Sponsors Link

15 Fungsi Hati Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Fungsi Hati Dalam Sistem Pencernaan, Telah kita ketahui bersama bahwa hati atau dalam ilmu kedokteran biasa disebut liver merupakan salah satu alat yang sangat vital karena tanpa hati manusia tidak dapat bertahan hidup karena itulah disebut sangat vital letaknya berada di dalam tubuh makhluk hidup. Hati juga merupakan suatu organ yang memiliki fungsi di dalam system pencernaan dan juga system ekskresi pada makhluk hidup . Sebelum  membahas tentang hati lebih dalam , kita kenali hati dulu secara lebih dasar dalam artian bahwa kita harus lebih tahu terlebih dahulu apa itu hati ? bagaimana cara bekerjanya dan lain sebagainya ?  yuk ikuti penjelasannya di bawah ini :

Baca juga :

Pengertian Hati

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang sangat besar manfaat dan juga keberadaannya selain  dari kulit. Letak hati di dalam tubuh itu sendiri di dalam diafragma  yaitu membrane otot yang memisahkan antara dada dan juga perut terutama dibagian kanan atas perut dan juga dibagian bawah tulang rusuk.

Di dalam hati terdapat beberapa bagian yaitu :

  • Lobus kanan :  lobus kanan lebih besar ukurannya dari pada lobus kiri hal ini di karenakan  mempunyai pebuluh darah yang banyak ketimbang lobus kiri.
  • Ligamen : ligament terbagi menjadi beberapa bagian yaitu coroner,sabit dan juga bulat.
  • Lobus kiri : lobus yang dalam artian gelambir ini merupakan organ yang ada di setiap sistem pencernaan. karena ini juga lobus kanan lebih besar karena sebagai tempat untuk penyimpanan dan juga pengolahan sedangkan lobus di bagian kiri hanya untuk tempat pembuangan zat zat yang sudah tidak lagi digunakan.
  • Kantung empedu : merupakan organ yang dgunakan untuk penyimpanan empedu yang dibutuhkan  pada sistem pencernaan. Organ ini bentuknya seperti buah pir  dengan panjangnya sekitar  7 s/d 10  cm. (baca juga : Bagian-bagian Paru Paru)

Fungsi Hati Dalam Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan ini  digunakan untuk merubah makanan menjadi nutrisi nutrisi yang digunakan atau di butuhkan untuk membangun metabolisme. Awal dari system pencernaan dimulai dengan injesti yaitu memasukan makan ke dalam mulai mulut yang kemudian di cerna baik secara kimiawi maupun mekanik lalu diserap untuk proses penyerapan ini sendiri ada beberapa bagian yang berhubungan dengan hati.

Seperti sebelumnya yang sudah kita bahas bahwa hati memiliki  fungsi salah satunya yaitu di dalam system pencernaan  yang dapat membantu pada bagian system pencernaan sehingga proses untuk dapat berjalan dengan lancar.

baca juga :

Fungsi hati di dalam sistem pencernaan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :

1. Mencairkan Empedu

Salah satu fungsi dari hati adalah untuk mencairkan empedu. Di dalam hati terdapat empedu yang sangat berguna untuk membantu sistem pencernaan seperti salah satunya yaitu untuk memecahkan lemak. Salah satu kasus dari pembahasan fungsi ini adalah ketika seseorang memakan makanan yang berlemak maka hati akan dengan segera mengeluarkan cairan empedunya yang sangat berguna untuk membantu asam untuk memecahkan lemak yang terdapat di dalam lambung ( sistem pencernaan ).

2. Memproses Nutrisi

Fungsi hati yang lainnya dalam sistem ini adalah untuk dapat memproses nutrisi. Nutrisi yang di proses ini awalnya berasal dari dalam makanan yang dimakan kemudian oleh lambung dan juga usus halus memproses makanan tersebut sehingga ketika selesai dalam memproses makanan makan hasil dari prosesan tersebut dimenempel di dinding usus yang kemudian bergerak menuju hati yang dalam hati inilah sebagai pemroses nutrisi yang kemudian di salurkan pada sistem-sistem yang lain yang memerlukan.

3. Penghasil Gula Darah

Hati salah satu fungsinya yaitu sebagai penghasil kadar gula darah ( “ glukosa “ ).Glukosa paling anyak berada di dalam hati dan glukosa yang ada di dalam hati ini kemudian digunakan untuk proses sistem pencernaan.

Fungsi Hati

Fungsi hati dalam arti di sini yaitu secara keseluruhan baik itu untuk system pencernaan maupun untuk system ekskresi pada tubuh. Penjabaran mengenai fungsi hati ada disini :

  1. Sebagai detoksifikasi( sebagai penawar atau penetral untuk racun ).Hati menurut fungsi ini dapat menghilangkan racun-racun yang terdapat di dalam tubuh contohnya yaitu alcohol dan juga obat-obatan.
  2. Pembuat protein plasma , plasma darah itu sendiri berwarna bening  yang terdiri dari bahan-bahan organik dan juga anorganik seperti  oksigen,hydrogen,nitrogen dan kebanyakan dari protein plasma  banyak sekali mengandung sulfur. ( baca juga : Perbedaan Pencernaan Kimiawi dan Mekanis )
  3. Pengontrol sirkulasi tubuh. Setiap yang hidup pasti memiliki darah,darah ini dikontrol oleh hati seperti arteri dan vena.
  4. Dengan bantuan hermatin dapat menyempurnakan sel darah merah.
  5. Membuang zat-zat yang tidak baik untuk tubuh ( zat bilirubin ) melalui system ekskresi.
  6. Sebagai media untuk penyimpanan mineral yang diperlukan di dalam system peredaran darah salah satu contohnya yaitu zat besi.
  7. Sebagai pengontrol gula darah dalam artian disini menyimpan glikogen ( gula otot ) sebagai hasil daripada pengubahan dari glukosa karena hormone insulin.
  8. Hati di fungsikan sebagai pengeluar atau pemanggil  protrombin dan juga fibrinogen untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah.
  9. Menyimpan zat makanan yang sebelumnya sudah diabsorsi di dalam usus. Zat makanan ini di simpan untuk dibutuhkan pada masa-masa tertentu.
  10. Sebagai pembuang kelebihan pembuluh darah di dalam tubuh contohnya adalah kolesterol.
  11. Membantu empedu dalam mencairkan  empedu yang asalnya dari sel darah yang sebelumnya telah mengalami perombakan di dalam hati yang nantinya akan mengemulsikan lemak di dalam makanan. Perlu di ketahui bahwa empedu setiap harinya dapat menghasilkan 0.5 liter empedu, empedu juga memiliki warna tersendiri yaitu berwarna hijau dan juga rasanya pahit.
  12. Menyimpan vitamin seperti vitamin A,D,E,K. jenis vitamin ini merupakan vitamin yang larut akan lemak. Selain itu juga, terdapat vitamin b12 dan juga menyimpan mineral. Penyimpanan vitamin yang larut dalam lemak memiliki cadangan penyimpanan yang berbeda seperti vitamin A ( cadanganya sekitar 1 s/d 2 tahun ), vitamin D ( cadangannya sekitar 1 s/d 4 bulan ) sedangkan untuk vitamin B12 memiliki cadangannya sekitar  1 s/d 3 tahun lamanya.

baca juga :

Mengenal Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang kita tahu yaitu fungsinya di dalam tubuh adalah untuk mencerna makanan sehingga menjadi halus lalu kemudian hasil akhirnya dibuang melalui dubur. Sistem pencernaan ini menyiapkan makanan yang dapat digunakan oleh ratusan juta sel di dalam tubuh karena makanan yang kita makan tidak dapat menyentuh sel kecuali telah di modifikasi oleh sistem pencernaan. Dari modifikasi ( pencernaan ) ini juga bergantung pada eksorkin dan sekresi endokrin  dan juga gerakan yang berasal dari makanan melalui saluran pada sistem pencernaan. Berikut ini akan dijabarkan sedikit bagian bagian dari system pencernaan yang nantinya akan berhubungan dengan fungsi hati itu sendiri. ( baca juga : Fungsi Bulu Mata)

1. Mulut

Mulut digunakan sebagai alat untuk masuknya makanan yang nantinya akan di proses oleh bagian yang lain pada system pencernaan. Masuknya makanan diawali dengan mulut atau rongga mulut lalu kemudian selaput lender berjajar. bibir atau kata lainnya labia melindungi bagian luar dari proses masuknya makanan sementara pipi membentuk dinding lateral, langit langit keras dan juga langit langit yang lunak yang berbentuk anterior ataupun posterior. Makanan pertama diproses oleh gigi terutama gigi yang berbentuk anterior.

Porsi pada makanan yang dikunyah ini ditahan dan juga dibantu oleh kelenjar saliva kemudian dalam meninggalkan makanan bolus juga harus bisa melewati saluran pernapasan ( trakea ) dengan berbagai mekanisme yang sulit yang biasa kita kenal adalah menelan.Dikatakan sulit disini karena kita harus bisa memastikan bahwa makanan ini tidak masuk ke dalam tenggorokan untuk itu dilarang berbicara ketika hendak makan.

2. Kerongkongan

Merupakan saluran pencernaan selanjutnya yang dapat di bagi menjadi beberapa struktur yaitu :

  • Mukosa : lapisan yang paling dalam dan juga lembab,epitel an juga ditambah jaringan ikat kecil dan juga otot polos.
  • Submukosa : lapisan yang berbentuk lunak, mengikat pada lapisan jaringan,pembuluh darah,saraf dan juga pembuluh limfa.
  • Muskularis ekterna : lapisan dengan ciri yaitu melingkar.
  • Cairan serosa : cairan yang dapat memproduksi lapisan tunggal.

3. Lambung

Tempat dari makanan itu di cerna dan sebagian dari sari sari makanan itu di serap untuk  diedarkan untuk menjadi  sumber energy bagi tubuh.Lambung di bagi menjadi  beberapa daerah yaitu daerah kardia, daerah fundus dan juga pylorus.

4. Usus halus

Mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menyerap nutrisi yang sebelumnya berada di dalam pada saat makanan tersebut di cerna,makanan ini dipecah menjadi beberapa cairan yang kemudian masuk kedalam usus halus bersama darah.


5. Pancreas

Fungsi dari bagian system pencernaan ini adalah menghasilkan enzim pencernaan dan juga menghasilkan beberapa hormone atau fungsi ini biasa di sebut sebagai endoktrin, selain itu juga pancreas melalui pengeluaran  glucagon dapat mengatur kadar gula  di dalam darah, dapat juga menambah kadar gula di dalam darah  dengan cara mempercepat tingkat pelepasan dari hati .

6. Usus Besar

Untuk fungsinya usus besar dan juga usus kecil memiliki beberapa fungsi yang sama yaitu untuk mencerna segala apapun yang masuk ke dalam system pencernaan, untuk usus besar itu sendiri  fungsinya adalah untuk  penyerapan air dan juga limbah padat  yang berada di dalam anus.

7. Rectum dan Anus

Bagian ini merupakan yang paling akhir, untuk melakukan pembuangan biasanya ada di dalam bagian anus karena fungsi alat ini adalah mengeluarkan kotoran atau makanan yang sudah tidak digunakan lagi yang sari sari nya sudah di ambil sedangkan untuk rectrum itu sendiri adalah ruangan kosong yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpannya kotoran didalam tubuh yang letaknya ada pada ujung usus besar sehingga apabila kotoran mengisi rectrum maka akan timbul rasa ingin buang air besar.

Dari paparan atau penjelasan yang sudah saya berikan mengenai “ fungsi hati dalam sistem pencernaan “ maka yang dapat di simpulkan  dari penjelasan ini adalah hati merupakan organ vital yang sangat bermanfaat untuk proses yang ada di dalam tubuh termasuk salah satunya adalah sistem pencernaan. Untuk sistem pencernaan itu sendiri fungsi hati adalah untuk mencairkan empedu sehingga dapat meminimalisir adanya kelebihan lemak yang ada di dalam tubuh kita yang manfaatnya tidak ada.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors