Sponsors Link

Daur Hidup Rumput Laut dan Penjelasannya Paling Lengkap

Rumput laut. Tentunya sobat semua sudah pernah melihat atau bahkan sudah sering mengonsumsi makanan yang berbau atau yang terbuat dari rumput laut ya sobat, karena memang rumput laut ini dikenal sangat tinggi akan vitamin C serta dapat mencegah penuaan dini. Oleh karena fungsinya tersebutlah banyak makanan yang terbuat dari ekstrak rumput laut yang sudah sering kita konsumsi ya sobat.

Nah sobat semua, pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan informasi kepada sobat semua mengenai daur hidup rumput laut itu sendiri. Tentunya sobat semua penasaran kan dengan daur hidup tumbuhan bawah laut yang satu ini, untuk itu yuk kita simak ulasan berikut ini dengan sekasama.

Daur Hidup Rumput Laut

Daur hidup rumput laut termasuk salah satu tumbuhan yang memiliki atau tergolong dalam tanaman tingkat rendah yang masuk dalam divisi Thallpohyta. Dari segi morfologi, antara fungsi akar pada tumbuhan, batang dan bagian bagian daun tidak bisa dibedakan, karena bentuknya hanya menyerupai batang yang lebih dikenal dengan sebutan tallus. Biasanya bentuk tallus dalam rumput laut bermacam –  macam, antara lain ada yang berbentuk bulat seperti tabung, pipih, gepeng, bulat seperti kantong dan rambut.

Proses Perkembangbiakan Rumput Laut

Adapun untuk proses perkembang biakan dan klasifikasi rumput laut ini dilakukan dengan dua jenis, yaitu antara seksual dan seksual.

  • Perkembangbiakan Seksual

Adapun untuk perkembang biakan seksual pada umumnya dilakukan dengan cara anisogami dan oogami yang mana keduanya juga sering disebut dengan hetergomi. Pada perkembang biakan yang satu ini, gamet –  gamet yang dihasilkan oleh rumput laut khususnya gametangia terdiri atas dua macam, yaitu spermatangia ( antheridium ) yang nantinya akan menghasilkan sperma, dan oogimium yang menghasilkan sel telur, yang nantinya akan menghasilkan keturunan rumput laut yang lainnya. Tidak jauh berbeda dengan tumbuhan lain pada umumnya ya sobat.

  • Perkembangbiakan Aseksual

Sedangkan untuk proses perkembang biakan aseksual yaitu berupa suatu individu baru melalui perkembangan spora, nah sobat ternyata bukan hanya tumbuhan sejenis pakis saja yang memiliki spora, pembelahan sel dan fragmentasi. Nah sobat semua, ternyata tumbuhan laut yang satu ini pun ada sporanya.

Adapun perkembang biakan melaui spora ini diproses melalui pembentukan gametofit dari tertaspora yang dihasilkan dari tetrasporofit. Tipe pembiakan ini umumnya lebih cenderung terjadi pada perkembang biakan rumput laut tersebut. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, fungsi dari tumbuhan rumput laut ini sangatlah besar dan tentunya sudah dapat kita rasakan bersama ya sobat. jenis jenis rumput laut juga banyak lo sobat, semuanya bisa dimanfaatkan oleh manusia.


Selain memang fungsinya untuk kesehatan, tumbuhan yang satu ini juga sering digunakan dalam proses pembuatan kosmetik atau suplemen kecantikan. Jika untuk makanan, tidak usah diragukan lagi ya sobat, rumput laut ini sudah sering kita konsumsi setiap harinya, karena memang rumput laut ini pun sangat bermanfaat bagi kelancaran pencernaan.pembudidayaan rumput laut juga tidak sulit kok sobat, namun diperlukan perawatan yang intensif.

Nah sobat semua, sudah tau ya bagaimana proses daur hidup rumput laut tersebut, menarik ya untuk kita  bahas lebih lanjut. Sekian informasi yang boleh penulis share pada kesempatan kali ini ya sobat mengenai daur hidup rumput laut, semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat semua. Sampai bertemu di artikel berikutnya, salam hangat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan