Sponsors Link

5 Fungsi Bulu Mata bagi Manusia

Mata merupakan bagian anggota tubuh yang termasuk indera penting. Mata merupakan panca indera manusia yang merupakan indera penglihatan yang dengannya kita bisa melihat indahnya dunia serta seisinya. Pada bagian mata banyak bagian-bagian mata yang mempunyai tugas dan fungsi masing-masing dalam membantu untuk menjaga kesehatan mata. Bagian bagian mata diantanya ada bola mata, kelopak mata, serta bulu mata.

Bulu mata merupakan bagian yang terdapat pada ujung luar kelopak mata yang terdiri dari rambut-rambut halus yang tumbuh rapi sepanjang kelopak mata. Bulu mata antara satu orang dengan orang lain berbeda karena memang banyak jenis dari bentuk bulu mata, ada yang lentik, lurus, pendek panjang dan bentuk kombinasi dari yang telah disebutkan. Bulu mata yang akan menambah kecantikan seseorang yaitu bulu mata dengan bentuk panjang dan lentik.

Banyak wanita yang berusaha untuk membuat bentuk bulu matanya menjadi indah agar menambah cantik dan menarik penampilannya sehingga banyak wanita yang menggunakan bulu mata palsu. Sebenarnya tanpa bulu mata palsu pun, bulu mata yang asli pemberian Tuhan mempunyai manfaat dan fungsi yang baik untuk melindungi mata kita dari berbagai bahaya yang dapat merusak mata serta tidak mengganggu cara kerja mata. Tuhan telah menciptakan bagian-bagian anggota dari tubuh kita dengan manfaat dan fungsi masing-masing sehingga dapat saling melengkapi dan bekerja sama.

Beberapa manfaat dan fungsi  bulu mata yaitu:

  1. Melindungi mata dari debu

Mata kita merupakan organ vital yang sangat perlu dijaga kesehatannya, karena tanpa mata yang sehat kita tidak bisa menikmati banyak pemandangan ciptaan Tuhan. Sebenarnya tanpa kita sadari Tuhan telah menciptakan mata kita satu paket dengan pelindungnya yaitu bulu mata. Bulu mata yang menempel pada ujung bagian luar kelopak mata kita bukan hanya sebagai hiasan tanpa mempunyai fungsi, tetapi bulu mata kita mempunyai fungsi yang sangat luar biasa yaitu dapat melindungi mata kita dari berbagai bahaya yang dapat masuk ke mata seperti debu. Debu yang hendak masuk kemata maka akan tersaring dan terhalangi oleh bulu mata sehingga tidak masuk kemata. Jika debu masuk ke mata maka dapat membahayakan kesehatan mata dan merusak mata. Beberapa penyakit mata yang disebabkan oleh debu seperti mata merah, kering dan belekan.

  1. Menghalangi hewan kecil yang hendak masuk kemata

Ketika kita melakukan perjalanan sering kali banyak hewan kecil yang berterbangan dijalan. Apalagi kalau kita menggunakan sepeda motor maka sering sekali mata kita kemasukan hewan kecil yang dapat membuat mata kita sakit. Hewan kecil tersebut sering muncul ketika sore atau malam hari. Fungsi bulu mata disini yaitu menghalangi hewan kecil yang hendak masuk kemata. Sehingga hewan tersebut akan tersangkut di bulu mata kita. Sehingga mata kita akan tetap terlindungi oleh bulu mata dari gangguan dan bahaya hewan kecil yang dapat membuat mata kita sakit.

  1. Menyaring intensitas cahaya yang masuk kemata

Mata kita walaupun sudah terbisa dengan cahaya matahari ataupun cahaya lainnya seperti lampu atau senter maka tetap berbahaya jika tidak ada organ yang menyaring sinar atau cahaya sebelum masuk kemata. Hal ini merupakan fungsi dari bulu mata yaitu menyaring setiap intensitas cahaya yang masuk kemata karena tidak semua cahaya baik untuk kesehatan mata.


Beberapa sinar ultraviolet sebenarya juga kurang baik untuk kesehatan mata. Dengan adanya bulu mata maka mata tidak secara langsung akan terkena cahaya tetapi akan disaring terlebih dahulu oleh bulu mata kemudian jika memang cahaya bersifat aman maka mata akan dapat menerima pancaran atau sinar cahaya tersebut, dan biasanya jika bulu mata cahaya berbahaya maka mata akan menolak untuk melihat cahay tersebut dengan cara menutup mata dan menghalangi cahaya tersebut masuk kemata dengan bulu mata.

  1. Menghasilkan lemak yang dapat mencegah kedua kelopak mata lengket

Didalm bulu mata terdapat suatu kelenjar yang disebut kelenjar meibow. Kelenjar meibow ini berfungsi untuk mencegah kedua kelopak mata lengket saat berkedip. Hal ini karena kelenjar meibow menghasilkan lemak yang bersifat seperti minyak sehingga menimbulkan efek tidak lengket pada mata. Hal ini sangat patut disyukuri karena kebesaran Tuhan dalam menciptakan kelenjar meibow pada bulu mata tersebut. Bayangkan jika tidak ada kelenjar meibow tersebut maka setiap kita berkedip kedua kelopak mata kita akan lengket dan susah untuk dipisahkan, maka betapa repotnya kita.


  1. Mempercantik mata

Selain mempunyai fungsi kesehatan bulu mata berfungsi mempercantik penampilan mata. Apalagi untuk seorang wanita maka bulu mata sangat mempengaruhi kecantikan dan penampilan hingga pada alat meke up sekarang terdapat bulu mata palsu yang sering kali di pasang pada mata untuk menambah kesan cantik. Bersyukurlah bagi anda yang mempunyai bulu mata panjang dan lentik maka tidak perlu memakai bulu mata palsu karena bagi orang yang tidak terbiasa memakai bulu mata palsu juaga akan sedikit merasa risih ketika memakai bulu mata palsu.

Demikian beberapa fungsi bulu mata, maka jangan sampai anda berpikiran untuk mencukur bulu mata karena sangat berfungsi untuk melindungi kesehatan mata kita.

, , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!