Sponsors Link

Hormon Karrikin pada Tumbuhan

Hello guys, apa kabar?  Semoga sobat semua selalu dalam keadaan baik –  baik saja dan selalu dalam keadaan berbahagia ya sobat, sama seperti penulis yang tentunya juga berbahagia pada saat mennulis artikel kali ini buat sobat semua. Penulis juga sudah menyediakan ulasan yang menarik yang cocok untuk and abaca bersama keluarga tercinta, yakni mengenai hormon pada tumbuhan.

Seperti yang sudah pernah penulis ulasan pada postingan sebelumnya, bahwasanya ada begitu banyak jumlah hormon yang terdapat pada tumbuhan yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda –  beda sau dengan yang lainnya baik itu pada tumbuhan yang hidup di dataran tinggi dan rendah. Namun yang paling pentig dari itu semua adalah bahwasanya semua jenis hormon tersebut memiliki tujuan yang sama yakni untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan itu sendiri secara fisiologinya.

Oke sobat semua, adapun materi atau pembahasan yang akan kita kaji pada postingan kali ini yakni mengenai salah satu dari berbagai jenis hormon yang terdapat pada tumbuhan tersebut dengan semua ciri khusus tumbuhan, yakni Hormon Karrikin pada Tumbuhan. Untuk informasi selengkanya mengenai hormon karrikin tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang dimaksud dengan hormon karrikin adalah salah satu jenis hormon yang terdapat pada tumbuhan yang merupakan sekelompok regulator tumbuhan yang ditemukan atau ada yang diakibatkan oleh terbakarnya   bagian atau satu tumbuhan yang berfungsi sebagai stimulan perkecambahan biji sehingga timbul ciri ciri tumbuhan biji.

Atau dengan kata lain hormon karrikin ini merupakan sekelompok regulator pertumbuahn tanaman yang dtemukan dalam asap dari bahan tanaman yang terbakar.  Hal ini bisa dbuktikan dari adanya asap kebakaran dari hutan yang berpengatuh pada perangsangan perkemcambahan biji yag terdapat pada sekitar daerah hutan yang terbakar tersebut.

Belakangan ini, senyawa yang berakitan erat dengan hormon karrikin tersebut ditemukan dalam asap, dan secara kolektif  dikena sebagai hormon karrikin. Adapun jenis dari kolektif hormon karrikin tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  1. KAR 1
  2. KAR 2
  3. KAR 3
  4. KAR 4
  5. KAR 5
  6. KAR 6

Diantara jenis hormon karrikin tersebut unsur yang paling aktif adalah KAR 1 dan KAR 4. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari hormon karrikin ,  antara lain sebagai berikut :

  1. Sebagai hormon yang berfungsi untuk merangsang perkecambahan biji akibat adanya unsur terabkar pada sebagian atau keseluruhan dari sebuah tanaman.
  2. Sebagai hormon yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan biji tanaman
  3. Sebagai hormon yang berfungsi untuk mempengaruhi pembiusan photomorphogenesi
  4. Sebagai hormon yang berfungsi untuk menghasilkan hipokotil pada tanman yang lebih pendek dan kotiledon yang lebih besar.
  5. Sebagai hormon yang berfungsi untuk perkembangan daun pasaca adanya kebakaran pada sebagian atau keseluruhan dari sebuah tumbuhan.
  6. Sebagai hormon yang berfungsi untuk mempengaruhi aspek yang lainnya pada tumbuhan secara keseluruhan.

Itulah sobat beberapa fungsi dari hormon karrikin pada tumbuhan. Selaian itu sobat, aktivitas hormon karrikin pada tumbuhan membutuhkan protein F- box bernama More Axilarry growth 2 yang merupakan homoloh dari protein yang diperlukan hormon karrikin untuk pensinyalan untuk melkauakn fungsi dan perannya pada tumbuhan.

Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pda postingan kali ini. Terima kasih buat sobat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi penambah wawasan buat sobat semua. Sampai ketemu diartikel selanjutnya . Salam hangat.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan