Sponsors Link

Lentisel pada Tumbuhan Tingkat Tinggi : Penjelasan dan Fungsinya

Pernahkan anda mendengar mengenai pengelompokan tumbuhan tingkat tinggi sobat?  Ada begitu banyak jenis tumbuhan yang ada dipermukaan bumi ini, sehingga dibutuhkan pengelompokan –  pengelompokan terhadap masing –  maisng tumbuhan tersebut agar lebih mudah untuk dikenlai serta dipelajari oleh peminatnya.

Berdasarkan kelengkaan dan kesempurnaan fungsinya yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut yang berhubungan dengan bagian bagian daun pada tumbuhan, maka tumbuhan dapat dikelompokkan menajdi dua macam yakni tumbuhan tingkat tinggi dan tumbuhan tingklat rendah.  Namun pada postingan kali ini kkta hanya akan membahas mengenai tumbuhan tingkat tinggi beserta lentisel yang ada pada tumbuhan tingkat tinggi tersebut. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang dimaksud dengan tumbuhan tingkat tinggi merupakan kelompok tumbuhan yang tingkat perkembangannya sudah tinggi, dimana tumbuhan tersebut memiliki akar, batang dan juga daun sejati sebagai bahan untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Antara akar, baynag dan daunnya sudah dapat dibedakan dan sudah memiliki pembuluh angkut xilem dan floem. Adapun tumbuhan tingkat tinggi ini bernafas menggunakan sotmata ( yang terdapat apda daun ), lentisel ( pada batang ) dan epidermis pada akar. Nah sobat semua, khusus pada postingan kali ini kita kan membahas mengenai Lentisel pada Tumbuhan Tingkat Tinggi itu sendiri. Untuk lebIh jelasnya, yuk sobat berikut ini ulasan selengkapnya untuk anda. Check it out!


Adapun entisel merupakan sebauh bagian apda permukaan batang tumbuhan yang terkandung berbagai lubang halus dengan jumlah yang banyak.  Lentisel ini sendiri terbentuk dari berbagai sel –  sel gabus yang dibatasi oleh sebuah intraselular. Hak tersebut akan membuat susunan batang tumbuhan menjadi longgar dan sangat membantu sekali dalam sistem pernapasan pada batang. Selain seabagi alat bantu pernapasan, lenisel ini juga berperan dalam membantu proses perkembangan batang dan cara tumbuhan melindungi diri dari musuhnya dengan segala yang ada pada tubuh luarnya.

Untk lebih jelasnya mengenai lentisel pada tumbuhan tingkat tinggi tersebut sobat, berikut ini beberapa lentisel tersebut apda tumbuahn tingkat tinggi.

  1. Sebagai tempat pertukaran gas CO2 dan O2 dan memabntu proses tumbuh dan berkembangnya batang.
  2. Membantu proses pertukaran gas antar udara yang bebas di atmosfer dengan jarinagn hidup pada batang serta akar.
  3. Membantu proses pernapasan pada batang
  4. Membantu proses perkembangan pada batang

Nah sobat semua, itulah beberapa fungsi dari lentisel pada tumbuhan tingkat tinggi.

Pada umunya sobat, pernapasan pada tumbuhan terjadi juga pada batang, sama seperti yang sudha penulis jelaskan diatas ya sobat. Di batang, oksigen ( O2 ) masuk kebatang melalui lentisel ini, kemudian beredar secaar disfusi mellaui ruang antar sel dan berdisfusi ke sel –  sel lainnya. Kemudian sisa pernapasan tersebut,


yaitu karbondioksida ( CO2  ) dokeluarkan pula melalui lentisel tersebut. Kelair masuknya udara pernapasan ini terjadi secara disfusi. Lentisel yang umumnya ditemukan pada perider akar dan batang. Ukurannya sendir berkisar dari yang  kecil dan hampir tak kasat mata sampai yang memanjang samapi satu senti meter.

Lentisel ini tersusun dalma deretan atau ditemukan sendiri –  sendiri secara terpisah. Felogen yang berkesinambungan dengan felogen periderm disampingnya, namun agak melengkung kedalam sehingga tampak bertempat lebh kedalam. Jatinagn renggang yang terbentuk oleh felogen lentisel kearah luar adalah jarigan pengisi ataua pelengkap pada lentisel itu sendiri.

Sekian informasi mengenai lentisel pada tumbuhan tingkat tinggi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Semoga postingan ini bermanfaat buat anda ya sobat. Salam hangat.

 

 

 

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan

Our Sponsors