Sponsors Link

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Metabolisme Tubuh

Jika berbicara mengenai metabolisme tubuh tentunya sobat semua mengetahui hal tersebut tentunya berhubungan dengan sistem pencernaan dalm tubuh kita. Seperti yang sudah kta kethaui bersama, metabolisme merupakan seluruh proses kimia yang terjadi dalam tubuh saat mengubah makanan anda menjadi energi.

Keseluruhan prises kimia dalam  tubuh inilah yang nantinya akan menghasilkan dan mengedarkan energi yang tubuh anda butuhkan untuk kelangsungan hidup. Secaar umum sobat, sisitem metabolisme tubu seseoramag tentumya berbeda –   beda satu dengan yang lainnya. ada yang metabolisme tubuhnya cepat, dan adapula yang lambat.

Adapun kecepatan metabolisme ini juga akan mempengaruhi seberapa cepat anda lapar, dan seberapa cepat tubuh anda membakar kalori tersebut. Nah sobat, berikut ini adalah Faktor –  Faktor yang Mempengaruhi Metabolisme Tubuh anda, baik cepat maupun lambat. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

1. Waktu Tidur

Faktor yang pertama adalah tergantung pada waktu tidur anda. Adapun waktu tidur ini dapat mempengaruhi metabolisme anda dengan membantu metabolisme tersebut agar tetap stabil dan memiliki ritme jantung manusia normal. Pada umumnya, tubuh anda akan mengalami kesulitan untuk menghasilakn energi  pada saat anda kelelahan dna dipaksakan untuk bekerja. Nah sobat, kondisi seperti ini anda akan cenderung terkena diabetes dan juga mengalami kegemukan karena metabolisme anda tidak berjalan normal.

2. Makanan Yang Dikonsumsi

Faktor yang kedua adalah karena faktor makanan yang anda konsumsi misalnya dampak alkohol. Tubuh anda tentunya membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk diubah menjadi  energi untuk melakukan aktivitas anda setiap harinya. Ini merupakan tugas yang di eksekusi oleh kelenjar tiroid yang membuuthkan iodine yang cukup dalam hal mengelola metabolisme yang terjadi.

3. Cairan Dalam Tubuh

Faktor yang ketiga adalah karena cairan dalam tubuh anda sebab terdapat cara tumbuhan dapat bertahan hidup di gurun pasir yang kurang air begitu pun manusia. keberadaan cairan dalam tubuh mempengaruhi metabolisme dalam tubuh anda. Hal ini dikarenakan cairan tersebut diperluakn dalam hal metabolisme untuk membakar energi dan juga sebagai bahan bakar pengurangan massa tubuh. Adapun kekurangan cairan dalam tubuh ini dapat menghambta metabolisme dala tubuh anda. Untuk itu, pentung bagi anda untuk menjaga cairan dalam tubuh anda.

3. Hormon

Faktor yang keempat adalah adanya pengaruh dari hormon. Pada umunya sobat, beberapa hormon dapat mempengaruhi kecepatan proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh anda. Beberapa kondisi seperti diabetes serta tiroid yang overaktif taua mungkin kurang aktif bisa mempengaruhi sistem metabolisme dalam tubuh anda. Stres juga dapat mempnegaruhi keterlambatan dalam metabolisme tubuh anda yang dikarenakan oleh lepasnya hormone kortisol dari tubuh anda.

4. Usia

Faktor yang kelima adalah faktir dari segi usia. Terhitung sejak usia 40 tahun, metabolisme dalam tubuh anda akan secara alami mengalami penurunan atau perlambatan sekitar 5 persen setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan seiring bertambahnya usia anda, maka akan cenderung kehilangan otot dan massa dalam tubuh anda sehingga hanya sedikit kalori yang dibutuhkan.


5. Obat – Obatan

Faktor yang keenam adalah karena adanya faktor obat –  obatan. Kondisi kesehatn juga salah satu penentu lancar atau tidaknya metabolisme tubuh anda. Apalagi pada saat seseorang mengonsumsi obat –  obatan maka akan memperlambat metabolisme dalam tubuh anda.

Demikian ulasan mengenai faktor –  faktor yang mempengaruhi metabolisme tubuh tersebut ya sobat. Tetap jaga ksehatan agar metabolisme dalam tubuh anda bisa berjalan dengan normal. Semoga ualsan tersebut bermanfaat. Salam tubuh sehat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia