Sponsors Link

Daur Hidup Kantung Semar dan Penjelasannya Paling Lengkap

Kantong semar. Apakah sobat semua sudah pernah mendengar nama tanaman yang satu ini sobat, atau apakah sobat semua sudah pernah melihat tanaman yang satu ini? Kantong semar merupakan salah satu tumbuhan yang bisa dikatakan unik ya sobat karena memiliki kantong yang difungsikan untuk menangkap mangsanya. peran cahaya dalam mempengaruhi pertumbuhan tanaman kantung semar sangatlah penting sobat. Oleh karena itu tanaman itu terus menjalar menuju tempat sinar matahari berada.

Nah untuk lebih jelasnya mengenai informasi tentang kantong semar ini, pada kesempatan kali ini penulis akan membahasnya lebih dalam mengenai daur hidup kantong semar tersebut. Mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama yuk sobat.

Definisi Dari Kantong Semar

Kantong semar ( Nepenthes sp ) merupakan salah satu tanaman karnovira dan menetap di Indonesia. Kantong semar ini merupakan jenis tanaman pemanjat dan menjalar. Adapun asal muasal kantong semar ini berasal dari anatomi daun yang mengalami modifikasi sehingga bentuknya menyerupai kantong.

Nah dari sinilah asal muasal kenapa tanaman ini disebut dengan kantong semar. Adapun kantong tersebut nantinya akan dijadikan atau digunakna untuk menangkap serangga, kodok kecil dan serangga kecil yang lainnya yang menurutnya layak untuk dimangsanya.

Jenis Kantong Pada Kantong Semar

Adapun kantong dari tanaman ini terdiri atas 3 jenis, yaitu kantong atas, kantong bawah dan kantong roset. Ketiga jeni skantong ini dimiliki oleh tumbuhan kantong semar ini tergantung dari jenis tanamannya.

  • Kantong Bagian Atas

Kantong atas hanya dimiliki oleh jenis tanaman yang sudah dewasa, biasanya warnanya tidak terlalu mencolok dan kantong ini akan digunakan untuk menangkap mangsa seperti serangga yang sedang terbang di atasnya.

  • Kantong Bagian Bawah

Kantong bawah biasanya dimiliki oleh tanaman yang masih muda yang kantongnya tergeletak di atas tanah. Kantong bawah ini meiliki sayap yang nantinya akan digunakan oleh semut unutk memanjat kantong semar tersebut yang nantinya semut tersebut akan jatuh dan akan dicerna oleh si kantong semar tersebut.

  • Kantong Roset

Sedangkan untuk kantong roset, terdapat pada tumbuhan kantong semar yang memiliki daun seperti roset. Jadi sudah lengkap ya sobat jens dan fungsi dari ketiga kantong ajaib yang dimiliki oleh tanaman kantong semar tersebut.

Seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, tumbuhan karnivora yang satu ini menangkap makanannya seperti serangga, kodok kecil dan berbagai hewan kecil yang lainnya melalui kantong ajaibnya tersebut. Tidak hanya hewan saja ya sobat yang mempunyai kategori contoh hewan karnivora, namun tumbuhan ternyata juga ada. Selain itu, tumbuhan ini memproduksi beberapa kelenjar nectar yang posisinya berada di bawah tutup dan di dalam mulut kantong semar tersebut.


Adapun kelenjar ini berfungsi untuk menarik perhatian serangga atau binatang lain untuk mendekati tumbuhan yang satu ini, yang kemudian nantinya akan ditangkap dan dimakan olehnya. Pada umumnya, diatas permukaan kantong tersebut terdapt beberapa bulu yang fungsinya untuk mendeteksi serangga yang akan dia makan. Serangga yang sudah masuk dalam kantung semar, maka fungsi kantung udara serangga menjadi tidak berfungsi lagi karena sudah terjerat dan mati.

Adapun serangga atau hewan kecil yang hinggap pada bulu –  bulu atau permukaan kantong semar tersebut akan langsung tergelincir karena adanya kelenjar nectar yang sangat licin tersebut sebagai umpan atau sebagai bahan penarik perhatian calon mangsanya agar mendekatinya. Wah hebat ya sobat tumbuhan yang satu ini.

Sekian informasi yang boleh penulis share pada kesempatan kali ini sobat mengenai daur hidup kantung semar, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Salam hangat dari penulis.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan