Sponsors Link

Hormon Ekdison Juvenile pada Hewan

Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang tentunya selalu memberikan ulasan yang menarik buat sobat semua apda postingan kali ini. Nah sobat, masih sama dengan pembahasan yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas mengenai jenis hormon pada hewan, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada begitu banyak jenis hormon yang terdapat pada tubuh hewan tersebut.

Tidak jauh berbeda dari tumbuhan, nah sobat hewan juga tentunya memiliki beberapa jenis hormon yang bertugas untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan hewan tersebut. Adapun hormon tersebut merupakan pembawa pesan kimia kecil yang terletak di dalam tubuh hewan tersebut. Adapun hormon tersebut tidak bisa dilihat oleh mata manusia, namun hormon tersebut menyebar ke seluruh lintasan internal atau dikenal sebagai aliaran darah untuk semua organ tubuh dan juga jaringan dimana organel sel pada hewan dan tumbuhan memiliki perbedaan.

Nah sobat semua, adapun materi yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yakni mengenai salah satu jenis hormon yang terdapat pada hewan, yakni hormon ekdison juvenile pada hewan. Untuk ulasan selanjutnya, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas sobat, bahwasanya hormon adalah sejenis zat kimia yang terdapat dalam tubuh kita. Adapun hormon tersebut dihasilkan oleh kelenjar endokrin ( kelenjar buntu ) . Oleh karena kelenjar endokrin tidak memiliki saluran tersendiri atau saluran khusus, maka hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tersebut akan dikembalikan ke darah dan beredar mengikuti aliran darah sehingga hormon yang berperan dalam penyaluran informasi akan berjalan lambat, hal ini dikarenakan informasi yang dibawa oleh hormon tersebut tidak langsung dibawa ke tempat sasaran, melainkan terlebih dahulu harus masuk ke sistem peredaran darah hewan

Nah sobat, hormon ekdison juvenile tersebut juga tentunya memiliki peranan yang cukup penting dalam tubuh seekor hewan. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari hormon ekdison juvenile tersebut.

  • Sebagai hormon pada hewan yang berfungsi untuk proses pergantian kulit ( ekdisis )
  • Sebagai hormon pada hewan yang berfungsi untuk menghambat proses metamorphosis
  • Sebagai hormon pada hewan yang berfungsi untuk mengatur proses –¬† proses fisiologis pada hewan atau serangga
  • Sebagai hormon pada hewan yang berfungsi untuk mengontrol berbagai aspek reproduksi imago serangga.
  • Sebagai hormon pada hewan yang berfungsi untuk mengontrol diapause
  • Sebagai hormon pada hewan yang berfungsi untuk mengontrol perilaku migratory
  • Sebagai hormon pada hewan yang berfungsi untuk mengontrol pholypenism dan polymorphism

Nah sobat semua alangkah pentingnya bukan fungsi dari , hormon ekdison juvenile tersebut pada hewan, oleh karena itu, hormon yang satu ini tergolong hormon yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan seekor hewan.

Seperti yang sudah penulis utarakan diatas sobat, bahwasanya , hormon ekdison juvenile meliputi semua aspek dalam pertumbuhan fisiologi hewan. Dimana hormon ekdison juvenile ini dapat merangsang aktivitas sel, sehingga bisa berinteraksi dengan reseptor yang akan meningkatkan perkembangan fisiologi pada hewan tersebut, yang juga secara langsung bertanggung jawab dalam aktivitas sel dalam tubuh hewan tersebut.

Nah sobat semua, sekian ulasan mengenai  hormon ekdison juvenile yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada kesempatan kali ini. Terima kasih buat soba yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan