Sponsors Link

Sistem Hormon pada Mamalia

Jika berbicara mengenai hormon, tentunya kita juga akan membahas mengenai bagaimana sistem hormon tersebut dalam tubuh. Manusia memiliki berbagai jenis hormon yang memiliki nama, fungsi yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya yang tentunya berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita sebagaimana pada contoh hewan mamalia.

Tak jauh berbeda dari manusia sobat, hewan juga tentunya memiliki berbagai jenis hormon dalam tubuhnya yang juga memiliki sistem tersendiri. Oke sobat, adapun materi yang akan kita bahas pda postigan kali ini yakni mengenai Sistem Hormon pada Mamalia. Sobat semua tentunaya sudah paham akna hewan mamalia ini ya sobat, termasuk ciri ciri hewan mamalia, namun untuk ulasan selanjutnya, berikut penjelasannya untuk anda.

1. Apa Itu Hewan Mamalia

Adapun hewan mamalia merupakan sejenis hewan vertebrta yang memiliki kelenjar susu untuk  menyusui anaknya serta mengasuhnya dalam waktu tertentu sebelum nantinya akan memiliki kehidupan sendiri.  Mamalia ini merupakan hewan yang tertinggi tingkatannya dibandingkan dengan hewan yang lainnya. Tubuhnya sendiri tertutup oelh rambut kulit banyak mengandung kelenjar  ( sebasea / kelenjar minyak , sudorifera / kelenjar keringat , bau dan juga susu /  glandula mammae ) yang bermanfaat untuk peranan mamalia bagi kehidupan.

Mamalia ini sendiri memiliki empat anggota gerak yang berupa kaki, yang masing –  masing kaki memilikim jari 5. Memiliki jantung yang terdirir atas empat ruang yang sempurna. Pernapasanya sendiri berlangsung dengan menggunakan paru –  paru.  Sistem eksresi menggunakan ginjal, kulit dan juga paru –  paru. Hewan jantannya sendiri memiliki alat popilasi berupa penis dna wanita memiliki vagina.

2. Sistem Hormon  Pada Mamalia

Dalam tubuh mamalia terdapat ada begitu banyak jenis hormon yag saling mendukung fungsi dari yang satu dengan yang lainnya. Hormon atau kelenjar seperti hipofisis berperan atau bertugas sebagai kelenjar penguasa karena kelenjar hipofisis ini mampu mengkoordinasikan berbagai dari fungsi kelenjar endokrin yang lainnya.

Sementara itu sobat, kelenjar pineal, merupakan struktur atau kelenjar kecil yang terdapat pada otak hewan vertebrata tersebut yang menghasilkan beberapa hormon seperti melatonin, yang merupakan suatu turunan dari asam amino tryptophan. Sementara itu sobat, pada masa kehamilan hewan mamalia ini, palsentanya juga bertindak sebagai suatu kelenjar endokrin yang konon sebagai penghasil hormon pada umumnya.

3. Pengelompokan Hewan Mamalia

Hewan mamalia bisa dikelompokkan kedalam beberapa ordo, antara lain sebagai berikut :

  • Monotremata

Yakni jenis mamalia petelur karena hewan ini memang bertelur. Setelah anaknya menetas, maka alna disusui. Hewan ini sendiri memiliki daun telinga. Contohnya adalah seperti Platipus yang hanya hidup si Australia.


  • Marsupalia

Yakni jenis mamalia yang mana hewan betinanya memiliki kantong di bagian perut. Contohnya adalah seperti Kanguru

  • Chiroptera

Yakni jenis mamalia terbang.  Hewan ini memiliki kaki muka dengan 2 –  5 jari dan memiliki kukuh yang pipih atau cekung. Contohnya adalah Kalong.

  • Primata

Yakni jenis mamalia yang memiliki naggota badan yang panjang. Contoh bekantan kalimanyan.

  • Cetacean

Yakni jenis mamalia yang memiliki tubuh berukuran besar, berbentuk seperti sekoci. Contohnya lumba –  lumba.

  • Carnivora

Yakni jenis mamalia yag anggota tubunya dapat bergerak cepat. Contohnya beruang madu

  • Artiodactyla

Yakni jenis mamalia yang pada bagian kepalanya terdapat tanduk. Contohnya sapi, badak, kambing dan yang lainnya.

Sekian ulasan pada postingan kali ini yang bisa penulis share untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan pembelajaran yang menarik serta bermanfaat untuk anda.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan