Sponsors Link

Macam Gangguan pada Kelenjar Tiroid Manusia

Jika kita berbicara mengenai kelenjar dapam tubuh manusia, tentunya salah satu kelenjar yang tidak lepas dari pembicaraan kita adalah kelenjar tiroid. Kelenjar yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita. Kenlenjar tiroid ini merupakan salah satu produsen sekaligus tempat penyimpanan hormon yang membantu mengatur detak jantung kita.

Selain detak jantung, kehadiran hormon tiroid ini juga penting dalam membantu mengatur tekanan darah, suhu badan, dan juga proses mengatur makanan menjdi energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai fungsi kelenjar tiroid dalam tubuh.  Atau dengan kata lain, kehadiran dan keberadaana hormon tiroid ini sangatlah penting karena hormon yang dihasilkan olehnya berdampak kepada setiap fungi sel dalam tubuh manusia.

Apabila hormon tiroid ini berkurang produksinya dalam tubuh manusia, maka dampaknya adalah seseorang akan mengalami pertumbuhan dan metabolisme tubuh yang tidak normal yang berhubungan dengan faktor faktor yang mempengaruhi metabolisme tubuh. Oleh sebab itulah keharidan hormon yang satu ini sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan dan perkembangan anka –  anak.

Oleh karena fungsunya yang sangat penting tersebut, maka kita harus menjaga kesehatan agar produksi hormon tiroid tersebut tetap normal dalam tubuh kita. Lantas apa saja Macam Gangguan pada Kelenjar Tiroid Manusia tersebut dalam tubuh kita? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Penyakit Gave

Gangguan yang pertama adalah bisa menyebabkan penyakit gave. Penyakit gave ini merupakan penyakit yang sangat seirng menyerang hipertiroidisme. Hal tersebut terjadi pada saat kenelajr tiroid tersebut memproduksi hormon tiroid secara berlebihan. Penyakit gave ini juga merupakan salah satu penyakit autoimun, dimana kekebalan tubuh bisa saja menyerang kelenjar tiroid karena produksi hormon yang berlebihan.

2. Penyakit Struma

Gangguan yang kedua adalah bisa menyebabkan penyakit struma. Penyakit yang satu ini sering kita sebut dan kenal dengan nama “ gondok “ . Penyakit yang satu ini apabila terjadi dapat menyebabkan pembengkakan yang terkait dengan kondisi hipertiroidrisme atau hipotiroidisme ( prosuksi hormon yang abnormal )  sehingga terjajadinya pembengkakan yang menyebabkan gondok tersebut.

3. Penyakit Nodul Tiroid

Gnagguan yang ketiga adalah bisa menyebabkan penyakit nodul tiroid. Adapun penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang memiliki gejala seperti munculnya benjolan pada kelenjar tiroid. Salah satu penyebab dari nodul tiroid ini merupakan kekurangan zat yodium yang biasanya berasal dari garam. Adapun nodul itu sendiri merupakan cairan yang berbentuk padat. Namun dalma beberapa kasus namun jarnag terjadi, penyakit nodul tiroid tersebut apabila sudah akut bisa berpitensi menyebablkan penyakit kanker. 


 4. Penyakit Hasminoto

Gangguan yang keempat adalah bisa menyebabkan penyakit hasminoto. Pada umumnya, panyakit yang satu in terjadi pada orang –  orang yang mengalmai kelainan pada sistem kekebalan dalam tubuhnya, sehingga akan menyerang tubuhnya sendiri. Kekebalan tubuh akan menghancurkan kelenjar tirodi yang terdapat dalam tubuhnya sehingga lama –  kelamaan kemampuan alami yang dimiliki oleh tubuhnya.

dalam memproduksi hormon todori tersebut akan hilang, sehingga akan terjadi abnormal pada produksi hormon tiroid tersebut. Tidak mudah mendeteksi seseornang yang terkena penyakit ini, karena gejalanya sendiir pun masih kurang jelas, terutama bagi mereka yang terkena penyakit hasminoto tersebut pada tahap ringan.

Demikaian ulasan mengenai macam gangguan pada kelenjar tiroid pada manusia yang bisa penulis sajikan buat anda. Semoaga ulasan ini bisa bermanfaat buat soabt yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia