Sponsors Link

Hormon Peptida pada Tumbuhan

Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan,  kembai lagi bertemu dengan penuli nih sobat yang selalu senantiasa menemani waktu luang sobat semua bersama keluarga tercinta tentunya dengan berbagai ulasan yang menarik serta bermanfaat yang bisa menambah wawasan serta informasi anda dalam berbagai hal diantaranya cabang cabang ilmu biologi.

Untuk itu tetap setia ya sobat menyimak ulasan demi ulasan lewat artikel yang penulis posting buat sobat semua. Tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya nih sobat, pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas mengenai hormon yang terdapat pada tumbuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Seperti yang sudah kita ketahui bersama ,

ada begitu banyak jenis hormon yang terdapt pada tumbuhan sama seperti ayng terdapa pada manusia dan hewan juga tentunya. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salahs atu dari beberapa jenis hormon tersebut ya sobat, yakni mengenai Hormon Peptida pada Tumbuhan.

Untuk penjelasan selengkapnya, berikut ini penulis akan menjelaskan secara detali buat sobat semua. Yuk sobat, lansung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama agar paham ciri ciri tumbuhan secara umum dan manfaat tumbuhan berhubungan dengan hormon. Adapun yang dimaksud denagn hormon peptida adalah sejenis hormon yang merupakan molekul yang terbentuk dari dua atau lebih asam amino.

Jika jumlah asam amno masih dibawah 50, maka molekul tersebut disebut dengan anman peptida, namun jika lebih dari 50 maka molekul tersebut diebut dengan nama protein. Asam amino sendiri saling berikatan dengan peptida. Ikatan peptida tersebut terjadi  jika aton nitrogen pada salah satu asam amino berikatan dengan gugus karboksil dari asam amino yang lain.

Hormon peptida ini sendiri terdapat pada setiap makhluk hidup dan berperan sebagai pendukung aktivitas beberapa biokimia daam tumbuhan tersebut. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari hormon peptida tersebut pada tumbuhan, antara lain sebagai berikut :

  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk melakukan pertahanan tumbuhan dari berbagai kondisi yang tidak normal terhadap proses pertumbuhan tumbuhan itu sendiri.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk pengendalian pembelahan sel dan pembesarannya dalam tumbuhan.
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk mengendaliakn ketidak cocokan serbuk sari
    dalam proses pembuahan
  • Sebagai hormon yang berfungsi untuk  melindungi tumbuahn dari serangan patogen

Itulah beberapa fungsi atau peranan penting dari hormon peptida pda tumbuhan. Seperti yang sudah penulis utarakan pada postingan sebelumnya sobat, bahwasanya setiap tumbuhan pasti memiliki perangsang untuk membantu pertumbuhan serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pertumbuhan sebuah tanaman.


Perangsang dalam tumbuahn tersebutlah yang disebut sebaagi hormon, dan salah satunya adalah hormon peptida seperti yang sudah kita bahas diatas. Ada beberapa jenis umum dari peptida tersebut, salah satunay adalah hormon peptida itu sendiri. Sistem klasifikasi peptida itu sendiri dikelompokkan secara simultan oleh para pengembangnya.

Denagn adanya pengkalsifikasian tersebut, maka hormon peptida pada umunnya dibedakan atas dua jenis yakni dibawah 50 adalah peptida dan diatas 50 adalah protein. Kedua dari jenis ini tentunya meiliki hubungan  satu dengan yang lainnya, meskipun keduanya memiliki fungsi yang tentunya berbeda pada tubuh tumbuhan secara keselurahan.

Demikianlah ulasan mengenai hormon peptida pada tumbuhan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada kesempatan kali ini. Terima kasih buat soabt yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta informasi buat sobat semua. Sampai jumpa diartikel selanjutnya. Salam hangat selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan