Sponsors Link

Hormon pada Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, tentunya ada begitu banyak jenis hormon yang terdapat pada tubuh kita yang berbeda satu dengan yang lainnya. Semua jenis hormon itu juga memiliki funsgi yang berbeda –  beda pula, namun tetap memiliki tujuan yang sama dalam tubuh anda yakni untuk mendukung performa tubuh anda secara keseluruhan dan jika ada perubahan akan berpengaruh misalnya pada perubahan biologis tubuh wanita akibat KB.

Adapun salah satu jenis hormon yang terdapat pada tubuh kita adalah hormon yang berperan dalam proses pencernaan yakni respon ketika  reaksi pada tubuh saat makan makanan berformalin dsb. Nama hormon tersebut adalah hormon pencernaan ( hormone usus ) . Adapun hormon yang satu ini merupakan messenger kimia yang memberi sinyal pada saluran pencernaan dan

juga organ aksesori untuk melakukan tindakan yang berbeda dalam rangka mengkoordinasikan proses pencernaan tersebut. Hormon pencernaan tersebut dapat bertindak atas seluruh organ dalam tubuh, dan juga bagian dari organ atau jaringan dan sel khusus. Adapun beberapa fungsi dari hormon pencernaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mensekresikan enzim untuk pencernaan –  pencernaan kimia pada tubuh anda
  • Merangsang kontraksi atau relaksasi otot –  membuka / menutup sfingher da juga untuk memindahkan makanan melalui usus
  • Meningkatkan aliran darah ke usus  untuk penyerapan nutrisi
  • Mengatur aliran air dan elektrolit untuk usus dan juga aliran darah.

Nah sobat, berikut ini adalah beberapa jenis Hormon yang Berperan Pada Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya yang berhubungan dengan proses pencernaan makanan. Langsung saja kita simak dengan seksama.

1. Gastrin

Adapun gastrin ini merupakan hormon yang diproduksi oleh sel yang disebut dengan sel G, di dinding lambung. Ketika makanan memasuki lambung, maka sel inilah yang berfungsi untuk melepaskan gastrin tersebut kedalam darah. Sehingga hormon ini berfungsi untuk mengatur pencernaan sebagai perangsang sekresi secara terus menerus di dalam getah lambung.

2. Enterogastrone ( Sekterin )

Sekretin ini  distimulus untuk memproduksi bubur makan ( chime ) asam dalam duodenum. Adapun fungsi hormon yang satu ini dalam pencernaan merupakan sebagai hormon yang merangsang pankreas untuk mengeluarkan bikarbonat, yang menetralkan bubur makanan tersebut (  chime ) asam dalam duodenum.

3. Cholecystokinin ( CCK )

Adapun hormon cholecystokin ( CCK ) ini merupakan hormon yang disekresi oleh sel epitel mukosa dari duodenum. Cholecystokin ( CCK ) ini juga diproduksi oleh neuron dalam sistem saraf enterik, dan secara luas serta berlimpah yang didistribusikan di dalam otak. Hormon ini berfungsi untuk merangsang sistem empedu untuk berkontraksi sehingga mengeluarkan empedu kedalam usus halus.

4. Ghrelin

Hormon ghrelin ini disintesis sebagai prephohormon, lalu proteolytically diproses untuk menghasilkan suatu peptida asam amino 28, yakni sebuah hormon yang di prosuksi dalam lambung dan usus bagian atas , yang berfungsi untuk merangsang saluran pencernaan dalam menamggapi makanan dalam sistem menghambat nafsu makan.


5. Motilin

Hormon yang satu ini merupakan hormon yang berpartisipasi dalam mengendalikan pola kontraski otot polos pada saluran pencernaan atas. Motilin disekresi ke sirkulasi selama keadaan berpuasa pada interval kira –  kira 100 menit. Nah sobat, pada saat anda berpuasa hormone motilin inilah yang berperan penting untuk anda.

Itulah sobat hormon yang berperan pada sistem pencernaan dan fungsinya yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat dan menjadi refrensi untuk anda ya sobat. Sampai jumpa diartikel selanjutnya. Salam hangat selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia