Sponsors Link

29 Fungsi Hati dalam Tubuh Manusia Paling Lengkap

Hati adalah organ dari salah satu tubuh manusia yaitu kelenjar yang ukurannya besar. Hati pada organ manusia berada di dalam rongga perut manusia di sebelah kanan dan berada di bawah diafragma. Selain itu hati juga memiliki fungsi yaitu sebagai salah satu fungsi hati dalam tubuh manusia adalah alat yang di gunakan untuk ekskreasi sehingga hal ini bisa disebabkan karena hati manusia dapat memecahkan dari beberapa senyawa yang juga memiliki sifat beracun sehingga akan di hasilkan : 

  • Ammonia
  • Urea
  • Asam Urat

Apabila hal itu terjadi maka bisa juga di manfaatkan sebagai nitrogen yang berasal dari asam amino.

baca juga :

Pengertian Hati

Hati atau dengan bahasa lainnya adalah liver merupakan suatu kelenjar yang terdapat di dalam tubuh yang paling besar dengan ciri cirinya yaitu bentuknya seperti baji dengan warnanya yang merah kecoklatan dengan berat sekitar 1,4 s/d 1,6 kg. Kelenjar ini terletak di bawah rongga perut di sebelah kanan yang deket dan juga dibawah diafragma. Kelenjar hati ini memiliki fungsi atau kedudukan yang sangat vital, tanpa hati makhluk hidup khususnya manusia tidak akan dapat untuk hidup maupun bertahan hidup karena hati ini dapat mengatur sirkulasi tubuh. Di Negara Yunani hati ini disebut sebagai hepat. Untuk penggantian dari fungsi hati sampai saat ini belum ada yang bisa menggantikan dalam jangka panjang tetapi untuk jangka pendek hati dapat di gantikan dengan teknik dyaling  yaitu transpalasi hati sebagai solusi untuk hati yang tepat apabila hati berhenti total untuk bekerja. baca juga :

Struktur dari Hati

Untuk struktur dari hati itu sendiri terdiri dari 4 lobus yang ke- empat nya memiliki bentuk dan juga ukuran yang berbeda beda. Hati terhubung dengan pembuluh besar yaitu : arteri hepatic dan juga pembuluh portal. Untuk arteri hepatic sistem kerjanya yaitu membawa aliran darah yang banyak mengandung oksigen menuju ke aorta sedangkan untuk pembuluh portal  sistem kerjanya dengan membawa aliran darah yang banyak mengandung nutrisi yang membawa hasil pencernaan  dari sistem gastrointestinal  begitu pula dari limpa dan juga pancreas. Arteri hepatic dan juga arteri portal ini  terbagi menjadi  kapiler kecil atau dengan kata lainnya adalah sinusoid  yang ujungnya pada lobules.( baca juga : Anatomi Tulang Manusia )

Untuk lobules sendiri  merupakan salah satu unit dari hati yang sangat berguna 1 lobulus  terbuat dari sel metabolism dasar yaitu jutaan sel-sel hepatic. Untuk mengaitkan satu sama lain/saling mempertahankan maka ditahan oleh jaringan yang bernama jaringan tissue areolar (  struktur tambahan di dalam hati yang bentuknya menyertai  saluran pembuluh seperti arteri dan juga vena  yang melalui hepatic portal ), lobules juga dapat difungsikan sebagai  kapsul fiber atau biasa disebut dengan kapsul  glisson. Untuk melindungi hati maka seluruh permukaan hati dilapisi oleh lapisan serous  yang asalnya dari peritoneum  dan juga memiliki lapisan fiber. baca juga :

Fungsi hati

Hati merupakan organ yang sangat vital, di dalam hati terdapat lebih dari 500 juta organ vital untuk keberlangsungan hidup. Berikut ini akan di jelaskan fungsi hati dalam tubuh manusia dan mengapa organ hati sangat vital atau sangat penting untuk keberlangsungan hidup:

1. Detoksifikasi

Hati di fungsikan di sini sebagai penawar dari racun, makanan dan juga minuman yang setiap hari kita konsumsi memiliki potensi adanya racun yang nantinya akan membahayakan tubuh kita. Untuk itu, hati di fungsikan sebagai penawar racun untuk setiap yang kita konsumsi yang di serap oleh tubuh bukan berarti hati dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh hanya saja hati difungsikan untuk meminimalisir racun yang masuk pada tubuh kita. Untuk menghilangkan racun itu sendiri kita harus pintar untuk menjaga asupan asupan makanan kita.( baca juga : Fungsi Katup Jantung )

2. Menyimpan Kadar Gula Darah

Glikogen atau biasa di sebut sebagai kadar gula darah ini adalah sumber energy yanga dapat membuat kita bergerak lebih aktif lagi dalam beraktifitas sementara apabila kita kekurangan kadar gula darah ini makan tubuh kita akan selalu mengalami kelelahan dan juga lemas. Fungsi yang hati tunjukan di sini yaitu sebagai penyimpan kadar gula darah apabila kadar gula ini kelebihan makan untuk menyimpan kelebihan ini adanya di dalam hati yang sewaktu waktu akan di keluarkan kembali.

3. Sekresi Birubilin

Birubilin sendiri di sini berfungsi sebagai pemberi warna pada feses dan juga urine kita hal ini lah yang dapat menentukan  kesehatan dari hati kita. Sebelum di gunakan untuk memberi warna birubilin itu sendiri harus dapat memecah senyawa sel darah merah yang dapat membahayakan  dan harus untuk segera di  keluarkan baik itu melalui feses atau pun melalui urine.(baca juga : Fungsi Hemogoblin )

4. Menyimpan Vitamin dan Mineral

Sama seperti  fungsinya menyimpan kadar gula darah, vitamin dan mineral pun disimpan apabila berlebih dan jika kekurangan maka hati akan melepaskan apa yang dibutuhkan di dalam tubuh. Untuk vitamin yang disimpan di dalam hati yaitu vitamin yang larut akan lemak A, D, E,K dan juga B12.

5. Pembentukan Sel Darah Merah

Tubuh sangat membutuhkan hati untu memproduksi sel darah merah karena sel darah merah inidalam hitungan bulan akan hancur sehingga dibutuhkan hati untuk membentuk sel darah merah yang baru.

6. Sistem Antibody

Bukan saja untuk dapat menahan racun, hati juga di gunakan sebagai pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit yang mungkin  akan menyerang  tubuh untuk itu dibutuhkan nya mekanisme pertahanan yang biasa disebut dengan sel kupffer atau system makrofag. Mekanisme ini digunakan untuk melawan bakteri atau virus yang dapat bersarang di dalam tubuh manusia dengan secara efektif. Selain sebagai anti body hati juga di fungsikan sebagai system imun yang sangat efektif untuk manusia.(baca juga : Perbedaan Plasma dan Serum Darah).

7. Pengatur kadar gula

Selain hati digunakan untuk menyimpan kadar gula, hati juga digunakan untuk mengatur kadar gula yang apabila terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh dapat menyebabkan penyakit gula darah. Kadar gula darah akan digunakan seperlunya oleh tubuh, tidak lebih maupun tidak kurang. Sealain sebagai pengatur hati juga difungsikan sebagai penghasil hormone yang dapat berhubungan dengan kadar gula darah ( glukosa ) dan juga system pencernaan.

8. Mengontrol Sirkulasi Tubuh

Selain yang telah di jelaskan diatas maka hati juga memiliki fungsi yang masih banyak lagi untuk tubuh. Salah satu fungsi hati dalam tubuh manusia yaitu Hati juga memiliki fungsi untuk sirkulasi tubuh manusia.

9. Membuat Protein Flasma

Perlu diketahui juga ternyata fungsi hati dalam tubuh manusia yaitu membuat protein flasma yang sangat di butuhkan oleh tubuh semua manusia. Anda juga harus mengetahui hal ini, karena hal ini di alami oleh semua makhluk hidup.

10. Menyempurnakan Eritrosit

Fungsi hati dalam tubuh manusia yang lain nya yaitu untuk menyempurnakan sel darah merah yang sering disebut dengan eritrosit. Untuk menyempurnakan eritrosit maka juga dengan bantuan dari beberapa zat. Yang bisa membantu yaitu zat hermatin.

11. Pembuangan zat bilirubin

Fungsi hati dalam tubuh manusia juga untuk membantu tubuh manusia untuk melakukan pembuangan zat bilirubin. Zat bilirubin ini merupakan zat yang berada di dalam tubuh manusia dan zat ini tidak baik untuk tubuh manusia jadi manusia juga harus membuang zat ini dengan melalui sistem ekskreasi.

12. Menyimpan Mineral

Hati juga memiliki fungsi yang di perlukan oleh tubuh manusia yaitu untuk menyimpan mineral. Mineral ini akan digunakan oleh sistem peredaran darah manusia, seperti hal nya yaitu zat besi.

13. Menyimpan Glikogen

Hati juga memiliki fungsi untuk menyimpan glikogen atau yang sering di sebut dengan gula otot. Gula otot bisa ada karena hasil dari perubahan yang terjadi antara glukosa sendiri. Glukosa yang di sebabkan karena hormon insulin, jadi hati juga di gunakan untuk mengontrol kadar gula darah.

14. Menghindari Penggumpalan Darah

Menghindari adanya penggumpalan darah yaitu dengan dilakukannya proses atau cara untuuk mengeluarkan protrombin dan juga fibrinogen

15. Mengubah Zat Makanan

Zat makanan diubah sesuai kegunaannya. Selain itu fungsi hati juga di gunakan sebagai pengubahan zat makanan yang terjadi pada tubuh manusia dan diaborsi pada usus manusia selanjutnya disimpan pada suatu tempat yang berada di dalam tubuh manusia

16. Menghasilkan Cairan Empedu

Fungsi hati yang satu ini yaitu untuk membantu empedu dalam menghasilkan cairan empedu. Cairan empedu ini di hasilkan dari sel darah merah pada tubuh manusia dan yang sudah di olah di dalam hati manusia. Cairan empedu pada tubuh manusia juga memiliki fungsi tersendiri yaitu untuk megemulsikan lemak yang berada di makanan. Kantong empedu ini juga bisa memberikan setengah liter setiap hari nya. Empedu pada tubuh manusia memiliki warna hijau dan memiliki  rasa yang pahit.

Fungsi hati dalam tubuh manusia yang lain nya adalah sebagai berikut ini :

17. Membuang Zat Berbahaya (Kolesterol)

18. Mengontrol Sirkulasi Hormon

19. Mengontrol Asam Amino

20. Kekebalan Tubuh

21. Membasmi Antigen dan Mikroorganisme

22. Menghasilkan Zat Imun

23. Mengontrol Komposisi darah sesuai dengan Kandungan nya.

24. Menyimpan Hermatin

25. Mengeluarkan Glukosa jika dibutuhkan

26. Pembentukan sel darah merah saat berada di dalam janin

27. Pembentukan urea

28. Menyimpan Vitamin yang larut lemak

29. Menghasilkan protrombin dan fibrinogen

Berikut adalah beberapa fungsi hati dalam tubuh yang wajib anda ketahui. Dengan beberapa fungsi yang sudah di jelaskan sehingga akan membantu anda untuk mengetahui fungsi hati yang sebenarnya dan mengetahui secara detail.

Penyakit hati

Sebagai orang yang tumbuh dengan sehat kita tidak boleh untuk menyepelekan fungsi dari hati kita, artinya kita harus senantiasa menjaga kesehatan terutama hati yang merupakan organ yang sangat vital . Jangan menunggu untuk sakit  untuk bisa menyadari bahwa hati kita sangat penting untuk di jaga. Berikut ini di jelaskan mengenai penyakit penyakit pada hati sehingga kita dapat menjaga hati edini mungkin :

  • Hepatitis

Penyakit yang muncul karena peradangan pada sel jaringan tissue untuk penyakit ini merupakan penyakit yang sering terjadi di dalam hati. Jenis penyakit ini  muncul tanpa adanya gejala apapun yang terjadi tetapi kita dapat mengetahui ciri dari penyakit ini yaitu dengan ditandainya jaundice  ( mata dan tubuh akan berwarna kuning ) . Untuk jenis penyakit ini yang kronis sama seperti yang tidak kronis tidak ada gejala yang munculkan sama sekali hanya saja dapat menimbulkan luka di dalam hati (fibernosa) dan juga kegagalan fungsi dari hati  ( cirrhosis). (baca juga : Fungsi Saraf Simpatik dan Parasimpatik)

  • Cirrhosis atau Kegagalan Fungsi Hati

Jenis penyakit yang lama yag ditandai dengan adana luka di dalam hati karena luka ini lah hati tidak dapat menyuplai darah dan juga dapat menghambat untuk proses dari  penyerapan nutrisi,protein,hormone ataupun zat yang lainnya yang diproduksi di dalam hati. Jenis penyakit ini berlangsung untuk waktu yang cukup lama yang merusak jaringan tissue.(baca juga : Fungsi Sel Schawnn  )

  • Hematochromatosis

Penyakit yang dimana hati tidak dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh kita sehingga kita akan keracunan.

  • Ascites

Jenis penyakit yang merupakan gabungan daripada cairan berwarna putih yang merupakan  racun yang ada di dalam hati.  Jenis penyakit ini akan menyebabkan kanker dan juga kegagalan fungsi dari hati itu sendiri. Untuk jenis kanker yang ditimbulkan setelah penyakit ascites  disebabkan oleh alcohol /chirrosis dan juga hepatitis. Sebagai catatan dalam dunia kedokteran paa tahun 2013 kanker jenis ini merupakan kanker  yang paling umum. Angka kematian yang di timbulkan dari penyakit ini bermacam macam tergantungdari apa yang menyebabkannya meninggal seperti  kanker yang disebabkan karena hepatitis yaitu sekitar 643.000 dan untuk jenis kanker yang disebabkan oleh alcohol berkisar 92.000.


Merawat hati

  1. Menjaga pola makan dan juga kesehatan

Perbanyaklah makanan makanan yang bergizi,buah buahan sayur sayuran ,kurangi makanan makanan yang banyak mengandung racun seperti makanan yang berminyak atau makanan  penyedap lainnya.untuk menjaga kesehatan hati maka kurangilah mengkonsumsi obat obatan yang dapat menghambat atau bahkan mempengaruhi fungsi hati,alcohol pun dapat membuat tubuh mengalami keracunan apabila dikonsumsi terlalu banyak untuk itu jagalah hati karena hati dapat mempunyai fungsi yang sangat vital. Untuk mengetahui  bahwa hati kita berfungsi dengan baik tanpa adanya ciri ciri penyakit maka diketahui lewat urine kita jika urine semakin berwarna kuning maka itu merupakan indikasi adanya pola kehidupan kita yang salah yang dapat menyebabkan fungsi hati kita terganggu .

  1. Melakukan pemeriksaan fungsi hati

Untuk mengetahui kondisi hati atau liver kita selain dengan urine , dapat pula dengan melakukan pemeriksaan hati   untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Untuk dapat mengetahui jenis penyakit yang ada di dalam tubuh kita maka dibutuhkan sample darah kita untuk pemeriksaan.( baca juga : Alat-Alat Pernafasan Pada Manusia ) Berikut senyawa yang dapat tes sehingga memudahkan kita untuk mengetahui bagaimana cara merawat hati selanjutnya :

  • Albumin

Merupakan protein utama yang di produksi oleh hati dan kemudian masuk ke dalam sirkulasi darah . Kekurangan albumin ini dapat disebabkan dari kekurangan gizi untuk itu perbanyak makanan yang bergizi untuk dapat menunjang senyawa albumin.

  • Birubilin

Senyawa yang di bentuk melalui hemoglobin, senyawa ini yang memberikan warna pada urine dan juga feses begitu pula dengan cairan empedu yang berwarna kehijauan. Kelebihan birubilin ini akan menyebabkan penyakit kuning ( jaudine) yang disebabkan karena terlalu banyaknya mengkonsumsi alcohol dalam jangka yang panjang ,untuk perawatan maka kurangilah mengkonsumsi alcohol sehingga tidak akan terkena penyakit kuning yang ditimbulkan akibat kelebihan birubilin .

baca juga :

Berdasarkan artikel fungsi hati dalam tubuh manusia yang sudah di jabarkan di atas maka menjaga hati ini sangat penting, hati yang merupakan organ vital yang memiliki banyak fungsi di dalam tubuh manusia  ini perlu untuk di jaga agar tidak dapat menghambat proses kerja yang nantinya akan diberikan untuk tubuh.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Manusia
Search

Our Sponsors


Dosen Talks

Kompas.com, Tempo.co, Kpu.go.id Menangkan 02 ?
Kurang Kredible Apa Web ini..!!