Sponsors Link

Sistem Hormon pada Aves

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, hormon merupakan salah satu senyawa kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang memiliki berbagai macam fungsi dan peranan penting bagai tubuh dimana kelenjar endokrin juga ada pada tubuh hewan. Sama hal nya seperti manusia sobat, yang seyogiana memiliki berbagai jenis hormon dalam tubuhnya yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya,

namun meski demikian sobat, hormon tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bagi tubuh kita seperti hormon somato medin pada hewan. Sama hal nya dengan hewan sobat, hewan juga tentunya memiliki sejumlah hormon dalam tubuhnya yang membantunya untuk merangsang dan mendukung pertumbuhan serta perkembangan dari hewan tersebut.

Oke sobat semua, berbicara mengenai hormon, tentunya hal tersebut tidak akan terlepas dri cara kerja atau sistem hormon tersebut dalam tubuh hewan. Dalam postingan kali ini sobat, adapun yang akan menjadi materi yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai Sistem Hormon pada Aves. Berikut ini ulasannya untuk anda sobat. Check It Out!

Sebelum membahas mengenai sistem hormon pada aves tersebut sobat, kita baiknya menyimak ulasan mengenai hewan aves tersebut terlebih dahulu.

1. Pengertian Hewan Aves

Adapun hewan kleompok aves ini merupakan hewan yang bisa mendiami seluruh habitat sesuai dengan jenis dari hewan aves tersebut.  Warna dan suara dari bebrapa hewan aves menjadi salah satu daya tarik bagi manusia yang melihat ataupun yang mendengarnya dengan ciri ciri hewan aves yang unik.

Tubuh aves ini sendiri apda umumnya terbungkus oleh bulu yang memiliki dua pasang anggota gerak, yakni berupa sepasang sayap dan sepasang kaki.  Masing –  masing kaki tersebut memiliki empat buah jari yang cakarnya terbungkus oleh kulit yang menanduk dan juga bersisik tentunya. Hewan aves ini identik dengan bangsa burung.

Selain itu sobat, pada mulut hewan aves ini terdapat paruh atau sudu ( cocor ) yang denga paru –  paru dan berhubungan dengan kanotng udara  ( saccuspneumaticus ) .  Suhu tubunya juga tidak dipengaruhi oleh lingkungan yabg disebut homoiotemis, sehingga suhu tubuhnya akan tetap.

2. Sistem Hormon Pada Aves

Adapun hormon yang terdapat pada hewan aves ini dhasilakn oleh kelenajr endokrin. Kelenajr endokrin tersebut terdiri atas galndulae pitutaria atau hypophysa yang terlatk di dasar otak pada ujung infundibulum, glandualee thyroieda yang terletak dibawah pena jugulari yang terdekat cabang arteri subclavia dan juga arteri carotis.

Glandulae pranceautus kana menghasilakn hormon insulinnya. Grandulae sub renalis atau glandula adrenalis terletak pada permukaan ventral dan ren. Disamping itu sobat, galndulae sexualis nantinya akan menghasilkan hormon yang mempengaruhi tanda kelaim sekunder terutama terletak pada warna bulu.  Semua jenis hormon yang sudah disebutkan tersebut sobat, akan menjalin kerja sama antara hormon yang satu dengan yang lainnya, sehingga akan berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan hewan tersbeut.


 3. Pengelompokan Hewan Aves

Aves bisa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok antara lain sebagai berikut :

  • Archaeornithes
  • Struthoniformes
  • Galliformes
  • Columbiformes
  • Passeriformes

Nah sobat semua, itulah pembagian atau pengelompoka hewan aves menujrut jenisnya.

Demikian ulasan mengenai sistem hormon pada aves yang bisa penulis share pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bermanfaat buat semua beserta mkenambah wawasan untuk anda yang sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa diartikel selanjutnya yang lebih menarik. Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan