Sponsors Link

Jenis Daun Menjari : Penjelasan dan Contohnya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama dan  juga seperti yang sudah penulis utarakan pada postingan sebelumnya sobat, bahwasanya sebuah tumbuahn tentunya memiliki daun. Daun ini merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi daun pada tumbuhan yang sangat penting bagi tumbuhan itu sendiri karena daun merupakan tempat berlangsungnya fotosintesis, yang konon fotosintesis itu meruapakan langkah untuk menghasilkan atau mengolah makanan pada tumbuhan.

Adapun daun tersebut sobat, berdasarkan jenisnya, terdiri atas beberapa jenis, yang memang memiliki struktur dan fungsi jaringan daun dan memiliki bentuk sendiri –  sendiri. Salah satu jenis daun yang akan kita bahas pada postingan kali ini yakni mengenai Jenis Daun Menjari. Apakah anda sudha pernah mendengar jenis daun yang satu ini sobat, berikut ulasannya secara lengkap untuk anda.

Adapun jenis daun menjari ( palminervis ) adalah jenis daun yang memiliki tulang daun menyerupai susunan tulang jari tangan atau jari –  jari tangan pada manusia. Daun menjari ini umumnya memiliki ibu tulang daun yang jumlahnya ganjil dan tentunya lebih dari satu. Adapun ibu tulang daun tersebut terletak paling tengah akan lebih panjang dan lebih besar jika dibandingkan dengan tulang daun yang berada disampingnya. Dari ibu tulang daun inilah keluar anak –  anak tulang daun seperti hal nya pada tulang daun menyirip, namun keduanya tentu memiliki perbedaan.


Berikut ini adalah beberapa contoh pengelompokan tumbuhan dengan jenis tulang daun menjari. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

1. Daun Singkong

Jenis daun menjari yang pertama adalah daun singkong. Tanaman singkon tentunya mudah kita temukan disekitar kita ya sobat atau bisa kita temuakn di pasar tradisional. Nah sobat, coba anda perhatikan susunan atau  bagian bagian daun pada tumbuhan yakni tepatnya pada tulang daun pada tumbuhan ini, kemudian letakkan jari tangan anda secara terbuka diatasnya. Dan anda akn melihat sususan daun singkong ini sama seperti susunan jemari anda.

2. Daun Pepaya

Jenis daun menjari yang kedua adalah daun papaya. Seperti yang siddha kita ketahui bersama sobat, daun pepaya ini sering digunakan seabai bahan baku jamu penambah nafsu makan atau pengobatan yang lainnya. Selain itu, daun pepaya ini  juga sering dijadikan lalapan. Nah sobat semua, daun tanaman bernama latin carica papays ini juga termasuk salah satu contoh jenis daun menjari. Silahkan anda lihat sendiri ya sobat.

3. Daun Bunga Matahari

Jenis daun menjari yang ketiga adalah daun bunga matahari. Bunga matahari adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh tumbuhan yang lainnya, yakni tumbuhnya selalu mengikuti arah matahari. Nah sobat semua, bunga matahari ini juga adalah salah satu jenis daun menjari.


 4. Daun Kapuk

Jenis daun menjari yang keempat adalah daun kapuk. Daun kapuk ini disebut juga dengan daun randu. Daun yang sering dimanfaatkan sebagai pengonatan herbal ini juga termasuk kedalam salah satu jenis daun menjari. Secara fisik, daun yang satu ini hampr sama dengan daun singkong.

5. Daun Melon

Jenis daun menjari yang kelima adalah daun melon. Nah sobat semua, tentunya anda mengenal daun yang satu ini ya. Daun tumbuahn yang termasuk kedalam bangsa walu –  waluhan ini termasuk memiliki jenis daun menjari.

Itulah ulasan singkat mengenai jenis daun menjari yang bisa penulis utarakan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat buat anda ya sobat. Sampai jumpa, salam hangat selalu.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Tumbuhan