Sponsors Link

Sistem Pernapasan Pada Hewan Burung Terlengkap Beserta Penjelasannya

Burung adalah kelompok hewan yang hidup di darat dan dapat berpindah pindah dengan cara terbang menggunakan sayapnya.  Berikut ini sistem pernapasan pada hewan burung yang perlu anda ketahui.

Organ Sistem Pernapasan Pada Hewan Burung

Pengetahuan anda mengenai sistem pernapasan hewan burung tidak lengkap apabila tidak mengetahui tentang organ yang terlibat ketika bernapas. Dengan mengetahui organ yang terlibat selama proses pernapasan tentunya anda akan lebih mudah memahaminya. Oleh karena itu, berikut ini penjelasan organ sistem pernapasan pada hewan burung yang terlibat.

1. Kantung Udara

Beberapa dari anda mungkin sudah ada yang mendengar apa itu kantung udara, terutama pada burung. Fungsi kantung udara pada burung dapat meningkatkan kemampuan burung untuk bernapas ketika burung terbang. Selain sebagai organ sistem pernapasan pada hewan burung, kantung udara memiliki fungsi lain seperti mengatur berat badan burung ketika terbang dan membungkus organ dalam supaya tidak terasa dingin. Letak kantung udara pada hewan burung terletak hampir diseluruh tubuh burung yaitu otot data, tulang dan organ tubuh burung. Selain itu kantung udara terdapat pada beberapa hewan seperti serangga yang mungkin cara kerja fungsi kantung udara serangga berbeda.

2. Hidung

Hidung adalah organ pertama yang menerima udara dari lingkungan. Udara yang dibutuhkan dihirup oleh burung adalah udara yang mengandung oksigen. Kemudian udara akan diteruskan ke trakea agar mudah didistribusikan ke seluruh tubuh burung.

3. Trakea

Trakea adalah saluran panjang yang berfungsi untuk menghantarkan udara dari hidung menuju bronkus.  Pada bagian ujung trakea, terdapat percabangan yang mengantarkan udara ke bagian selanjutnya yaitu bronkus.

4. Bronkus

Bronkus adalah percabangan dari trakea yang menghubungkan trakea dengan paru-paru. Pada bagian kiri dan kanan bronkus mudah ditemukan pada bagian tubuh burung. Fungsi bronkus pada hewan burung adalah sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida.

5. Paru-Paru

Paru-paru pada hewan burung terdiri dari saluran masuk dan keluar. Pergerakan udara pada kedua saluran ini selalu satu arah. Dengan demikian, tidak ada waktunya burung untuk berhenti mengambil oksigen dari lingkungan sehingga kebutuhan udaranya terpenuhi. Bagian paru-paru pada burung tidak memiliki alveoli karena tersusun oleh pembuluh udara. 


Mekanisme Sistem Pernapasan Pada Hewan Burung

Mekanisme sistem pernapasan pada hewan burung dapat dibedakan ketika burung mendarat di darat dan terbang di udara. Dengan demikian mekanisme sistem pernapasan pada hewan burung tentunya akan berbeda. Pada saat burung terbang, proses burung untuk memerlukan oksigen akan lebih tinggi daripada ketika burung sedang berada di daratan. Proses udara masuk dan keluar pada hewan burung lebih mudah terlihat dengan mata anda.

Ketika burung sedang menaikkan sayapnya maka sistem pernapasan burung bergerak untuk memasukkan udara ke dalam tubuh burung. Adapun sayap burung yang turun maka proses pengeluaran udara terjadi sehingga udara yang keluar adalah udara yang tidak dibutuhkan oleh tubuh burung. Udara tersebut adalah udara yang mengandung karbondioksida. Organ yang mengeluarkan karbondioksida pada burung akan berakhir dikeluarkan oleh hidung.


Mungkin anda masih bertanya – tanya, bagaimana sistem pernafasan burung bisa bekerja ketika terbang ?.  Burung bernapas dengan cara adalah menggunakan kantung udara yang sudah diisi ketika burung mendarat. Dengan demikian saat burung berada di daratan burung akan lebih banyak menghirup udara. Faktor lain seperti tekanan udara dan energi yang dibutuhkan burung ketika terbang akan terkuras apabila burung melakukan proses inspirasi.

Proses inspirasi adalah tahapan masuknya udara dari lingkungan ke dalam tubuh burung. Oleh karena itu pada saat terbang, burung tidak akan memasukkan udara supaya energi burung saat terbang tidak habis. Hal ini karena adanya pertolongan dari kantung udara yang dimiliki oleh burung.

Sekian informasi dari dosen biologi mengenai sistem pernapasan pada hewan burung. Semoga pengetahuan anda tentang sistem pernapasan pada hewan bertambah. Belajar biologi jadi asyik dan menyenangkan bersama dosen biologi.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan