Sponsors Link

Dampak Alkohol pada Organ Dalam Manusia

Ketika menikmati sebotol alkohol, mungkin bagi mereka yang sering menukmatinya memang merasa mendapatkan kepuasan tersendiri dalam tubuhhnya. Mitosnya, bagi mereka yang mengonsumsi alkohol tersebut mereka bisa merasakan tubuh dan pikirannya lebih nge ‘ fly “

dan segala beban atau persoalan yang sedang ditanggungnya bisa terasa lebih enteng dan mungkin bisa hilang. Padahal hal tersebt hanyalah mitos belaka ya sobat. Pada saat anda mengonsumsi alkohol, ada serangkaian perubahan yang terjadi pada tubuh anda nantinya.

Hal ini terjadi karena alkohol yang masuk ke dalam tubuh anda kan langsung diserap oleh tubuh dan menyebar melewati oragn –  organ tubuh melalui aliran darah, sementara sisanya akan masuk ke fungsi hati dalam sistem pencernaan manusia atau saluran pencernaan, mula dari kerongkongan, lambung, sampai ke usus untuk dialirkan ke seluruh tubuh melalui peredaran darah.

Disamping itu sobat, pada saat yang bersamaan pula, jantung akan memompa darah yang bercampur alkohol tersebut keseluruh bagian tubuh anda sehingga menimbulkan kelainan jantung pada manusia, dan tak terkecuali sampai ke otak. Kemudian barulah mengair ke hati ( liver ) yang akan membakar atau menghancurkan alkohol tersebut dibantu dengan enzim khusus yang dikeluarkan melalui air seni dan keringat anda.

Alkohol ini sangat buruk bagi kesehatan dan organ tubuh, karena alkohol tersebut merupakan obat yang berbentuk kimia dalam bentuk cairan yang dapat menekan serta memperlambat fungsi otak manusia dan organ yang lainnnya seperti senjata biologis yang bisa membunuh. Berikut ini adalah Dampak Alkohol pada Organ Dalam Manusia  yang bisa anda jadikan sebagai pertimbangan apabila anda ingin mengonsumsi alkohol tersebut. Yuk sobat, langsung saja kita simak bersama.

1. Mempengaruhi Jantung

Dampak yang pertama adalah dapat mempengaruhi jantung. Bagi mereka yang minum alkohol dapat membuat jantung mereka menjadi lemah, atau yang biasa disebut dengan kardiomiopati, dimana jantung anda akan membentang dan terkuali lemah. Efeknya adalah ana akan mengalmai sesak nafas , detak jantung tak beraturan, kelelahan dan jga pembengkakan hati seta batuk yajg terus –  menerus.

2. Mempengaruhi Otak

Dampak yang kedua adalah dapat mempengaruhi otak. Alkohol juga memiliki damoak buruk pada hati,  yakni bisa memperlambat relay informasi antara neurotrasmiter. Pada kondisi seperti ini, maka otak akan mengalmai peruahan mood seperti depresi, kecemasan, kehilangan memori di otak, serta dapat mengakibatkan kejang pada tubuh manusia. Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan otak basah ( Wernicke korsakoff ).

3. Mempengaruhi Hati

Dampak yang ketiga adalah bisa mempengaruhi hati. hai tentu saja sangat penting bagi tubuh manusia. Pada saat anda menonsumsi alkojol secara berlebih maka akan berdampak pada kerusakan hati anda. Kerusakan tersebut bisa berupa menurunkan fungsi hati itu senidiri, yakni tidak maksimal lagi dalam melindungi tubuh dari racun yang masuk kedalam tubuh anda.


4. Mempengaruhi Ginjal

Dampak yang keempat adalah bisa mempengaruhi ginjal. Pada umumnya, alkohol yang dikonsumsi, bisa meningkatkan produksi urine dalam tubuh manusia, sehingga hal ini bisa mengakibatkan kantung kemih menjadi penuh, serta mengakibatkan ginjal tidak berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Hal tersebut bisa mempengaruhi fungi kerja elektrolit dalam tubuh.

5. Mempengaruhi Sistem Reproduksi

Dampak yang kelima bisa mempengaruhi sistem reproduksi, dimana bisa mengakibatkan ekresi menjadi tidak berfungsi.

Setelah membaca dampak alkohol pada organ dalam manusia tersebut diatas, tentunya anda akan mempertimbangkan lagi ya sobat keputusan anda apakh konsumsi atau tidak alkohol tersebut. Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia