Sponsors Link

Hormon Nitrid Oksida pada Tumbuhan

Hello sobat semua yang terkasih kembali lagi bertemu dengan penuli nih sobat yang tentunya selalu setia menemani waktu luang anda bersama kelaurga tercinta.  Lebih lengkap rasaya apabila berkumpul dengan keluarga tercinta dan melakuakn aktivitas ynag produktif seperti membaca ya sobat,

oleh karena itulah penulis masih setia menulis berbagai artikel ini untuk menemani waktu luang serta menambah wawasan sobat semua dalam berbagai hal. Oke sobat yang terkasih, tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini penulis masih akan membahas mengenai salah satu jenis hormon yang ada pada tumbuhan.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, bukan hanya manusia dan hewan saja yang memiliki hormon dalam tubuhnya, namun tumbuhan juga demikian yang mana nantinya hormon tersebut akan bermanfaat untuk menunjang efektivitas atau perkembangan dari tumbuhan itu sendiri dimana pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan diperankan semua jaringan.

Salah satu ejnis hormon pada tumbuhan yang akan kita bahas pada postinagn kali ini yakni mengenai Hormon Nitrid Oksida pada Tumbuhan. Untuk ulsan selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Adapun yang dimaksud dengan hormon nitrid oksida ada;ah sejenis hormon yang terdapat pada tumbuhan yang terbuat dari senyawa anomonum.

Pada umumnya hormon nitrit ini tercipta oleh adanya reduksi nitrat pada tumbuhan itu sendiri sebagaimana faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Sementara itu sobat, reduksi nitrat pada tumbuhan sebelum menghasilkan nitrat berlangsung dalam dua tahapan, yakni sebagai berikut :

  • Reduksi Nitrat Membentuk Senyawa Nitrit.

Adapun reaksi yang satu ini berlangsung di dalam plasma dengan bantuan enzim nitrat redukatese (  NR ) . enzim ini merupakan sejenis enzim molybdoflavoprotein yang mmapu mengatur kecepatan pembentukan protein pada tumbuhan yang menggunakan NO3 sebagai sumber nitrogennya seperti  pada  contoh gerak endonom pada tumbuhan.

  • Reduksi Nitrit Menjadi Senyawa Amnonium.

Adapun reaksi ini terjadi apda kloroplas ( pada daun tumbuhan ) atau bisa juga terjadi pada proplastida ( pada akar tumbuhan ) dengan mengguakan enzim nirit reductase sebagai katalisnya. Adapun reduksi nitrat pada katalis oleh enzim nitrat reductase sangat tergantung dari aktivitas nitrat redktase tersebut.

Aktivitas reductase nitrat tersebut ditentukan oelh knsentrasinya. Kadar NO3 dalam sel dan cahaya juga dapat memacu aktivitas enzim nitrat reductase tersebut. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari hormon nitrid oksida antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai hormon yang berfungsi untuk pengatur sinyal dalam merespon pertahanan dan perkembangan pada tumbuhan.
  2. Sebagai hormon yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan tumbuhan terhadap serangan patogen.
  3. Sebagai hormon yang berfungsi untuk mempercepat pembentukan protein pada tumbuhan.
  4. Sebagai hormon yang berfungsi untuk membantu terjadinya fotosintesis pada daun dengan adanya bantuan sel dan juga cahaya pada tumbuhan tersebut.

Itulah beberapa fungsi penting dari hormon nitrid oksida tersebut.

Sebagai pengatur dan pendukung faktor fisiologis pada tumbuhan, maka hormon nitrid oksida ini sangat dibutuhkan keberadaanya oleh tumbuhan. Memang hormon nitrid oksida ini tidak begitu terkenal seperti jenis hormon yan lain pada umumnya, namun funsginya tersebut sangat memiliki peranan penting terhadap perkembangan tumbuhan tersebut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai hormon nitrid oksida yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Terima kasih buat sobat yang sudha meluangkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa membuat wawasan anda luas. Sampai jumpa sobat, salam.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan