Sponsors Link

Sistem Hormon pada Mollusca

Hello sobat semua , kembali lagi bertemu dengan penulsi nih ya sobat yang tentunya selalu memberikan ulasan yang tentunya selalu menarik dan bermanfaat buat anda. pada postingan kali ini sobat, adapun materi yang akan kita ulas yakni mengenai  sistem hormon pada Mollusca dimana ada beragam contoh hewan mollusca.

Mungkin hewan Molluca ini tidak terlalu familiar di telinga anda ya sobat, juga mengenai ciri ciri hewan mollusca, untuk itu yuk sobat merapat dengan penulis, karena pada ulasan kali ini penulis akan mengutarakannya secara terperinci untuk anda. Berikut ulasan sekengkapnya. Sebelum membahas mengenai Sistem Hormon pada Mollusca tersebut sobat, ada baiknya apabila kita membahas sekilas mengenai hewan Mollusca tersebut. Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

1. Pengertian Hewan Mollusca

Adapun Mollusca merupakan kelompok hewan yang bersifat tripoblastik slomata dan invertebrata yang bertubuh lunak dna juga multiseluler dan ia memiliki  peranan mollusca yang menguntungkan. Hewan Mollusaca ini termasuk kedalam hewan yang lunak, baik yang dengan memiliki cangkang ataupun cangkang.  Adapun beberapa hewan yang termasuk kedalam jenis hewan Mollusca ini antara lain sebagia berikut :

  • Kerang – kerangan
  • Siput
  • Kiton
  • Cumi – cumi beserta kerabatnya yang sejenisnya.

Adapun Mollusca ini tergolong kedapam jenis filum yang terbesar kedua kerajaan binatang ( Animalia ). Untuk habitanya sendiri sobat, hewan Mollusca ini hidup di air laut, air tawar, air payau dan juga darat.

2. Sistem Hormon Pada Mollusca

Sistem hormon pada Mollusca merupakan sistem endokrin yang merupakan mekanisme komunikasi antar satu sel dengan sel yang lainnya, yang mana nantinya sistem hormon tersebut bernfungsi untuk mengontrol dan juga untuk mengkordimnasikan proses biokikima, proses fisiologis, yang melibatkan sinyal yang disekresikan, hormon yang mempengaruhi sel target secara langsung, karena pada intinya semua sel mengepresikan semua reseptor untuk hormon yang diberikan  yang akan bereaksi ketika hormon tersebut bereaksi.

Adapun yang mengatur kesemua sistem hormon tersebut adalah adanya kelenjar endokrin, dimana kelenjar endokrin ini mengatur sejumlah besar mekanisme homeostatis.  Selain itu sobat, termasuk juga di dalamnya aktivitas neuron, otot, dan juga sel –   sel pigmen selama perilaku spesifik ( asupan makanan, bekerja, reprduksi),

dan juga berbagai fungsi yang lainnya pada umumnya. Namun selain kelenjar dari endokrin tersebut, banyak neuron dari sistem syaraf pusat dan perifer yang memproduksi hormon yang dilepasan secara lokal dalam rnag ekstraseluler, serta bisa juga kedalam aliran darah.

Selain membahs mengenai sistem hormon pada Mollusca tersebut, kita juga akan membahas mengenai sistem organ pada Mollusca tersebut. Berikut ulasannya untuk anda.


  • Sistem peredaran darah. Adapun sistem peredaran darah Mollusca ini memiliki sistem peredaran darah terbuka, yakni darah mengair dari rongga terbuka dari tubuh yang tidak ada arteri atau venanya.
  • Sistem pencernaaan. Sistem pencernaan Mollusca terdiri dari mulut, esophagus, lambung, usus dan juga anus.
  • Sistem Saraf. Sitem saraf pada Mollusca ini terdiri dari sistem saraf yang mengelilingi esophagus dan serabut saraf yang lainnya yang menyebar dari cincin tersebut untuk melengkapi berbagai saraf dalam organ Mollusca tersebut.
  • Sistem eksresi. Sistem sekresi Mollusca ini berupa nefridia yang berperan mirip dengan gunjal
  • Sistem respurasi. Berbeda –  beda sesuai dengan habitat hidupnya.

Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan mengenai sistem hormon pada Mollusca yang bisa penulis sajikan pada kesempatan kali ini. Terima kasih buat sobat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Salam

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Hewan