Sponsors Link

Jenis Daun Melengkung : Penjelasan dan Contohnya

Masih berbicara mengenai jenis daun yang berhubungan dengan bagian bagian daun pada tumbuhan nih sobat, namun pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai Jenis Daun Melengkung. Tanpa kita  sadari ternyata tumbuhan disekitar kita sesungguhnya sangatlah kaya akan keberagaman ya sobat. Bahkan dari segi daun nya saja tanaman sudah dibedakan berbagai macam jenis. Nah sobat semua, berkut ini ulasan mengenai jenis daun melengkung selengkapnya untuk anda. Yuk sobat, silahkan merapat dan langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Adapun daun melengkung ( carnivervis ) yang memiliki struktur dan fungsi jaringan daun tersendiri adalah daun dengan satu ibu tulang daun yang membujur dari pangkal hingga ke ujung, dimana anak –  anak dari tulang daunnya tersebut melengkung sejajar mengikuti arah ibu tulang daunnya. Anak tulang daun tersebut juga melengkung dari satu sisi ibu tulang daun dan akan bertemu pada sisi yang lainnya. Untuk lebih sederhananya sobat, coba anda perhatikan daun akasia yang merupakan salah satu conoth daun dengan jenis daun melengkung.

Untuk lebih jelasnya mengenai jenis daun melengkung tersebut, berikut ini adalah beberapa contoh dari jenis daun melengkung. Yuk , langsung saja kita simak sobat.


1. Daun Genjer

Jenis daun melengkung yang pertama adalah daun genjer. Tentunya sobat semua sudah familiar akan tumbuhan daun yang  satu ini ya sobat. Genjer adalah salah satu pengelompokan tumbuhan yang termasuk tumbuhan hidrofit yang mampu melakukan adaptasi morfologi. Tumbuhan yang satu ini hidup di ekosistem air tawar dengan cara mengambang di permukaanya. Genjer ini memiliki daun yang lebar serta susunan tulang daun yang melengkung.

2. Daun Sirih

Jenis daun melengkung yang kedua adalah daun sirih. Daun sirih sering digunakn untuk berapa obat kesehatan dimana manfaat biologi di bidang kedokteran amat luas salah satuya untuk pengobatan, seperti pasta gigi dan beberapa produk pembersih kewanitaan. Daun sirih ini merupakan daun yang kaya akan kandungan minyak atsiri. Daun sirih ini memiliki tulang daun yang melengkung, tumbuhan ini juga bisa digunakan sebagai obat pestisida nabati.

3. Daun Gadung

Jenis daun melengkung yang ketiga adalah daun gadung. Pernahkah anda mendenagr jenis daun yang sau ini sobat?  Gadung ini merupakan salah satu tumbuhan merambat yang menghasilkan umbi beracun. Umbi gadung ini memiliki sianida dengan tingkat tinggi, sehingga bisa membuat seseorang yang memakannya menjadi pusing, mual, dan juga gejala keracunan lainnya dimana memang ada jenis tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan. Daun gadung ini juga termasuk kedalam jenis daun melengkung.


4. Daun Waru

Jenis daun melengkung yang keempat adalah daun waru. Kalau daun waru tentunya sobat semua paham dan tau ya sobat. Nah contoh jenis dan melengkung yang selanjutnya adalah daun waru. Tumbuhan waru ini adlah tumbuhan yang sering kali hidupnya di daerah pegunungan. Daun tumbuhan ini melebar dengan satu ibu tulang daun dan beberapa anak tulang daun yang tersusun melengkung terhadap ibu tulang daunnya sendiri.

5. Daun Akasia

Jenis daun melengkung yang kelima adaah daun akasia. Seperti yang sudah peulis utarakn diatas ya sobat, daun akasia ini merupakn salah satu contoh jenis daun melengkung. Anak tulang daun dari daun akasia ini akan bertemu di ujung daun denagn ibu tulang daunnya. Oleh karena itulah daun akasia ini tergolong kedalam jenis daun melengkung.

Itulah beberapa contoh jenis daun melengkung yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Terima kasih buat anda yang sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi untuk ilmu biologi atau proses pembelajaran. Salam hangat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan

Our Sponsors