Sponsors Link
     Sponsors Link

Ciri Khusus Tumbuhan Terlengkap Beserta Penjelasannya

Sponsors Link

Tuhan menciptakan mahluk hidup sekaligus dengan sumber makanan yang dibutuhkan oleh mahluk hidup itu sendiri. Berbagai macam mahluk hidup yang ada didunia ini mulai dari manusia, hewan, dan tumbuhan. Semuanya saling ketergantungan satu sama lain.

ads

Manusia memerlukan hewan sebagai sumber makanan, misalnya daging sapi, daging ayam, ikan, telur dan sebagainya. Selain itu, manusia juga memerlukan tumbuhan sebagai sumber karbohidrat dan serat untuk memperlancar pencernaan pada tubuh. Begitu juga mahluk hidup lainnya, memerlukan makhluk hidup lain untuk bisa tetap hidup yaitu dengan melakukan proses makan dan dimakan.

Tuhan baik sekali kan? menciptakan kita sebagai manusia, sekaligus dengan makanan yang kita butuhkan.Tuhan hanya menyediakan, tapi yang mengusahakan untuk mendapatkan makanan, ya kita sendiri. Kita diwajibkan untuk bekerja atau berusaha, supaya kebutuhan akan makanan bisa terpenuhi. Baca juga mengenai ciri ciri tumbuhan paku.

Baiklah sekarang kita akan membahas mengenai ciri khusus tumbuhan. Lalu apa saja yang menjadi ciri khas suatu tumbuhan, mari kita simak berikut ini. Tapi kita hanya akan membahas beberapa ciri khas tumbuhan saja, soalnya tumbuhan itu banyak sekali, kalo semuanya dibahas gak akan kelar sehari, dua hari.

Tumbuhan Kaktus

Siapa yang tidak tau dengan tumbuhan yang satu ini, hidupnya ditempat panas/gersang dan karakteristiknya yang aneh sekali, daun, batang dan akarnya yang cenderung berbeda dengan tumbuhan lainnya. Kaktus memiliki daun yang berbentuk duri. Masa sih ? ya berarti itu duri, bukan daun.

Mungkin kita mengira duri yang ada pada tumbuhan kaktus itu adalah duri, tapi kenyataan nya duri yang kita lihat di tanaman kaktus adalah bagian daun yang dimiliki oleh tumbuhan kaktus itu sendiri. Daun kaktus mengalami perubahan bentuk (modifikasi) menjadi duri. Perubahan tersebut berfungsi untuk mengurangi penguapan yang terjadi didaun. Karena tempat hidupnya dicuaca panas maka perlu sekali tumbuhan ini untuk menghemat cadangan air. Baca juga mengenai akibat kurang air bagi tumbuhan.

  • Kaktus Memiliki Batang

Tempat hidupnya di tanah yang gersang, maka dari itu tanaman kaktus perlu menyimpan cadangan air, supaya bisa tetap hidup. Cadangan air tumbuhan kaktus disimpan dibagian batang. Pada bagian batang tumbuhan kaktus terdapat lapisan lilin yang berfungsi untuk mengurangi penguapan air yang ada didalam batang. Sehingga penguapan pada batang tidak terlalu berlebih dan cadangan air tidak cepat habis.

Selain itu kaktus juga memiliki jaringan spon yang ada dibagian batang yang berfungsi untuk menyerap air saat hujan tiba dan memakainya ketika kemarau datang. Semua itu dapat kita lihat, ketika musim hujan datang bagian batang tanaman kaktus akan menggembung karena sedang mengisi cadangan air.

Sebaliknya jika musim kemarau tiba bagian batang akan mengerut karena cadangan air yang telah berkurang. Jadi biarpun musim kemarau tiba, tanaman kaktus bisa tetap hidup karena cadangan air yang tersimpan dibagian batang bisa bertahan selama dua tahun lamanya. Baca juga mengenai akibat kekurangan cahaya pada tumbuhan.


  • Kaktus Memiliki Akar

Bagian akar pada tanaman kaktus berfungsi untuk mencari sumber air sebanyak-banyaknya dan menyerap zat hara yang terdapat didalam tanah. Dari fungsinya itu, akar yang terdapat pada tumbuhan kaktus memiliki ukuran yang panjang karena untuk memudahkan dalam mencari sumber air.

Tumbuhan Teratai

Tanaman jenis ini hidupnya di sungai atau rawa, bunga dan daun yang mengapung dipermukaan air. Tetapi akar dari tumbuhan teratai ini letaknya berada didasar air, karena berfungsi untuk memudahkan proses penyerapan zat makanan. Jadi tumbuhan jenis ini hidup dan tumbuh diair dan semua kegiatannya dilakukan diair.

Bagian batang yang berongga berfungsi untuk menyalurkan oksigen dari daun kebatang yang digunakan untuk bernafas dan juga untuk memudahkan teratai hidup dipermukaan. Selain itu, bagian tangkai yang terdapat dibagian tengah-tengah daun memiliki tujuan sebagai keseimbangan bila terkena goyangan (meskipun hidupnya di air yang tenang).

Daun yang berbentuk bundar berfungsi supaya daun bisa mengambang di permukaan air dan bantuan daun yang tipis serta lebar bertujuan untuk mempercepat proses fotosintesis atau untuk proses penyerapan cahaya matahari.

Tumbuhan Kantong Semar

Jenis tumbuhan ini tumbuh ditempat yang kurang mendapat nitrogen contohnya di rawa-rawa. Karena kurangnya nitrogen mengakibatkan tumbuhan ini memakan serangga untuk memenuhi kebutuhannya. Kebiasaannya memakan serangga menjadikan tanaman ini dikenal sebagai tumbuhan insektivora yaitu tumbuhan pemakan serangga.

Sesuai namanya kantong semar memiliki kantong yang berfungsi untuk menangkap serangga. Kantong tersebut berbentuk piala yang terletak dibagian ujung daun. Saat serangga masuk ke dalam kantong, maka kantong akan menutup dan kemudian tumbuhan kantong semar akan mengeluarkan enzim yang dapat membunuh serangga tersebut.

Kantong semar dapat menghasilkan nektar yang sangat manis dan harum. Bagian dalam daun akan mengeluarkan nektar (bahan pembuat madu) yang bertujuan untuk menarik serangga supaya datang dan hinggap di daun, kemudian kantong akan menutup.

Ciri lain dari tumbuhan ini adalah kantong semar memiliki cairan pencerna serangga. Cairan tersebut berada di daun dan mengandung enzim tripsin juga pepsin yang bisa melarutkan serangga.

Tumbuhan Putri Malu

Jenis tumbuhan ini, jika disentuh daunnya akan menutup karena adanya respon yang diakibatkan oleh sentuhan. Reaksi tersebut bertujuan sebagai salah satu cara tumbuhan melindungi diri dari adanya ancaman predator lain yang ingin memakan daun.

Tumbuhan putri malu memiliki duri yang terletak pada bagian batang. Bagian batang pada tumbuhan putri malu biasanya ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna hijau. Pada batang yang berwarna merah terdapat duri yang jarang, sedangkan yang berbatang hijau sebaliknya. Fungsi duri yang terdapat di batang sama seperti daun yaitu untuk melindungi diri.

Tumbuhan Bunga Mawar

Walaupun tanaman ini memiliki duri, bunga mawar disukai banyak orang karena keindahannya. Terdapat beberapa morfologi bunga mawar dan ciri khusus yang dimiliki tumbuhan bunga mawar diantaranya terdapat 5 kelopak mahkota bunga, daun yang berselang yang bertujuan untuk menumpu, batangnya yang berduri berfungsi untuk melindungi diri dari musuh. Ciri yang terakhir adalah mengeluarkan bau yang harum tujuannya untuk menarik makhluk hidup lain.

Itulah beberapa ciri khusus tumbuhan yang bisa kita bahas hari ini, semoga dapat menambah pengetahuan pembaca semua. Bila ada kekurangan mohon dimaafkan. Sampai ketemu di pembahasan berikutnya. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 05th, December 2017 / 04:36 Oleh :
Kategori : Tumbuhan