Sponsors Link

Kelenjar Tiroid : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Kelainan

Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan. Ketemu lagi nih sobat dengan penulis pada artikel kali ini tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik dan pastinya akan menambah wawasan serta informasi anda.  Tidak jauh berbeda dari artikel sebelumnya, pada pembahasan kali ini kita masih akan membahas mengenai biologi ya sobat.

Adapun pembahasan yang akan kita ulas dalam artikel ini yaitu mengenai kelenjar tiroid. Yang pada dasarnya tidak kalah pentingnya dengan kelenjar dalam tubuh lainnya seperti kelenjar pineal, kelenjar paratiroid atau pun kelenjar paratiroid. Apakah sobat semua sudah akrab dengan kelenjar yang satu ini? jika belum, mari sobat kita simak ulasan berikut ini agar anda tau apa itu dan bagaiamana kelenjar tiroid itu dalam tubuh kita. Check It Out !

Pengertian Kelenjar Tiroid

Secara medis, kelenjar tiroid ini merupakan salah satu kelenjar endokrin yang terdapat dalam tubuh manusia yang terletak dibagian depan leher. Bentuk kelenjar tiroid yang satu ini kayaknya seperti kupu – kupu, karena memiliki dua buah sayap dan memiliki diameter sekitar 5 cm.

Pada umumnya, dalam kondisi normal, kelenjar tiroid ini tidaklah terlihat oleh mata den bentuknya yang seperti kupu – kupu tersebutpun tidak akan terlihat atau nyaris tidak teraba. Untuk lebih mudah mengetahui dimana letak kelenjar tiroid ini, anda dapat meraba sekitar benjolan yang ada di leher anda atau yang sering kita sebut dengan jankun, nah rabalah dengan perlahan maka anda akan menemukan kelenjar tiroid tersebut, karena kelenjar tiroid tersebut berada persis dibawah jankun. Nah sobat semua yang penarasan,  coba sobat semua meraba jankun anda sekarang juga ya.

Struktur Kelenjar Tiroid

Selain mengetahui fungsi kelenjar tiroid tersebut di atas, ada baiknya kita juga harus mengerti bagaimana struktur kelenjar tiroid tersebut ya sobat. Secara umum, kelenjar tiroid dibagi menjadi 2 lobus, yaitu lobus bagian kiri dan juga lobus bagian kanan. Struktur yang menghubungkan kedua lobus ini disebut dengan isthmus.

Masing – masing lobus pada kelenjar tiroid ini memiliki panjang kira – kira 5 cm, lebar sekitar 3 cm, dan memiliki ketebalan sekitar 2 cm, sedangkan isthmusnya memiliki panjang dan lebar sekitar 1, 25 cm. Ada tiga komponen penyusun kelenjar tiroid ini, antara lain sebagai berikut :

  • Foliked Tiroid.
  • Sel Folikular.
  • Sel Parafolikular.

Fungsi Kelenjar Tiroid

Adapun fungsi utama dari kelenjar tiroid adalah untuk memproduksi hormon yang dapat mengatur kecepatan metabolisme tubuh. Karena berhubungan dengan metabolisme tubuh, maka fungsi kelenjar tiroid yang lain, yaitu sebagai berikut :

  • Meningkatkan denyut jantung, curah jantung serta pernapasan seseorang.
  • Meningkatkan konsumsi oksigen dan tingkat pengeluaran energi tubuh.
  • Meningkatkan penyerapan glukosa oleh usus dan meningkatkan produksi glukosan oleh hati.
  • Penting untuk pertumbuhan dan pematangan sisitem saraf pusat.
  • Mempengaruhi siklus menstrurasi bagi kaum wanita.
  • Mempercepat pembersihan kolestrol dari plasma.

Kelainan Pada Kelenjar Tiroid

Meskipun sangat mempunyai peran penting dalam tubuh kita, tetapi tidak serta merta kelenjar ini terbebas dari kelainan yang sering diakibatkan oleh kelenjar tiroid ini. Berikut ini beberapa kelainan yang bisa terjadi pada kelenjar tiroid, antara lain :

  • Adanya penyakit hashimoto.
  • Adanya penyakit grave.
  • Adanya struma.
  • Adanya nodul tiroid.

Nah sobat semua ada baiknya anda menjaga kesehatan dengan teratur ya sobat semua, karena gaya hidup anda akan berpengaruh nantinya terhadap komponen atau organ yang ada dalam tubuh anda, dan termasuk berbagai kelenjar anda. Sekian informasi yang penulis bagikan pada kesempatan kali ini mengenai kelenjar tiroid, semoga informasi tersebut bermanfaat buat anda ya sobat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya yang tidak kalah menarik. Terima kasih sudah meluangkan waktu dan berkunjung untuk membaca artikel kali ini. Salam hangar selalu dari penulis ya sobat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!