Sponsors Link

Hormon Somato Medin pada Hewan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, hormon memiliki fungsi yang cukup vital dalam tubuh kita untuk mendukung kinerja komponen tubuh kita yang lainnya demian menjaga performa tubuh kita tentunya. Nah sobat semua, tidak jauh berbeda dari manusia, maka hewan pun juga memiliki berbagai jenis hormon pada hewan yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan dari hewan tersebut.

Adapun hormon pada hewan melakuakn berbagai fungsi yang sangat penting mulai dari pertumbuhan, perkembangan seksual, perkembangan vegetative, rasprasi sel, metabolisme, prouksi panas bagi hewan tersebu dan yang lain sebagainya. Adapun yang mengkondisikan funsgi dari hormon tersebut adalah adanya sistem saraf yang mengkondisikan kegiatan cepat hewan seperti adanya gerakan yang diintegrasikan dengan hormon tersebut, misalnya adalah hormon ekdison juvenile.

Hormon pada hewan merupakan zat kimia yang dilepaskan secara langsung ke pembuluh gerah bening dari pembuluh darah yang terdekat. Dimana  mereka akan dibawa ke berbagai organ yang kemudian akan mengerahkan efeknya di sistem pernapasan pada hewan burung dan hewan lainnya serta sistem lainnya.

Oke sobat semua, seperti yang sudah penulis utaraakn diatas bahwasanya hormon yang terdapat pada hewan ada begitu banyak. Dan salah satunya adalah Hormon Somato Medin. Apakah soabt semua sudah pernah mendengar jenis hormon ini sobat? Jika belum, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun hormone tersebut merupakan salah satu zat kimia kecil yang tidak terlihat oleh mata. Namun meski demikian zat kimia yang satu ini sangatlah bermanfaat bagi tubuh kita ya sobat. Salah satu dari sekian jenis hormon yang ada di tubuh kita yakni hormon somato medin. Tidak jauh berbeda dari jenis hormon yang lainnya hormon somato medin ini juga tentunya memiliki beberapa fungsi dalam tubuh kita, adapun fungsi tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk merangsang sintesis protein
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tulang
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk menambah metabolisme lemak
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan otot
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tulang
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk menstimulus hati untuk mensekresi hormon somatomedin tersebut.

Nah sobat alangkah penting bukan hormon yang satu ini untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita, oleh karena itu sebaiknya kita menjaga keberadaan hormon yang satu ini ya.

Selain faktor internal diatas yang bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh hewan sobat, maka ada faktor eksternal juga yang bisa mendukung. Adapun faktor eksternal yang dimaksud adalah faktor dari lingkungan, adapun antara lain adalah sebagai berikut :


  • Adanya faktor makanan dan nutrisi
  • Adanya faktor suhu
  • Adanya faktor cahaya
  • Adanya faktor air dan kelembapan
  • Adanya faktor tempat tinggal.

Nah sobat semua, faktor diatas tentunya memiliki peran yang  penting demi mendukung pertumbuhan dan perkembangan dari seekor hewan, yang mana nantinya sobat, faktor internal dan eksternal tersebut saling mendukung satu dengan yang lainnya dalam tubuh hewan tersebut.

Oke sobat semua, semoga ulasan diatas bermanfaat buat anda yang sudah membacanya ya. Terima kasih buat anda yang sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca artikel ini. Penulis juga berharap anda bisa mewariskan kebiasaan membaca tersebut kepada generasi penerus anda ya sobat, terutama pada saat ada waktu luang. Sampai jumpa diartikel selanjutnya tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik lainnya. Salam

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan