada saat seseoramng mengonsumsinya bisa saja berbahaya ya sobat. Selian itu, tanah pertanian anda juga bisa berubah menjadi lebih buruk.

Demikianlah ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Terima kasib buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan salam hangat selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan