Sponsors Link

Jenis Daun Sejajar : Penjelasan dan Contohnya

Hello sobat semua yang terkasih, apa kabar sobat? Semoga sobat semua dalam keadaan baik –  baik saja dan dalam keadaan berbahagia selalu ya sobat. Nah penulis  juga tentunya akan selalu senantiasa menemani waktu luang anda bersama keluarga tercinta melalui artikel mengenai biologi dimana biologi memiliki peran hakikat biologi bagi kehidupan yang penulis posting buat sobat semua.

Nah sobat, pembahasan pada postingan kali ini tidak jauh berbeda dari postingan sebelumnya ya, karena pada postingan kali ini kita masih akan membahas mengenai tumbuhan yang ada di sekitar kita.  Jika berbicara mengenai tumbuhan, tentunya hal tersebut tidak akan terlepas dari bagian bagian tumbuhan dan fungsinya dari tumbuhan itu sendiri.

Dan salah satu bagian dari suatu tumbuhan adalah daun. Nah sobat semua, daun apda tumbuhan juga tentunya berbeda –  beda dari struktur dan fungsi jaringan daun. Salah satunya adalah Jenis Daun Sejajar. Tentunya sobat semua pernah mendengar jenis daun sejajar ini ya sobat. Namun untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini.

Adapun daun sejajar ( rectinervis ) adalah daun tumbuhan yang memiliki pengelompokan tumbuhan dengan tulang daun dengan susunan sejajar. Biasanya daun dengan tulang sejajar ini dapat kita temukan pada tumbuhan monokotil dengan daun yang berbentuk pita. Daun tulang sejajar ini  memiliki satu ibu tulang daun yang terletak dibagian tengah. Ibu tulang daun ini berukuran besar membujur dari pangkal hingga ujung daun. Sementara anak tulang daun berukuran lebih kecil dari posisi sejajar ibu tulang daunnya, yakn sama –  sama membujur dari pangkal hingga ujung daun.


Berikut ini adalah beberapa jenis contoh dari jenis daun sejajar. Check it out!

1. Daun Padi

Jenis daun sejajar yang pertama adalah daun padi. Padi  merupakan salah satu tumbuhan monoktil dalam keluarga graminae. Tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang berbentuk seperti pita. Daun padi pun memanjang dengan tulang daun membujur dari pangkal hingga ujungnya.

2. Daun Tebu

Jenis daun sejajar yang kedua adalah daun tebu. Seperti yang sudah kita ketahuo bersama, tebu meruapakan tanaman penghasil gula yang banyak dibudidayakan di daerah tropis. Tanaman ini juga merupakan salah satu jenis tanaman dengan daun sejajar. Hal ini nisa kita lihat dari bentuknya yang menyerupai pita dan tulang daun membujur dari pangkal hingga ujungnya. Tebu ini juga termasuk salah satu tumbuhan rumput –  rumputan.


3. Daun Aren

Jenis daun sejajar yang ketiga adalah daun aren. Sama seperti tumbuhan kelapa dan kelapa sawit sobat, daun aren ini juga termasuk kedalam jenis daun sejajar yang juga merupakan jenis tumbuhan monokotil. Pohon aren ini termasuk kedaam keluarga palmae.

4. Daun Alang – Alang

Jenis daun sejajar yang keempat adalah daun alang –  alang. Tumbuhan alang –  alang ( Cyperus Kilingia ) adalah jneis gulma yang berpotensi berbahaya pada setiap tanaman berprodiksi. Bagi petani keberadaan alnag –   alang ini dinaggap akan merugikan karena bisa mengganggu tanaman yang lainnya. Alang –  alang ini juga termasuk tumbuhan yang memiliki jenis daun sejajar, yang mana daunnya juga menyerupai pita dari pangkal hingga ujungnya. Selain itu, tumbuhan alang –  alang ini juga mengeluarkan racun bagi tumbuhan disekitarnya.

Demikianlah ulasan mengenai jenis daun sejajar yang bisa penulis sajikan buat anda ya sobat. Terima kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermnfaat dan menjadi refrensi. Salam.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan

Our Sponsors