Sponsors Link

Jenis Makanan Burung Berdasarkan Paruhnya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, burung merupakan salah satu jenis hewan yang termasuk kedalam jenis unggas, sobat semua pasti mengerti akan hal ini ya sobat. Ada begitu banyak jenis burung yang memiliki perbedaan sistem pernafasan burung, mulai dari yang besar, sedang, hingga burung ynag kecil sekalipun.

Selain itu burung juga ada banyak macamnya dengan sistem hormon pada aves mulai dari burung hias, burung petaruh dan juga jenis burung yang lainnya.  Adapun burung tersebut memiliki kebiasaan memakan makanan kesukannya, karena pada umumnya sesuai dengan anatominya, terutama  sesuai dengan alat pencernaannya.

Sehubungan dengan itu sobat, burung pemakan biji tidak akan mengonsumsi ikan sebagai makan tambahannya dan menyebabkan penyebab ikan menghilang saat sungai mengering, karena memamng bukan jenisnya, demikain pula burung pemakan serangga tidak akan memakan hewan sebesar tikur karena memiliki paruh yang kecil. Itulah sobat salah satu keunikan dari jenis –  jenis burung tersebut.

Nah sobat semua, untuk lebih jelasnya mengenai Jenis Makanan Burung Berdasarkan Paruhnya tersebut, berikut ini penulis akan menyajikannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Burung Pemakan Biji –  Bijian

Jenis yang pertama adalah burung pemakan biji –  bijian.  Pada umunya sobat, burung pemakan biji –  bijian ini memiliki paruh yang pendek, kuat, tebal, ujung paruh biasanya bengkok, paruh bagian atas pada umumnya lebih panjang dibandingkan dengan paruh bagian bawah ( namun pada sebagian burung bisa juga memiliki ukuran paruh burung yang sama )  serta berbentuk kerucut. Pada umumnya paruh dengan bentuk seperti ini digunaan untuk mematuk dan juga mengupas kulit biji , dan juga menghancurkan biji –  bijian.

2. Burung Pemakan Serangga

Jenis yang kedua adalah burung pemakan serangga. Pada umunya bentuk paruh burung pemakan serangga ini adalah berbentuk seperti silinder, ramping dan pendek sesuai dengan fungsinya yakni untuk menangkap serangga. Lain hal nya dengan burung pemakan ulat, cacing dan juga hewan lunak yang lain, burung seperti ini mempunyai paruh panjang yang cukup peka. Apabila mangsanya masih hidup, maka akan dibanting –  banting ke tanah sampai mati dengan menggunakan paruhnya, baru setelah itu akan ditelan olehnya.

3. Burung Pemakan Daging

Jenis yang ketiga adalah burung pemakan daging. Adapun yang termasuk kedalam burung pemkana daging adalah seperti elang. Pada umunya ia akan mencari ular atau tikus sawah untuk dimangsanya. Burung ini memiliki jenis paruh yang panjang dan kuat agar bisa memangsa makanananya sendiri. Jenis burung pemakan hewan ini merupakan jenis burung yang paling kuat dan paling besar, olah karena itulah burung yang satu ini juga memiliki paruh burung yang lebih panjang dan kuat .

4. Burung Pemakan Segalanya

Jenis yang keempat adalah burung pemakan segalanya. Burung yang satu ini memiliki paruh yang bengkok dengan paruh dibagian bawahnya melengkung ke atas, dan paruh bagian atas melengkung kebawah. Conth burung yang satu ini adalah seperti burung kakatua,


Nuri, Bayab serat berbagai jenis burung yang lainnya. Pada umumnya, burung yang satu ini pemakan semuanya, kecuali serangga. Makanan yang dimakannya seperti buah, biji –  bijian, madu, bunga serta hewan kecil lainnya yang tidak tergolong serangga.

Nah sobat, alangkah uniknya bukan hewan yang satu ini, meski banyak dengan segala keunikan mereka, namun tetap saja namanya burung. Semoga ulasan diatas bermanfaat buat anda. Salam

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan