Sponsors Link

Sistem Hormon pada Coelenterata

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, bahwasanya tubuh kita ini memiliki sejumlah hormon yang tentunya memiliki fungsi atau peranan yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya, namun tetap saja ya sobat memiliki tujuan yang sama begitu juga pada contoh hewan coelenterata, yakni untuk mendukung pertumbuhan dan perkembanga serta berbagai sistem dalam tubuh kita. Nah sobat, berbicara mengenai hormon tersebut ternyata bukan hanya dimiliki oleh manusia saja. Hewan juga memiliki berbagai hormon serta sistem hormon itu sendiri dalam tubuhnya.

Oke sobat semua, pada postingan kali ini, tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya, kita juga masih akna membahas mengenai sistem hormon yang terdapat pada tubuh hewan yakni pada klasifikasi coelenterata. Dan lebh spesifiknya lagi materi kita kali ini yakni mengenai Sistem Hormon pada Coelenterata. Jika sobat semua belum pernah mendengar akan materi tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check itu out!

Sebelum membahas lebih jauh mengenai sistem hormon pada coelenterate tersebut sobat dimana mungkin sobat sudah paham ciri ciri hewan coelenterata, ada baiknya kita terlebih dahulu membahas mengenai pengertian dan fungsi hormon tersebut dalam tubuh hewan. Berikut ini ulasannya untuk anda.

1. Pengertian dan Fungsi Hormon Pada Hewan

Adapun yang dimaksud dengan hormon adalah senyawa organik yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin (  kelenjar buntu ) . Nantinya sobat, hormon tersebut akan masuk ke peredaran darah menuju organ target. Jumlah yang dibutuhkan memang tergolog sedikit namun mempunyai kemampuan kerja yang besar namun pengaruhnya bersifat lama, sehingga hormon tersebut memiliki pengaruh terhadap kinerja organ dan sel hewan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari hormon untuk hewan, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai senyawa yang membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan hewan secara keseluruhan.
  • Sebagai senyawa yang berfungsi untuk mengatur reproduksi.
  • Sebagai senyawa yang berfungsi untuk mengatur tingkah laku
  • Sebagai senyawa yang mengatur metabolisme dalam tubuh hewan
  • Sebagai senyawa yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh hewan

Itu adalah beberapa fungsi dari hormon pada hewan secara umum ya sobat. Dan sekarnag kita akan beralih ke materi utama, yakni mengenai sistem hormon pada coelenterata.  Berikut ini ulasannya untuk anda.

2. Sistem Hormon Pada Coelenterata

Hewan coelentrata ini disebut juga sebagai kelompok hewan hydra, yang ,ana hydara ini memiliki sistem saraf difus. Disenut sistem saraf difus karena memang hewan kelompok hydra ini memiliki sel –  sel saraf yang masih tersebar dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diibaratkan sepeerti jala ( biasanya disebut dengan saraf jala ) .


Begitupun dengan sistem hormon pada coelenterate tersebut sobat, sistem hormon nya bekerja sebagai sistem neuroseksresi. Misalkan saja pada hewan ubur –  ubur, sistem hormon yang terdapat pada -hewan ini mempunyai sel –  sel neuroksekresi. Selain itu, neuhormon tersebut juga belm diketahui strukturnya secara detail, namun memiliki fungsi penting, salah satunya adalah untuk proses pelepasan gamet. Selain itu, pada cacing pipih, sel –  sel neurosekresinay terletak pada ganglion otaknya. Dari semua sistem tersebut sobat, tentunya tidak terlepas dari peran hormon didalamnya.

Sekian informasi mengenai sistem hormon pada coelenterate tersebut ya sobat. Semoga ulasan tersebut bermanfaat buat anda dan bisa memperluas wawasan serta informasi buat anda. Sampa jumpa diartikel selanjutnya ya sobat. Salam hangat selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan